Laman web ini adalah arsip dan sebagian besar informasinya sudah tidak berlaku!. Informasi terkini dapat dilihat di https://www.ut.ac.id

logo salut

SALUT (Sentra Layanan UT) adalah fasilitas UT yang berada di kota/kabupaten strategis untuk memberikan dukungan layanan bagi mahasiswa, calon mahasiswa atau anggota masyarakat terkait dengan informasi ke-UT-an, kegiatan pembelajaran dan kegiatan pendidikan lainnya.

Fasilitas layanan didukung dengan perangkat komputer, jaringan internet berkecepatan tinggi dan perangkat lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk berlatih mengoperasikan komputer dan internet dalam mengakses sumber belajar secara online, melakukan registrasi dan pemesanan bahan ajar secara online, kegiatan belajar dan ujian secara online dan berbagai ragam layanan UT lainnya.

Sebagai perpanjangan layanan UT di kota/kabupaten, operasional SALUT berada di bawah koordinasi dan supervisi Kantor UT Daerah atau disebut juga Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ-UT). Sementara itu, pengelolaan keseharian SALUT ditangani oleh PT Dwi Guna Cipta Nusantara (DGCN).

fasilitas akses internet SALUT Cibinong

Mengapa SALUT?

UT adalah PTN dengan Sistem Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ) yang didirikan pemerintah pada tahun 1984. Terbuka artinya, siapa pun WNI yang telah menyelesaikan SLTA/Sederajat dapat mengikuti pendidikan tinggi di UT tanpa dibatasi tahun lulus, tahun ijazah dan usia. Konsep jarak jauh berarti pembelajaran ditandai dengan keterpisahan jarak antara dosen dan mahasiswa. Pembelajaran dijembatani melalui pemanfaatan beragam media yang didesain dapat dipelajari secara mandiri, baik dalam bentuk tercetak (disebut Buku Materi Pokok atau BMP atau modul) maupun non-cetak. Untuk membantu penguasaan kompetensi yang diterapkan, UT juga menyediakan layanan bantuan belajar yang disebut dengan tutorial atau bimbingan dalam modus tatap muka, online, siaran, maupun berbasis web. Fleksibilitas sistem PTTJJ ini memungkinkan semua WNI di mana pun mereka berada dapat mengakses layanan pendidikan tinggi UT tanpa terkendala jarak dan waktu.

suasana mahasiswa Salut Cibinong

Hingga tahun 2014, jumlah mahasiswa aktif UT sebanyak 426.503 orang. Mereka tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan di 23 negara, serta dilayani oleh 39 UPBJJ-UT di seluruh indonesia. Kantor UPBJJ-UT tersebut berlokasi di ibu kota propinsi dan kota-kota besar. Kemajuan yang sangat pesat dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK) termasuk internet, sangat mendukung daya jangkau layanan UT. Namun demikian, ketersediaan infrastruktur dan keterjangkauan pemilikan perangkat TIK, tingkat literasi TIK masyarakat dan kultur belajar, di samping jarak domisili mahasiswa ke kantor UPBJJ-UT, merupakan tantangan yang harus dipecahkan secara sistematik dan sistemik.

Bekerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. dalam hal ini Divisi Enterprises dengan PT DGCN, pada tahun 2015 dapat didirikan dan sekaligus diresmikan tiga SALUT yang berlokasi di Cirebon, Rangkas Bitung (Banten) dan Cibinong (Bogor). Direncanakan, hingga tahun 2017 akan berdiri sekurang-kurangnya 75 SALUT dan hingga tahun 2020 akan berdiri 150 SALUT yang tersebar di seluruh kota/kabupaten di Indonesia.

Dengan demikian, pendirian SALUT memiliki dua tujuan utama. Pertama, untuk mendekatkan dan memudahkan layanan pendidikan UT bagi mahasiswa khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Kedua, meningkatkan penyediaan fasilitas yang dapat memudahkan perolehan akses dan pemerataan pendidikan tinggi serta peningkatan kualitas SDM Indonesia, sesuai dengan motto UT "Making Higher Education Open to All".

Apa Saja Fasilitas Layanan UT yang Disediakan SALUT?

pengelola SALUT Cibinong

SALUT menyediakan bermacam layanan UT sebagai berikut.

  1. Layanan informasi ke-UT-an
  2. Layanan administrasi akademik:
    • Registrasi, baik offline maupun online
    • Cetak nilai mata kuliah dan Lembar Kemajuan Akademik Mahasiswa (LKAM)
    • Fasilitasi penyelesaian masalah administrasi akademik
  3. Layanan kegiatan akademik
    • Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB)
    • Pelatihan keterampilan belajar mandiri
    • Pelatihan pemgoperasian dan pemanfaat komputer dan internet untuk mengakses sumber dan bahan ajar, serta kegiatan belajar yang tersedia secara online
    • Penyelenggaraan tutorial dan bimbingan, baik tatap muka, online, maupun berbasis web
    • Konseling online
    • Penyelenggaraan ujian online
    • Fasilitasi unggah karya ilmiah (karil)
  4. Layanan pendukung
    • Pengambilan katalog UT
    • Fasilitasi pemesanan dan pengambilan bahan ajar
    • Fasilitasi interaksi antar mahasiswa atau mahasiswa denga UT melalui berbagai modus, termasuk video conference

{flvremote}http://www.ut.ac.id/images/video/salut_27feb2015.mp4|426|240{/flvremote}

*Download video diatas (MP4 67MB)

Alamat Salut

No. Lokasi  Alamat 
1 SALUT Cirebon

Gedung Telkom Cirebon
Jl. Yos Sudarso No.4, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Tel. 0231 8338036, Faks. 0231 8333036

2 SALUT Rangkasbitung Gedung Telkom Rangkasbitung Lt. 2
Jl. Dr. Multatuli No. 4, Rangkasbitung, Serang, Banten 
3 SALUT Cibinong Gedung Telkom Cibinong Lt. 4
Jl. Tegar Beriman, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Tel. 021 879 19229