Pendaftaran Tugas Akhir Program (TAP)

TAP diselenggarakan bagi mahasiswa program sarjana (S1) menjelang penyelesaian studinya, dengan tujuan untuk memverifikasi penguasaan secara komprehensif terhadap suatu bidang ilmu tertentu.

1. Persyaratan Akademik

a. Untuk Mahasiswa FMIPA, FISIP, dan FEKON:

  1. Telah lulus sejumlah mata kuliah (minimal n-19 sks); n adalah jumlah sks yang harus ditempuh sesuai dengan persyaratan program studi.
  2. IPK minimal 2,00 dihitung dari (n-19 sks).
  3. Telah lulus (minimal D) mata kuliah EKSI4414 Laboratorium Auditing Khusus Program S1 Akuntansi.

b. Untuk Mahasiswa FKIP-UT Program Non-Pendas:

  1. Telah lulus sejumlah mata kuliah (minimal n-19 sks); n adalah jumlah sks yang harus ditempuh sesuai dengan persyaratan program studi.
  2. IPK minimal 2,00 dihitung dari (n-19 sks).
  3. Telah lulus mata kuliah:
    1. IDIK4008 Penelitian Tindakan Kelas dengan nilai minimal D atau PBIS4401 Research in ELT dengan nilai minimal D bagi mahasiswa program S1 Pendidikan Bahasa Inggris;
    2. PBIS4304 – Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) dengan nilai minimal B bagi mahasiswa program S1 Pendidikan Bahasa Inggris;
    3. PBIN4304 – Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) dengan nilai minimal B bagi mahasiswa program S1 Pendidikan Bahasa Indonesia;
    4. PEBI4304 - Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) dengan nilai minimal B bagi mahasiswa program S1 Pendidikan Biologi
    5. PEKI4304 - Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) dengan nilai minimal B bagi mahasiswa program S1 Pendidikan Kimia.
    6. Praktikum dengan nilai minimal C bagi mahasiswa program S1 Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Kimia (lihat kurikulum masing-masing program studi).

2. Cara Pendaftaran TAP

Pendaftaran TAP dilakukan oleh mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan akademik dengan prosedur sebagai berikut.

a. Program Non-Pendas

  1. Meregistrasi mata kuliah TAP di UPBJJ-UT.
  2. Menerima LIP Registrasi TAP dari UPBJJ-UT dan memeriksa kebenaran data LIP Registrasi.
  3. Membayar uang kuliah dengan menggunakan LIP Registrasi melalui Bank BRI/BTN/Mandiri tidak melewati batas tanggal pembayaran yang tercantum pada LIP Registrasi.
  4. Bagi mahasiswa peserta TAP yang tidak lulus dan akan mengulang pada semester berikutnya cukup mendaftarkan matakuliah TAP dan membayar biaya TAP dengan menggunakan LIP Registrasi.

b. Program Pendas

Persyaratan ujian TAP mahasiswa Program Pendas adalah sebagai berikut.

  1. Program S1 PGSD telah menempuh paket semester 1-9;
  2. Program S1 PGPAUD telah menempuh paket semester 1-8.

Mahasiswa semester 10 program S1 PGSD dan semester 9 S1 PGPAUD secara otomatis diikutkan sebagai peserta TAP.

Mahasiswa yang tidak lulus TAP dapat mengikuti ujian TAP pada semester berikutnya dengan melakukan pendaftaran TAP di UPBJJ-UT.     

Bahan Ajar

Dalam sistem belajar jarak jauh bahan ajar adalah sumber belajar utama bagi mahasiswa. Bahan ajar UT dirancang secara khusus agar dapat dipelajari secara mandiri oleh mahasiswa tanpa bantuan tutor.

A. JENIS BAHAN AJAR

Bahan ajar utama UT adalah bahan ajar cetak yang disebut Buku Materi Pokok (BMP). Selain BMP, bahan ajar cetak dapat berbentuk Buku Petunjuk Praktek dan Praktikum, dan Suplemen BMP. Di samping bahan ajar cetak, UT juga menyediakan bahan ajar tambahan yang berupa bahan ajar non-cetak yang berbentuk kaset audio, CD audio, CD audiografis, CD video, CD video interaktif, bahan ajar berbantuan komputer, dan web supplement yang merupakan satu kesatuan dengan BMP.

B. CARA MEMPEROLEH BAHAN AJAR

Ada dua cara memperoleh bahan ajar UT, yaitu untuk mahasiswa:

  1. Program Non-Pendas Bahan ajar Program Non-Pendas dapat dipesan melalui situs UT dengan memilih menu Toko Buku Online (http://www.tbo.karunika.co.id). Menu Toko Buku Online (TBO) tersebut memuat informasi tentang ketersediaan, harga, biaya dan cara pengiriman serta pembayaran bahan ajar.
  2. Program Pendas, PPs, dan SIPAS Non Pendas Bahan ajar untuk program-program tersebut sudah termasuk SPP paket mata kuliah dan dapat diperoleh melalui UPBJJ-UT tempat mahasiswa registrasi.

Pemesanan bahan ajar melalui TBO dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

  1. Sebelum memesan bahan ajar melalui TBO, Anda harus memiliki alamat e-mail terlebih dahulu.
  2. Buka situs UT http://www.ut.ac.id dengan memilih menu toko buku online (TBO). Setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut.
    screen-shot-tbo-karunika-ut 
  3. Baca tulisan pada layar lalu klik tulisan [Register] untuk mengisi identitas Anda (bagi pengguna baru).
  4. Isi formulir dengan cara ketik semua data yang diminta, kemudian klik register
  5. Bacalah dengan saksama tulisan pada layar komputer dan ikuti langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan pembelian.
  6. Apabila ingin mengetahui lebih banyak tentang TBO silakan klik Petunjuk Penggunaan

Pembayaran pemesanan bahan ajar melalui TBO sebesar total harga bahan ajar ditambah ongkos kirim dilakukan melalui transfer ke:

  • No. Rekening: 128-0004886351
  • Atas Nama: KOPERASI KARUNIKA
  • Nama Bank: Bank Mandiri
  • Swift Code: BEEIIIDJA (untuk pesanan dari luar negeri)

Atau

  • No. Rekening : 1173-01-000015-30-0
  • Atas Nama: Koperasi Karunika Universitas Terbuka, KCP. UT
  • Nama Bank : Bank BRI

Pembayaran dilakukan selambat-lambatnya 3 hari setelah melakukan transaksi pemesanan dan silakan dikonfirmasikan. Keterlambatan pembayaran akan menyebabkan pembatalan proses pemesanan. Bahan ajar yang telah dibayar lunas akan dikirim ke alamat mahasiswa. Jika bahan ajar belum diterima mahasiswa 15 hari setelah pembayaran atau untuk mengetahui status pesanan bahan ajar hubungi:

Toko Buku Karunika

telepon (021) 7490941 pesawat 1021, 1022, 1024, dan 1025

atau

Telp (021) 74715065/74714787 Fax (021) 7424436/74715236

atau

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Registrasi Mata Kuliah

Mahasiswa yang telah terdaftar sebagai mahasiswa UT harus melakukan registrasi mata kuliah untuk dapat mengikuti kegiatan akademik seperti tutorial, praktek/praktikum dan Ujian Akhir Semester (UAS). Mahasiswa mendaftarkan matakuliah yang akan diregistrasi ke UPBJJ-UT dan mahasiswa akan mendapat LIP Registrasi yang digunakan untuk membayar biaya pendidikan di bank. LIP Registrasi yang telah divalidasi bank digunakan sebagai bukti registrasi. Bila pada semester sebelumnya ada matakuliah yang belum lulus, mahasiswa dapat meregistrasikan mata kuliah tersebut sebagai ujian ulang pada semester yang sama.

1. Pemilihan Mata Kuliah

Setiap mata kuliah diberi kode yang menunjukkan sandi program studi, jenjang pendidikan, tahun ajaran, dan urutan mata kuliah.

Contoh:

 sandi-mata-kuliah-ut

Mahasiswa dianjurkan untuk memilih mata kuliah dengan kode mulai dari tingkatan dan urutan yang terendah.

Untuk mahasiswa Program Non-Pendas, jumlah maksimal mata kuliah yang dapat diregistrasi setiap masa registrasi paling banyak 24 sks dengan jumlah maksimal 10 mata kuliah. Untuk mahasiswa baru Program Pendas, mata kuliah yang diregistrasi sebanyak 1 (satu) paket.

Apabila mahasiswa meregistrasi dua atau lebih mata kuliah yang waktu ujiannya bersamaan (bentrok), maka salah satu di antaranya akan dibatalkan (berdasarkan urutan abjad kode mata kuliah). Mahasiswa hanya berhak mengikuti ujian satu mata kuliah saja, sedangkan mata kuliah yang lainnya dianggap batal registrasinya (lihat Tabel II.2). Namun, jika mata kuliah ini ditawarkan sebagai mata kuliah dalam sistem ujian online (SUO), maka mata kuliah tersebut dapat diregistrasikan untuk ujian SUO.

Tabel II.2

Contoh Waktu Ujian Bentrok

Kode Mata Kuliah Waktu Ujian Keterangan
MKDU4111 II.4 Ditolak
ESPA4111 II.4 Diterima

Waktu ujian mata kuliah MKDU4111 dan ESPA4111 bentrok, karena waktu ujiannya bersamaan yaitu hari ujian ke-2 jam ke-4. Jika mahasiswa meregistrasi kedua mata kuliah tersebut dalam masa registrasi yang sama, maka mahasiswa hanya berhak mengikuti ujian mata kuliah ESPA4111. Penentuan mata kuliah yang teregistrasi dilakukan oleh komputer berdasarkan urutan abjad dari kode mata kuliah. Mata kuliah yang batal dapat diganti dengan mata kuliah lain sebelum LIP Registrasi dibayar di bank. Apabila tidak dilakukan penggantian, maka mata kuliah tersebut dianggap gugur dan SPP yang dibayarkan tidak dapat diminta kembali.

2. Cara Melakukan Registrasi Mata Kuliah

  1. Mendaftarkan mata kuliah yang akan diregistgrasi di UPBJJ-UT, dapat dilakukan dengan datang langsung, melalui telpon, surat, fax, email, atau sms ke UPBJJ-UT.
  2. Menerima LIP Registrasi dari UPBJJ-UT.
  3. Memeriksa kebenaran LIP Registrasi. Jika masih terdapat kesalahan segera menginformasikan kepada petugas UPBJJ-UT untuk diperbaiki.
  4. Membayar biaya pendidikan langsung di Bank BRI/BTN/MANDIRI atau melalui ATM sesuai dengan jumlah tagihan yang tercantum pada LIP Registrasi, sebelum batas waktu tanggal pembayaran yang terdapat pada LIP Registrasi, dengan demikian Anda resmi menjadi mahasiswa dan terdaftar sebagai peserta Ujian Akhir Semester (UAS).
  5. Mahasiswa Non-Pendas yang berada di luar negeri melakukan registrasi di UPBJJ-UT Jakarta, kecuali untuk mahasiswa yang berada di Malaysia dan Singapura melakukan registrasi di UPBJJ-UT Batam. Tempat pelaksanaan ujian di luar negeri dapat dilihat pada Lampiran 15 Katalog UT Non-Pendas.

Registrasi Pertama

Persyaratan Calon Mahasiswa

Untuk menjadi mahasiswa UT, calon mahasiswa minimal berijazah SMA atau yang sederajat. Pada saat melakukan registrasi pertama, calon mahasiswa harus melampirkan persyaratan umum sebagai berikut.

  1. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang.
    1. Legalisasi ijazah SMA atau yang sederajat oleh sekolah asal yang bersangkutan atau Dinas Pendidikan Kab/Kota sekolah asal bagi sekolah yang telah ditutup.
    2. Legalisasi ijazah Diploma atau ijazah Sarjana oleh perguruan tinggi asal.
    3. Legalisasi ijazah untuk calon mahasiswa yang berstatus CPNS/PNS dapat dilakukan oleh Kepala Bagian Kepegawaian instansi tempat bekerja.
    4. Selain persyaratan di atas, masing-masing program studi juga mempunyai persyaratan khusus yang dapat dilihat pada Bab Kurikulum.
  2. Foto langsung di UPBJJ-UT atau menyerahkan pas foto ukuran 3 × 4 atau softcopy pas foto (bukan hasil scan) dengan kriteria W=358 pixel; H=476 pixel; resolusi 300 dpi/inch ke UPBJJ-UT.

Cara Melakukan Registrasi Pertama

Registrasi secara offline:

Dalam melakukan registrasi pertama, calon mahasiswa hendaknya mengikuti prosedur berikut.

  1. Mengisi Formulir Data Pribadi Mahasiswa F1E dengan lengkap dan benar sesuai dengan petunjuk pengisian formulir data pribadi mahasiswa.
    1. Mahasiswa mengisi alamat individu (alamat rumah atau alamat tempat bekerja) yang dapat dijangkau oleh jasa pos.
    2. Tempat dan tanggal lahir harus diisi sesuai dengan surat akta kelahiran atau identitas lainnya, seperti SK Pengangkatan PNS dan ijazah.
    • Mahasiswa mengisi kode dan nama program studi sesuai dengan pilihan.
  2. Menentukan mata kuliah semester satu.
    1. Mahasiswa Program SIPAS meregistrasi mata kuliah semester 1 (Paket 1).
    2. Mahasiswa Non SIPAS harus memilih mata kuliah yang akan diambil pada semester 1 dengan maksimal 24 sks.
    • Mahasiswa disarankan mengikuti paket SIPAS.
  3. Menyerahkan berkas registrasi yang telah diisi dan dilengkapi persyaratannya ke UPBJJ-UT setempat paling lambat satu minggu sebelum batas akhir penerbitan LIP Registrasi Pertama. Persyaratan tersebut terdiri dari:
    1. Fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisasi.
    2. Khusus untuk calon mahasiswa FKIP:
      1. guru PNS/CPNS atau non PNS, fotokopi SK pengangkatan diterbitkan oleh Pemerintah/Pemerintah Daerah, dilegalisasi oleh Pejabat yang berwenang; atau
      2. guru non PNS, fotokopi SK pengangkatan diterbitkan oleh Ketua Yayasan Penyelenggara Satuan Pendidikan yang berbadan hukum, dilegalisasi oleh Ketua Yayasan; atau
      3. guru non PNS yang memiliki NUPTK (Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan) dapat melampirkan fotokopi NUPTK yang dilegalisasi oleh Pejabat yang berwenang.
  4. Menerima Lembar Data Pribadi (LDP) dari UPBJJ-UT dan segera memeriksa kebenaran data. Bila ada kesalahan segera mengajukan perbaikan agar tidak terkendala pada pelaksanaan ujian akhir semester.
  5. Menerima bukti registrasi berupa LIP Registrasi yang mencantumkan beberapa hal.
    1. Nomor Billing 20 digit terdiri dari 5 digit pertama menunjukkan masa registrasi berjalan, 9 digit berikutnya menunjukkan NIM mahasiswa dan 6 digit berikutnya kode jenis pembayaran.
    2. Mata kuliah yang diregistrasi.
    3. Jumlah biaya pendidikan yang harus dibayar.
    4. Tanggal batas pembayaran.
  6. Memeriksa kebenaran data LIP Registrasi. Jika terdapat ketidaksesuaian data, segera kembalikan LIP Registrasi tersebut ke UPBJJ-UT untuk diperbaiki. Apabila LIP Registrasi sudah benar, segera lakukan pembayaran ke bank. Contoh LIP Registrasi dapat dilihat pada Lampiran 24 sampai dengan 27.
  7. Membayar biaya pendidikan dengan cara:
    1. datang langsung ke Bank BRI/BTN/Mandiri dengan membawa LIP Registrasi,
    2. membayar melalui ATM Bank BRI/BTN/Mandiri (Lihat Lampiran 28, 29, dan 30), atau melalui internet/sms banking Bank Mandiri; atau
    3. membayar di UPBJJ-UT dengan menggunakan kartu debit Bank BRI melalui Electronic Data Capture (EDC).
    • Lakukan pembayaran biaya pendidikan sesegera mungkin, untuk menghindari antrian panjang di bank.
    • Keterlambatan pembayaran biaya pendidikan di bank berakibat batal registrasi.
    • Mata kuliah yang telah diregistrasi dan sudah dibayar tidak dapat diganti dengan mata kuliah lain

    Mengikuti prosedur pembuatan Kartu Mahasiswa elektronik (KTM-e). KTM-e merupakan kartu mahasiswa yang selain berfungsi sebagai kartu juga dapat difungsikan sebagai ATM setelah dilakukan aktivasi oleh mahasiswa ke salah satu Bank yang bekerjasama dengan UT (Bank BRI atau Bank Mandiri atau Bank BTN)

  8. Penerapan KTM-e secara bertahap mulai 2013.1 untuk mahasiswa baru. Ada empat pilihan KTM-e yang dapat dipilih oleh mahasiswa yaitu KTM-e berlogo Bank BRI, KTM-e berlogo Bank Mandiri, KTM-e berlogo BTN, dan KTM-e tanpa logo Bank.

    Biaya pembuatan KTM-e bagi mahasiswa baru sudah termasuk dalam uang kuliah tunggal (UKT). Sementara bagi mahasiswa lama yang ingin memperoleh KTM-e wajib membayar biaya penggantian KTM yaitu sebesar Rp.50.000,00 dan menyerahkan KTM lama. Adapun cara mahasiswa memperoleh KTM-e adalah dengan cara:

    1. foto langsung di UPBJJ-UT tempat mahasiswa registrasi.
    2. bagi mahasiswa yang tidak sempat foto langsung di UPBJJ-UT dapat mengirimkan:
      • Softcopy pas foto file asli (bukan hasil scan dari cetakan pas foto) dengan kriteria pas foto warna KTM-e yang telah ditetapkan oleh UT, atau
      • Pas Foto (tercetak) dengan kriteria yaitu: ukuran foto 3 × 4 cm (W=358 pixel; H=476 pixel; resolusi 300 dpi/inch)
      • Softcopy dan pas foto yang dikirim mahasiswa harus diberi identitas (nama,tanggal lahir, dan NIM). KTM-e mahasiswa tidak akan diproses apabila foto yang dikirim tidak diberi identitas dan tidak sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh UT.

    Ketentuan pas foto berwarna untuk KTM-e sebagai berikut.

    1. Profile pas foto
      • Wajah terlihat jelas dan menghadap ke depan
      • Tidak memakai kacamata
      • Untuk laki-laki tidak memakai penutup kepala
      • Tidak memakai penutup wajah/cadar
      • Boleh memakai jas/blazer
    2. Ukuran foto 3 × 4 cm (W=358 pixel; H=476 pixel; resolusi 300 dpi/inch)
    3. Warna latar (background) foto: putih
    4. Warna/corak baju pada saat difoto
      • Warna selain putih
      • Baju tidak bercorak (polos)
    5. Untuk laki-laki, harus menggunakan dasi panjang (bukan dasi Kupu-kupu)
    6. Penggunaan kerudung bagi mahasiswa wanita
      • Warna selain putih
      • Kerudung tidak bercorak (polos)
  9. Menerima kartu mahasiswa sebagai bukti telah terdaftar sebagai mahasiswa UT yang telah disahkan oleh UPBJJ-UT setelah melakukan pembayaran.

Registrasi secara online:

Registrasi dapat dilakukan secara online. Penjelasan lebih lanjut dapat dilihat pada situs UT.

Kartu Mahasiswa

Kartu Mahasiswa merupakan kartu identitas mahasiswa UT. Kartu Mahasiswa wajib dibawa pada saat pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) dan pada saat ujian. Pada kartu mahasiswa tercantum:

  1. Nomor Induk Mahasiswa (NIM);
  2. Nama Mahasiswa;
  3. Tanggal Lahir;
  4. Foto.

Tanda tangan mahasiswa pada kartu mahasiswa harus sesuai tanda tangan pada dokumen formal lainnya (KTP/SIM/Ijazah).

Mahasiswa UT tidak dibenarkan memiliki lebih dari satu NIM atau memiliki lebih dari satu kartu mahasiswa.

Sistem Registrasi

Mahasiswa dapat meregistrasi mata kuliah yang ditawarkan pada setiap masa registrasi (semester) dengan jumlah bobot mata kuliah maksimum 24 sks per semester. Dalam menentukan mata kuliah yang akan diregistrasi mahasiswa dapat memilih mata kuliah secara sistem paket semester (SIPAS) atau secara satuan (Non SIPAS).

Paket SIPAS adalah sistem pemaketan mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa dalam menentukan mata kuliah yang akan diregistrasikan dan terintegrasi dengan layanan tutorial tatap muka (TTM) serta penyediaan bahan ajar. Sedangkan Non SIPAS adalah sistem pengambilan mata kuliah secara satuan tanpa mengikuti aturan pemaketan mata kuliah dan tak terintegrasi dalam layanan TTM serta penyediaan bahan ajar. Layanan TTM mengikuti mekanisme tutorial atas permintaan sendiri (Atpem) dan penyediaan bahan ajar dilakukan secara mandiri dengan cara membeli secara online melalui Toko Buku Online.

  1. Jenis Registrasi UT mengenal 4 (empat) jenis registrasi, yaitu (1) registrasi pertama, (2) registrasi mata kuliah, (3) registrasi ujian ulang, dan (4) registrasi Tugas Akhir Program (TAP). Registrasi pertama merupakan pencatatan data pribadi (DP) mahasiswa beserta mata kuliah yang diambil pada semester pertama. Pencatatan DP hanya dilakukan satu kali selama menjadi mahasiswa UT. Selanjutnya, setiap awal masa registrasi semester berikutnya mahasiswa melakukan registrasi mata kuliah dan bila ada mata kuliah yang tidak lulus mahasiswa dapat melakukan registrasi ujian ulang. Menjelang akhir masa studi, setiap mahasiswa program S1 yang telah memenuhi syarat diwajibkan menempuh TAP yang diawali dengan melakukan registrasi TAP.
  2. Waktu Registrasi Pada dasarnya calon mahasiswa UT dapat melakukan registrasi sepanjang waktu. Namun, dalam pelaksanaannya waktu registrasi diatur sebagaimana tercantum dalam kalender akademik tahun berjalan. Kalender akademik dapat diakses di situs UT (http://www.ut.ac.id) atau diperoleh dari UPBJJ-UT setempat. Mahasiswa dianjurkan untuk melakukan registrasi dan membeli bahan ajar pada awal masa registrasi agar mempunyai waktu belajar yang cukup. Mahasiswa yang melakukan registrasi mata kuliah akan menerima Lembar Informasi Pembayaran (LIP) dari UPBJJ-UT untuk membayar uang kuliah. Batas akhir penerbitan LIP dan batas akhir pembayaran biaya pendidikan tercantum di kalender akademik tahun berjalan. Mahasiswa disarankan untuk melakukan registrasi pada masa awal registrasi, jauh sebelum batas waktu registrasi berakhir.
  3. Tempat Registrasi Registrasi dilakukan di UPBJJ-UT dan formulir registrasi dapat diperoleh di UPBJJ-UT atau di situs UT. Mahasiswa yang berdomisili di luar negeri, registrasinya dilakukan melalui UPBJJ-UT Jakarta. Khusus bagi mahasiswa yang berdomisili di Singapura dan Malaysia, registrasi dilakukan di UPBJJ-UT Batam.

REGISTRASI PERTAMA (Mahasiswa Baru)

> REGISTRASI PASCASARJANA

REGISTRASI MATA KULIAH

PENDAFTARAN TUGAS AKHIR PROGRAM (TAP)

PAKET ARAHAN MATA KULIAH

Paket arahan mata kuliah dirancang secara khusus untuk membantu mahasiswa memilih mata kuliah tiap semester agar dapat menempuh proses pendidikan jarak jauh secara efektif. Paket arahan mata kuliah ini diatur oleh program studi masing-masing dan dapat diakses melalui situs UT.

PEMBATALAN REGISTRASI

Mahasiswa yang telah melakukan registrasi, karena sesuatu hal dapat membatalkan registrasinya sepanjang LT Registrasinya belum dibayar.

SPP yang telah disetorkan pada masa registrasi tertentu tidak dapat digunakan untuk masa registrasi berikutnya.