Bahan Ajar

Dalam sistem belajar jarak jauh bahan ajar adalah sumber belajar utama bagi mahasiswa. Bahan ajar UT dirancang secara khusus agar dapat dipelajari secara mandiri oleh mahasiswa tanpa bantuan tutor.

A. JENIS BAHAN AJAR

Bahan ajar utama UT adalah bahan ajar cetak yang disebut Buku Materi Pokok (BMP). Selain BMP, bahan ajar cetak dapat berbentuk Buku Petunjuk Praktek dan Praktikum, dan Suplemen BMP. Di samping bahan ajar cetak, UT juga menyediakan bahan ajar tambahan yang berupa bahan ajar non-cetak yang berbentuk kaset audio, CD audio, CD audiografis, CD video, CD video interaktif, bahan ajar berbantuan komputer, dan web supplement yang merupakan satu kesatuan dengan BMP.

B. CARA MEMPEROLEH BAHAN AJAR

Ada dua cara memperoleh bahan ajar UT, yaitu untuk mahasiswa:

  1. Program Non-Pendas Bahan ajar Program Non-Pendas dapat dipesan melalui situs UT dengan memilih menu Toko Buku Online (http://www.tbo.karunika.co.id). Menu Toko Buku Online (TBO) tersebut memuat informasi tentang ketersediaan, harga, biaya dan cara pengiriman serta pembayaran bahan ajar.
  2. Program Pendas, PPs, dan SIPAS Non Pendas Bahan ajar untuk program-program tersebut sudah termasuk SPP paket mata kuliah dan dapat diperoleh melalui UPBJJ-UT tempat mahasiswa registrasi.

Pemesanan bahan ajar melalui TBO dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

  1. Sebelum memesan bahan ajar melalui TBO, Anda harus memiliki alamat e-mail terlebih dahulu.
  2. Buka situs UT http://www.ut.ac.id dengan memilih menu toko buku online (TBO). Setelah itu akan muncul tampilan sebagai berikut.
    screen-shot-tbo-karunika-ut 
  3. Baca tulisan pada layar lalu klik tulisan [Register] untuk mengisi identitas Anda (bagi pengguna baru).
  4. Isi formulir dengan cara ketik semua data yang diminta, kemudian klik register
  5. Bacalah dengan saksama tulisan pada layar komputer dan ikuti langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan pembelian.
  6. Apabila ingin mengetahui lebih banyak tentang TBO silakan klik Petunjuk Penggunaan

Pembayaran pemesanan bahan ajar melalui TBO sebesar total harga bahan ajar ditambah ongkos kirim dilakukan melalui transfer ke:

  • No. Rekening: 128-0004886351
  • Atas Nama: KOPERASI KARUNIKA
  • Nama Bank: Bank Mandiri
  • Swift Code: BEEIIIDJA (untuk pesanan dari luar negeri)

Atau

  • No. Rekening : 1173-01-000015-30-0
  • Atas Nama: Koperasi Karunika Universitas Terbuka, KCP. UT
  • Nama Bank : Bank BRI

Pembayaran dilakukan selambat-lambatnya 3 hari setelah melakukan transaksi pemesanan dan silakan dikonfirmasikan. Keterlambatan pembayaran akan menyebabkan pembatalan proses pemesanan. Bahan ajar yang telah dibayar lunas akan dikirim ke alamat mahasiswa. Jika bahan ajar belum diterima mahasiswa 15 hari setelah pembayaran atau untuk mengetahui status pesanan bahan ajar hubungi:

Toko Buku Karunika

telepon (021) 7490941 pesawat 1021, 1022, 1024, dan 1025

atau

Telp (021) 74715065/74714787 Fax (021) 7424436/74715236

atau

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn