Panduan Karya Ilmiah Mahasiswa

Sesuai dengan Surat Edaran Dirjen DIKTI No. 152/E/T/2012 tanggal 27 Januari 2012 tentang Publikasi Karya Ilmiah, setiap mahasiswa diwajibkan melakukan publikasi ilmiah sebelum yang bersangkutan lulus suatu program studi dan mendapatkan gelar S1 maupun S2. Ketentuan ini juga berlaku bagi mahasiswa Universitas Terbuka (UT). Terhitung mulai 2013 mahasiswa UT wajib melakukan publikasi karya ilmiah pada Jurnal Online Universitas Terbuka sebagai persyaratan kelulusan. Penulisan karya ilmiah dilakukan sesuai dengan format karya ilmiah yang telah ditentukan seperti yang tercantum dibawah ini. Sedangkan prosedur upload (mengunggah) karya ilmiah akan diatur tersendiri.

Ujian Akhir Semester

ilustrasi-mahasiswa-belajar-buku

Hasil belajar mahasiswa dalam satu semester diukur melalui UAS. Nilai UAS berkontribusi minimal 50% terhadap nilai akhir mata kuliah.

Bentuk soal UAS tertulis dapat berupa tes objektif (pilihan ganda) atau tes uraian (esai). Jawaban ujian untuk tes objektif dikerjakan dalam Lembar Jawaban Ujian (LJU) dan untuk tes uraian dikerjakan dalam Buku Jawaban Ujian (BJU). Untuk mengisi LJU mahasiswa harus menggunakan pensil 2B.

Pada beberapa program studi, UAS juga diberikan dalam bentuk ujian lisan (misalnya mata kuliah Speaking), dan mendengarkan (misal mata kuliah Listening). UAS tertulis dan lisan diselenggarakan secara serentak di tempat ujian yang ditentukan oleh UT (lihat Lampiran 7). Sesuai ketentuan yang berlaku, setiap mahasiswa yang telah melakukan registrasi mata kuliah dan membayar SPP serta memenuhi persyaratan, secara otomatis terdaftar sebagai calon peserta ujian.

Selain ujian tertulis dan lisan, UT juga menawarkan layanan ujian online. Ujian online, yang dikenal dengan nama Sistem Ujian Online (SUO), dimaksudkan untuk:   

  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat mengikuti UAS  di luar jadwal UAS tertulis dan lisan yang telah ditentukan dalam kalende akademik UT;
  2. Memberikan kesempatan untuk mengatasi jam ujian bentrok (salah satu mata kuliah bentrok bisa diikuti melalui SUO).

Beberapa ketentuan pelaksanaan SUO adalah sebagai berikut:

  1. SUO dilaksanakan di kantor UPBJJ-UT sekitar dua minggu setelah ujian tertulis.
  2. Satu hari ujian terdiri dari 3 sesi dan setiap sesi berdurasi 90 menit.
  3. Kapasitas tempat yang disediakan UPBJJ-UT berkisar antara 4-15 mahasiswa setiap sesi ujian.
  4. Hari, tanggal, dan jam ujian ditentukan oleh UPBJJ-UT. Oleh karena itu, calon peserta harus menghubungi UPBJJ-UT untuk mendapat kepastian pelaksanaan SUO.
  5. Daftar mata kuliah yang ditawarkan untuk SUO dapat dilihat di http://student.ut.ac.id.
  6. Untuk dapat mengikuti SUO, mahasiswa harus meregistrasi mata kuliah yang akan diikuti (dengan membayar Rp20.000,-/sks). Kemudian, meregistrasi SUO secara online dengan membayar Rp 40.000,- per mata kuliah.
  7. Setelah melakukan pembayaran, menyerahkan lembar tagihan ke UPBJJ- UT  (datang langsung, melalui pos/fax/email) paling lambat 3 hari setelah melakukan  registrasi online.
  8. Menunggu konfirmasi dari UPBJJ-UT. Proses konfirmasi dianggap valid jika mahasiswa sudah mendapat password yang dikirimkan melalui account UT Online di http://student.ut.ac.id.
  9. Mahasiswa yang berhak mengikuti SUO adalah mahasiswa yang pendaftarannya  sudah mendapatkan konfirmasi dari UPBJJ-UT atau UT Pusat dan telah mempunyai password. Tanpa password, mahasiswa tidak dapat mengikuti SUO.
  10. Untuk dapat mengikuti SUO,mahasiswaharusdatangkekantorUPBJJ- UT pada hari yang telah ditetapkan dengan membawa Kartu Mahasiswa atau KTP/SIM dan print out konfirmasi dari UT. Tanpa bukti identitas dan bukti konfirmasi sebagai peserta SUO, mahasiswa tidak diperkenankan mengikuti SUO.
  11. Syarat dan ketentuan lainnya dapat ditanyakan ke UPBJJ-UT atau dilihat di website UT.

Belajar Mandiri

Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial. UT menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dapat dipelajari secara mandiri.

Selain menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh UT, mahasiswa juga dapat mengambil inisiatif untuk memanfaatkan perpustakaan, mengikuti tutorial baik secara tatap muka maupun melalui internet, radio, dan televisi, serta menggunakan sumber belajar lain seperti bahan ajar berbantuan komputer dan program audio/video. Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta informasi tentang bantuan belajar kepada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat.


Belajar mandiri dalam banyak hal ditentukan oleh kemampuan belajar secara efektif. Kemampuan belajar bergantung pada kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan. Untuk dapat belajar mandiri secara efektif, mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat.

Mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengatur waktunya dengan efisien, sehingga dapat belajar secara teratur berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan sendiri. Oleh karena itu, agar dapat berhasil belajar di UT, calon mahasiswa harus siap untuk belajar secara mandiri.

Tutorial

Tutorial adalah layanan bantuan belajar bagi mahasiswa UT. Dalam tutorial, kegiatan belajar dilakukan di bawah bimbingan tutor sebagai fasilitator.

Tutorial membahas dan mendiskusikan hal-hal yang dianggap sulit dan sangat penting dikuasai mahasiswa. Untuk lebih jelasnya, materi yang dibahas dalam kegiatan tutorial menyangkut.

  1. kompetensi esensial atau konsep-konsep penting dalam suatu mata kuliah;
  2. masalah yang ditemukan mahasiswa dalam mempelajari modul;
  3. persoalan yang terkait dengan unjuk kerja (praktek/praktikum) mahasiswa di dalam atau di luar kelas tutorial; dan/atau
  4. masalah yang berkaitan dengan penerapan ilmu dalam kehidupan sehari-hari.

 

Sistem Pembelajaran

UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio dan televisi).

Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).