Sistem Jaminan Kualitas

Sejak tahun 2002, Universitas Terbuka (UT) telah mengembangkan sistem jaminan kualitas (SIMINTAS) yang digunakan untuk menjamin kualitas dari seluruh produk maupun kegiatan yang ada di UT. Simintas UT pada awalnya diadopsi dari Asian Association of Open Universities Quality Assurance Frame Work (AAOU QA Frame Work), yang terdiri dari 9 komponen dan 107 poin kebijakan kualitas yang berupa pernyataan praktek baik.

Dalam perjalanan penjaminan kualitas di UT tidak hanya berpaku pada satu sistem, karena dari tahun 2006 UT menggunakan standar ISO 9001 (Quality Management System) untuk memastikan bidang –bidang Layanan Bahan Ajar, Pengembangan dan Layanan Bahan Ajar dan Ujian, Layanan Administrasi Akademik, dan Layanan Belajar Jarak Jauh untuk seluruh UPBJJ-UT atau seluruh proses yang dilaksanakan di UT berjalan sesuai dengan standar internasional ISO 9001.

Secara akademik, UT juga memastikan bahwa kualitas akademik UT sudah diakui secara nasional dengan mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kualitas UT sebagai penyelenggara pendidikan terbuka jarak jauh (PTTJJ) juga sudah diakui secara internasional dengan diperolehnya pengakuan dari Internasional Council for Distance Education (ICDE) setelah melakukan review kualitas pada tahun 2005, dan 2010.

Setelah sepuluh tahun pelaksanaan Simintas, pada tahun 2012 UT merevisi Simintas UT 2002. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan perkembangan jaman dan teknologi. Revisi dilaksanakan dengan mengintegrasikan seluruh persyaratan standar kualitas yang diharuskan oleh Undang-undang, Peraturan Negara, AAOU QA Statements of Best Practices dan juga dengan Renstra dan Renop UT untuk memenuhi standar kualitas baik nasional (BAN PT) maupun internasional (ISO 9001 dan ICDE).

Simintas UT 2012 hasil revisi ini berupa kebijakan kualitas terintegrasi yang berisi 10 komponen dan 110 poin kebijakan kualitas yang berupa pernyataan praktek baik sebagai berikut.

  1. Kebijakan dan Perencanaan (7 kebijakan)
  2. Sumber Daya Manusia (8 kebijakan)
  3. Manajemen Internal (15 kebjiakan)
  4. Mahasiswa dan Profil Mahasiswa (8 kebjiakan)
  5. Rancangan dan Pengembangan Program Pendidikan (12 kebjiakan)
  6. Rancangan dan Pengembangan Mata Kuliah (11 kebjiakan)
  7. Layanan Bantuan Belajar (10 kebjiakan)
  8. Prasarana, Media, dan Sumber Belajar (4 kebjiakan)
  9. Penilaian dan Evaluasi Mahasiswa (22 kebjiakan)
  10. Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (13 kebjiakan)

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn