Perpustakaan Digital

Kiprah UT di Usia 27 Tahun


Diusia ke-27 tahun pada 4 September 2011, Universitas Terbuka (UT) sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) penyelenggara Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PTJJ) di Indonesia, telah mengalami perkembangan signifikan diiringi perolehan berbagai prestasi dan penghargaan, di tingkat nasional, regional, maupun internasional. Saat ini jumlah mahasiswa UT sebesar 576.625, yang terdaftar di 32 program studi pada 4 (empat) fakultas dan satu program pascasarjana. Jumlah alumni sampai saat ini sudah menembus angka 1 (satu) juta orang. Angka-angka ini menunjukkan bahwa UT telah mampu mengemban amanat serta mandat yang diberikan Pemerintah, yaitu meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.


Kesuksesan UT dalam meningkatkan daya jangkau pendidikan tinggi bukan merupakan satu-satunya prestasi UT. Kerja keras serta upaya tidak kenal lelah seluruh jajaran telah menunjukkan bahwa UT juga mampu mengembangkan dan menawarkan program-program akademik dengan kualitas yang diakui. Hal ini terlihat dari hasil re-akreditasi UT baik di tingkat nasional maupun internasional. Pada tingkat nasional, semua program S1 UT sudah memperoleh akreditasi kembali dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Sedangkan pada tingkat internasional, setelah melalui re-review pada Oktober 2010 lalu, UT mampu mempertahankan Sertifikat Kualitas dari The International Council for Open and Distance Education (ICDE). Dalam bidang manajemen, UT sampai saat ini juga mampu mempertahankan Sertifikat ISO 9001:2000/2008 dari Badan Sertifikasi SAI Global dan SGS USA.


Di bidang akademik, selain tetap konsisten menyediakan paket bahan ajar cetak dan non-cetak berkualitas tinggi, mutakhir, dan bersifat self-instructional, UT juga terus meningkatkan beragam layanan belajar bagi mahasiswa dengan memanfaatkan berbagai media terkini, temasuk media Internet. Melalui Portal UT yang komprehensif, mahasiswa kini dapat mengikuti tutorial online, ‘mengunjungi’ perpustakaan digital, melakukan praktikum secara virtual melalui program dry lab, memanfaatkan materi pengayaan dari Internet TV (ITV) UT maupun berbagai open educational resources (OER) yang dikembangkan UT sendiri (UT open courseware) dan yang diambil dari situs-situs lain dari manca negara. Khusus untuk mahasiswa FKIPFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang berlatar belakang guru, UT juga menyediakan portal ‘Guru Pintar Online’ sebagai wahana bagi mereka untuk berinteraksi dan berbagi pengalaman dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas masing-masing.

Disamping itu, mahasiswa juga sekarang telah bisa melakukan ujian secara online di kantor-kantor UPBJJUnit Program Belajar Jarak Jauh, unit pelaksana teknis UT di daerah -UT. Pemanfaatan berbagai jenis media dan teknologi untuk memperkaya materi perkuliahan ini juga diyakini akan dapat melatih para mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi untuk pengembangan diri selanjutnya setelah lulus dari UT.
Dalam hal operasional pembelajaran, UT terus menyempurnakan sistem layanan sehingga mahasiswa semakin hari semakin mudah mengakses UT dengan berbagai alat/media yang tersedia. Saat ini, UT telah menyempurnakan sistem registrasi dan pembayaran berbagai biaya studi secara terintegrasi dengan billing system. Hal ini untuk meningkatkan akurasi data sehingga tidak akan ada lagi mahasiswa yang terhalang ikut ujian dan/atau nilai tidak bisa diproses karena kekurangan pembayaran atau kesalahan menuliskan kode registrasi mata kuliah tertentu. Bersamaan dengan itu, sekarang mahasiswa juga tidak harus lagi berdesakan membayar biaya studi secara antri di bank, karena mereka sudah bisa melakukannya melalui ATMAnjungan Tunai Mandiri , baik di bank-bank mitra UT maupun di mesin EDC yang tersedia di kantor UPBJJ-UT di seluruh Indonesia. Dalam waktu dekat, biaya studi juga akan bisa dibayar secara online melalui internet, SMS, maupun telephone banking.


Di bidang manajemen internal, UT juga terus memperbaiki dan melengkapi serta meningkatkan berbagai fasilitas penunjang guna menyempurnakan layanan bagi seluruh mahasiswa, termasuk mitra dan masyarakat umum yang membutuhkan layanan UT. Sarana dan prasarana yang menunjang kinerja di kantor pusat dan seluruh UPBJJ-UT semakin lengkap dan baik. Kantor Pusat dan semua UPBJJ-UT sudah terhubung secara elektronik melalui jaringan Intranet yang robust. Seluruh UPBJJ-UT juga telah dilengkapi dengan sarana belajar seperti ruang Internet dan ruang membaca untuk mahasiswa.


Dalam hal akses dan daya jangkau, meneruskan yang telah dilakukan sebelumnya, UT melanjutkan dan membuka layanan baru bagi warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja dan berdomisili di luar negeri. Sebelumnya, UT telah membuka layanan bagi WNI yang berdomisili antara lain di Arab Saudi, Malaysia, Singapore, Australia, Hong Kong, dan Korea. Tahun ini, permintaan pembukaan layanan UT datang dari WNI yang berdomisili di Taiwan Taipei, Yunani, dan Ethiopia. Untuk memperlancar operasional layanan di luar negeri, UT sudah menandatangani Memorandum Kesepahaman dengan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI. Saat ini, UT sedang dalam tahap akhir mempersiapkan penandatanganan Memorandum Kesepahaman dengan Kementerian Luar Negeri.


Sementara untuk mendukung upaya Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional meningkatkan angka partisipasi pendidikan tinggi, UT mengoptimalkan program SIPASSistem Paket Semester 1923, yaitu layanan program Sistem Paket Semester bagi WNI berusia 19 – 23 tahun. Sejalan dengan itu, untuk meningkatkan kualifikasi para aparatur lain di Tanah Air, seperti guru, personil POLRI, dan Aparatur Pemerintahan Desa misalnya, UT sudah dan tetap melakukan kemitraan dengan pihak terkait, yaitu membuka layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.


Dalam tataran global, tahun ini UT dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan “the 24th International Council for Open and Distance Education World Conference” pada 2 – 5 Oktober 2011 di Nusa Dua, Bali. Rencananya konferensi ini akan dibuka Presiden RI, Bapak DR. H.Susilo Bambang Yudhoyono dengan beberapa pembicara kunci dari manca negara antara lain Menteri Pendidikan Nasional RI.

Registrasi Online

UT memiliki 4 jenis pendaftaran yang ditujukan untuk program tertentu. Silahkan klik sesuai dengan program yang anda inginkan. Sebelum melakukan pendaftaran, sebaiknya membaca Katalog UT terlebih dahulu.

Program Link Website Link Panduan Mulai Registrasi 2013.2
Non Pendidikan Dasar (Non Pendas)/Reguler Klik disini Panduan Registrasi 2 Juli 2013
Pendidikan Dasar (Pendas) * - - 2 Juli 2013
Pascasarjana (PPs) * Klik disini Panduan Admisi 25 Maret - 29 April 2013
Program Pendidikan Berkelanjutan (PPB) * - - -

* Sistem registrasi online masih dalam pengembangan


Yth. Mahasiswa UT

di Seluruh Indonesia

Dalam rangka meningkatkan layanan registrasi secara berkesinambungan kepada calon mahasiswa dan mahasiswa dalam studi, UT mulai 1 Agustus 2012 telah menyediakan layanan registrasi online untuk pendaftaran bagi calon mahasiswa baru, registrasi pertama, dan registrasi mata kuliah. Namun karena aplikasi registrasi online ini masih dalam tahap pengembangan, maka pada masa registrasi 2012.2 baru dapat dipakai oleh calon mahasiswa baru dan mahasiswa dalam studi untuk Program Non Pendidikan Dasar (Non Pendas). Sementara itu, registrasi online bagi calon mahasiswa dan mahasiswa dalam studi untuk Program Pendidikan Dasar (Pendas), Program Pascasarjana, dan Program Pendidikan Berkelanjutan (PPB) masih dalam proses pengembangan.

Bagi calon mahasiswa baru dan mahasiswa dalam studi untuk program Non Pendas yang ingin melakukan registrasi pada masa 2012.2 melalui registrasi online, kami himbau untuk membaca panduan registrasi online terlebih dahulu. Apabila ada calon mahasiswa baru dan mahasiswa dalam studi yang mengalami masalah dengan aplikasi registrasi online, dapat menghubungi alamat email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau Saudara Fade Pramureza dengan alamat email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya..

Demikian informasi ini kami sampaikan, selamat belajar semoga sukses.

TTD

Pembantu Rektor III UT