Rektor

rektor-ut-web-small-round

Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D

UNIVERSITAS TERBUKA ADALAH PINTU MENUJU SUKSES

Keuletan dan kegigihannya dalam memajukan Universitas Terbuka dan pendidikan jarak jauh menjadikannya sebagai wanita Asia pertama yang terpilih sebagai Presiden suatu organisasi internasional Pendidikan Jarak Jauh – the International Council for Open and Disstance Education (ICDE) Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed, Ph.D. atau Tian, begitu sapaan wanita bertubuh mungil sudah menjadi Professor diusianya yang sangat belia. Wanita kelahiran Sukabumi, 1 April 1962 ini merintis karirnya di UT sejak tahun 1985. Ketika itu, Tian lulus dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan ditawari membantu UT langsung Rektor UT saat itu, yaitu Bapak Setijadi. Walaupun pada awalnya hanya ingin bekerja di UT untuk sementara, namun akhirnya Tian mendedikasikan waktu dan karirnya untuk mengabdi di UT hingga sekarang. Ketetapan untuk tetap bekerja di UT dipicu oleh tawaran untuk melanjutkan kuliah S2 di Simon Fraser University, Kanada. Seiring dengan segudang prestasi yang telah dicapainya maka Tian semakin memantapkan kiprahnya di UT sampai sekarang.

Tidak hanya berprestasi di dunia pendidikan Indonesia tapi juga kiprahnya di dunia Internasional tidak diragukan lagi. Pada pertemuan di Oslo, Norwegia tanggal 29 Februari 2012, Tian terpilih secara aklamasi menjadi Presiden ICDE periode 2012 – 2015. Presiden suatu lembaga Internasional Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh atau International Council for Open and Distance Education (ICDE). Sebelumnya Tian telah sukses memimpin Asian Association of Open Universities (AAOU) sebagai Presiden pada tahun 2009 hingga 2010. Hingga kini pun Tian masih aktif sebagai anggota Executive Board AAOU. Pengakuan dunia terhadap dirinya mengangkat nama Universitas Terbuka sebagai salah satu Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh terbaik di Indonesia maupun di dunia.

Di tengah kesibukannya yang sangat padat, Tian selalu menyempatkan diri untuk menonton film karena menurutnya kegiatan ini merupakan kegiatan kebersamaan yang sama-sama digemari oleh suami dan anaknya. Selain itu, Tian merasa bahwa film dapat membawanya ke dunia lain yang berbeda dan seperti berlibur tanpa harus kemana-mana.

Harapannya untuk UT adalah ingin agar UT pada masa yang akan datang menjadi perguruan tinggi yang terdepan dalam hal pemberian akses pendidikan tinggi berkualitas di Indonesia. Nama UT akan menjadi nama pertama yang muncul di setiap benak orang Indonesia ‘dewasa’ yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang pendidikan tinggi ataupun ke program pendidikan berkelanjutan. Di mata para pakar, pemerhati, dan praktisi pendidikan, UT akan menjadi rujukan utama dalam hal penyelenggaraan pendidikan tinggi jarak jauh, baik melalui penggunaan teknologi tercetak, terekam, tersiar, maupun teknologi komunikasi dan informasi terkini. Nama UT akan menjadi nama pertama yang muncul di setiap benak para pakar, pemerhati, maupun praktisi setiap kali mereka membutuhkan informasi, klarifikasi, konfirmasi, ataupun validasi tentang sistem penyelenggaraan pendidikan tinggi jarak jauh di Indonesia. Melihat perkembangan di dunia pendidikan dan juga teknologi Tian yang sangat fokus dalam bidang ICT ini, berharap segala sesuatu tentang UT dapat dilihat atau dapat di tangkap oleh semua orang di seluruh pelosok negeri dengan hanya melihat website UT.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn