Registrasi Pertama

Registrasi pertama merupakan pencatatan data pribadi (DP) mahasiswa. Pencatatan DP hanya dilakukan satu kali selama menjadi mahasiswa dengan menggunakan formulir yang dapat diperoleh di UPBJJ-UT setempat. Pengisian formulir DP harus dilakukan sendiri oleh calon mahasiswa dengan memperhatikan petunjuk yang terdapat pada formulir tersebut. Data pribadi ini harus diisi dengan lengkap dan benar. Kesalahan data pribadi akan mengakibatkan berbagai masalah administratif selama studi, seperti tidak terkirimnya informasi, tidak terprosesnya nilai ujian, dan kesalahan data pada ijazah.

Persyaratan Calon Mahasiswa Untuk menjadi mahasiswa UT, calon mahasiswa minimal berijazah SMA atau yang sederajat. Pada saat melakukan registrasi pertama, calon mahasiswa harus melampirkan persyaratan umum sebagai berikut.

  1. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi oleh pejabat yang berwenang.
    1. Legalisasi ijazah SMA atau yang sederajat oleh sekolah asal yang bersangkutan atau Dinas Pendidikan Kab/Kota sekolah asal bagi sekolah yang telah ditutup.
    2. Legalisasi ijazah Diploma atau ijazah Sarjana oleh perguruan tinggi asal.
    3. Legalisasi ijazah untuk calon mahasiswa yang berstatus CPNS/PNS dapat dilakukan oleh Kepala Bagian Kepegawaian instansi tempat bekerja.
  2. Fotokopi dokumen yang merupakan persyaratan khusus program studi. Persyaratan khusus dapat dilihat pada Katalog Kurikulum Program Sarjana dan Diploma FE, FHISIP, FMIPA, dan FKIP.
  3. Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Keabsahan Dokumen.
  4. Formulir Isian Pas Foto, Sidik Jari dan Tanda Tangan Mahasiswa. Ukuran dan ketentuan pas foto lihat persyaratan pas foto berikut.
    1. Profil
      • Wajah terlihat jelas dan menghadap ke depan
      • Tidak memakai kacamata
      • Untuk laki-laki tidak memakai penutup kepala
      • Tidak memakai penutup wajah/cadar
    2. Latar belakang foto (background) berwarna:
      • Biru, untuk mahasiswa kelahiran tahun genap
      • Merah, untuk mahasiswa kelahiran tahun ganjil
    3. Pakaian pada saat difoto
      • Polos (tidak bercorak) dan tidak berwarna putih
      • Pakaian resmi (bukan kaos atau T-shirt)
      • Wanita yang berkerudung, kerudung polos dan warna tidak sama dengan latarbelakang foto
    4. Ukuran pas foto minimal 2 × 3 cm

Selengkapnya pada Katalog Program Sarjana dan Diploma FE, FHISIP, FMIPA, dan FKIP

 

Program Sarjana PGSD dan PGPAUD FKIP

Persyaratan Calon Mahasiswa

  1. Program S1 PGSD
    Calon mahasiswa yang akan menjadi mahasiswa Program S1 PGSD harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.
    1. Telah bekerja sebagai guru SD yang dibuktikan dengan melampirkan fotokopi SK Pengangkatan sebagai guru.
      1. Guru PNS/CPNS atau non-PNS, SK Pengangkatan diterbitkan oleh Pemerintah/Pemerintah Daerah, dilegalisasi oleh Pejabat yang berwenang; atau
      2. Guru non-PNS, SK pengangkatan diterbitkan oleh Ketua Yayasan Penyelenggara Satuan Pendidikan yang berbadan hukum dan dilegalisasi oleh Ketua Yayasan; atau
      3. Guru non-PNS yang memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) atau Peg-ID. SK NUPTK atau Peg-ID dilegalisasi oleh Pejabat yang berwenang, dan melampirkan surat keterangan mengajar yang ditandatangani oleh kepala sekolah.
    2. Berijazah (berlatar belakang pendidikan):
      1. SGO/SPG/KPG/pendidikan guru/SLTA yang sederajat.
      2. D1 Pendidikan atau Non-Pendidikan.
      3. D2 Pendidikan atau Non-Pendidikan.
      4. D2 PGSD dari LPTK yang mendapat izin dari Kementerian yang berwenang.
      5. D2 PENDOR dari UT.
      6. D2 PGMI/PGSDI dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang mendapat izin penyelenggaraan dari Kementerian Agama yang dibuktikan dengan melampirkan fotokopi surat izin tersebut.
      7. D2 Pendidikan Guru Agama dari PTN/Swasta yang mendapat izin penyelenggaraan dari Kementerian Agama yang dibuktikan dengan melampirkan fotokopi surat izin tersebut.
      8. D3 Pendidikan atau Non-pendidikan.
      9. S1 Pendidikan atau Non-pendidikan atau D-IV. Calon mahasiswa masukan S1 ini wajib mengisi Surat Pernyataan. Fotokopi ijasah yang merupakan latar belakang pendidikan calon mahasiswa harus di legalisasi oleh pejabat yang berwenang.
    3. Mendapat izin dari Kepala Sekolah/Ketua Yayasan/Ketua Lembaga tempat mengajar yang berbadan hukum.
    4. Mengisi surat pernyataan bahwa semua dokumen yang diserahkan ke UT benar dan sah (lihat Lampiran 9 dan 10).
    5. Mengisi Formulir Isian pasfoto, sidik jari, dan tanda tangan, serta menyertakan pasfoto dengan ukuran dan ketentuan sesuai persyaratan pada Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) (Lampiran 8).
    6. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh pemberi beasiswa (untuk mahasiswa penerima beasiswa).
  2. Program S1 PGPAUD
    Untuk menjadi mahasiswa Program S1 PGPAUD, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.
    1. Telah bekerja sebagai guru PAUD, yang dibuktikan dengan melampirkan fotokopi SK Pengangkatan sebagai guru.
      1. Guru PNS/CPNS atau non-PNS, SK pengangkatan diterbitkan oleh Pemerintah/Pemerintah Daerah, dilegalisasi oleh Pejabat yang berwenang, atau
      2. Guru non-PNS, SK pengangkatan diterbitkan oleh Ketua Yayasan Penyelenggara Satuan Pendidikan yang berbadan hukum dan dilegalisasi oleh Ketua Yayasan, atau
      3. Guru non-PNS yang memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), atau Surat Tanda Bukti Pengaktifan Pegawai (Peg ID) SK NUPTK atau Peg ID dilegalisasi oleh Pejabat yang berwenang, dan melampirkan surat keterangan mengajar yang ditandatangani oleh kepala sekolah. Guru yang termasuk dalam kategori ini tidak mendapat perlakuan Pengakuan Pengalaman Kerja dan Hasil Belajar (PPKHB).
    2. Berijazah (berlatar belakang pendidikan):
      1. SGO/SPG/SLTA/sederajat, atau
      2. Program D2 PGTK dari LPTK yang mendapat izin penyelenggaraan dari Ditjen Dikti, atau
      3. Program D2 PGTKI dari Perguruan Tinggi Negeri/Swasta yang mendapat izin penyelenggaraan dari Kementerian Agama yang dibuktikan dengan melampirkan fotokopi surat izin tersebut, atau
      4. S1/D-IV dari program studi terakreditasi BAN PT atau memiliki SK Izin Operasional DIKTI (lihat: http://ban-pt.kemdiknas.go.id /direktori.php), atau Izin penyelenggaraan dan Akreditasi Program Studi dari Departemen Agama. Lulusan S1 PGPAUD UT tidak dapat mengikuti program ini.
    3. Mendapat izin dari Kepala Sekolah/Ketua Lembaga PAUD tempat mengajar atau Ketua Yayasan/Lembaga yang berbadan hukum.
    4. Mengisi surat pernyataan bahwa semua dokumen yang diserahkan ke UT benar dan sah.
    5. Mengisi Formulir Isian pasfoto dan tanda tangan ukuran dan ketentuan pasfoto lihat persyaratan pasfoto pada KTM.
    6. Menyerahkan pas foto ukuran (2x3) cm sebanyak 2 lembar.
    7. Memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh pemberi beasiswa (untuk mahasiswa penerima beasiswa).

Selengkapnya pada Katalog Program Sarjana PGSD dan PGPAUD FKIP

Calon mahasiswa yang dapat mengikuti pendidikan di Program Pascasarjana (PPs) UT harus memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan ketentuan dan telah dinyatakan lulus tes masuk. Hal-hal yang terkait dengan persyaratan ijazah dan tes masuk, selengkapnya pada Katalog Program Pascasarjana UT atau http://pasca.ut.ac.id

Program ini ditawarkan dalam bentuk kelompok atau berbasis kelompok belajar dalam satu wilayah di kota UPBJJ, kecuali program BIPA Online yang dapat diikuti secara perorangan. Untuk program yang ditawarkan berbasis kelompok belajar, jika sampai batas akhir registrasi jumlah minimal peserta yang membayar biaya program/ pendidikan tidak terpenuhi, maka program tersebut tidak dapat dibuka. Selengkapnya pada Katalog Program Pendidikan Berkelanjutan UT

Share This Post