Hamdani Si Pencipta Metode Bahasa Inggris Lima Jari

hamdani_5_jariDengan motto hidup “Berbagi untuk negeri” Hamdani dikenal sebagai penemu pembelajaran bahasa Inggris menggunakan metode 5 jari. Pemilik nama lengkap Mochamad Hamdani Ubaed ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka, UPBJJ-UT Jember semester 2. Pria kelahiran Lumajang 35 tahun lalu ini memulai rintisan metode tersebut 5 tahun kebelakang, dengan niat ingin membantu para warga dilingkungan wilayahnya ia tinggal, hingga akhirnya ia berhasil menerapkan metode pembelajaran bahasa Inggris hanya cukup mengikuti proses studi dalam satu hari.

Upayanya membuahkan hasil, banyak sekali siswa-siswi tertarik untuk mengikuti Metode Lima Jari, hasil yang dirasakan, mereka dapat dengan mudah berbicara dalam Bahasa Inggris. Apa yang dilakukan Hamdani ternyata menarik minat Direktur Pembinaan SMK Dirjen Pendidikan Dasar & Menengah Kemdikbud, hingga pada Oktober 2016 lalu Drs. M. Mustaghfirin Amin, MBA., mengundang Hamdani untuk dapat mengujicobakan Metode Lima Jari pada beberapa SMK. Apabila hasilnya baik bukan tidak mungkin Metode Lima Jari akan diterapkan di SMK-SMK.

Saat ini di dekat tempat tinggalnya, ia juga mendirikan sebuah komunitas pendidikan yang diberi nama kampung inggris. Memang sekilas cukup terdengar akan diisi oleh penduduk warga negara asing. Namun nyatanya komunitas tersebut diisi oleh para masyrakat yang sengaja ingin belajar bahasa inggris secara cepat dan baik menggunakan metode 5 jari. Untuk menampung seluruh kegiatan dibentuklah Yayasan Aktivasi Lima Jari Indonesia.

Beliau memilih kuliah di UT dengan alasan layanan yang baik, cepat dan waktu studi yang fleksibel, dengan waktu tersebut dia dapat mempunyai waktu lebih demi mengamalkan pengajaran metode 5 jarinya.Beliau juga mengajak rekan – rekan di UT untuk belajar bersama menggunakan metode 5 jari, karena menurutnya metode ini terbukti mudah digunakan.

Share This Post