Belajar Mandiri Lebih Menyenangkan

mela_meryaniSebagai bentuk apresiasi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi terhadap dunia pendidikan, Menristekdikti memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi Bidikmisi di beberapa Perguruan Tinggi Negeri. Sebanyak dua mahasiswa Universitas Terbuka (UT) berhasil terpilih meraih penghargaan tersebut. Salah satunya adalah Mela Meryani.

Mahasiswi asal UPBJJ UT Bandar Lampung ini diundang menghadiri pameran Kemenristekdikti di Surakarta beberapa waktu lalu untuk mendapatkan satu unit laptop atas prestasi yang telah diraihnya. Ia merasa bersyukur dan bangga menjadi mahasiswi UT terpilih yang meraih penghargaan tersebut. Menurutnya, ia lebih termotivasi lagi untuk belajar dan meraih prestasi-prestasi lainnya.

Peraih juara II lomba debat ilmiah diajang Disporseni UT 2015 wilayah barat ini selain fokus belajar sambil bekerja, juga aktif mengikuti kegiatan kemahasiswaan. Mela mengaku, menempuh kuliah di UT tidak ada bedanya dengan kuliah di kampus negeri lainnya. “Justru kalau di UT saya bisa kuliah sambil bekerja. Jadi penghasilan dapat, ilmu juga bertambah.” Tuturnya sumringah. “Saya bisa membuktikan bahwa UT juga sejajar dengan kampus lain,” tambahnya.

Gadis kelahiran 20 tahun lalu ini mengatakan, kuliah di UT yang menuntut kemandirian belajar harus memiliki inisiatif sendiri dalam mengatur jadwal belajar. “Belajar di UT itu menyenangkan, karena mahasiswa dituntut lebih mandiri. Namun begitu bukan berarti kita hanya bisa belajar sendirian, kita juga bisa sharing di forum kelompok belajar.” Ujar mahasiswi S1 Sosiologi semester V ini.

Mela, sebagai peraih IPK 4 ini juga memiliki strategi jitu selama menempuh kuliah di UT. Ia mengatur waktu belajar seperti membaca modul setiap harinya. Dan hal itu dilakukan secara kontinyu dan disiplin. “Belajar setiap hari atas inisiatif sendiri dan berusaha disiplin, Insyaallah hasil tidak akan menghianati usaha,” paparnya mantap.

Selamat ya, Mela. Semoga prestasi ini tidak lantas berpuas diri, melainkan lebih mengasah diri menjadi lebih bersinar di kesempatan lainnya.

Share This Post