Investasi Waktu Kunci Keberhasilan Cum laude di UT

rori-achir-alumni-magister-ut-2012-cumlaudeMenyelesaikan kuliah dengan baik merupakan tekad setiap mahasiswa. Rori Achir, alumni Program Magister Manajemen angkatan 2010.2 ini berhasil mewujudkan cita-citanya tersebut dengan hasil sangat baik, yakni IPK 4 dan predikat cum laude.

”Saya tidak menyangka dan sangat bahagia menerima surat pemberitahuan dari UT yang menginformasikan bahwa saya dinyatakan sebagai wisudawan terbaik pada masa wisuda periode III 2012”, katanya.

Rori sudah lama memiliki keinginan untuk melanjutkan kuliah ke pasca sarjana. Namun demikian, kesibukan pekerjaan ayah satu anak yang sehari-hari menjabat sebagai vice president di salah satu bank BUMN ini, menyebabkan tidak mudah baginya mengalokasikan waktu untuk menghadiri kuliah secara rutin, bahkan kelas akhir pekan sekalipun. Keinginan tersebut terus tertunda sampai akhirnya istri tercinta menyarankan untuk kuliah di jurusan Magister Manajemen UT. Ia menjelaskan bahwa UT memang kampus yang sangat tepat bagi mahasiswa yang memiliki waktu terbatas atau sedang bekerja, karena kelas tetap muka hanya diadakan sebanyak 4 kali setiap semester, sedangkan sisanya, mahasiswa dapat belajar secara mandiri dengan waktu yang fleksibel.

Belajar di Universitas Terbuka menurut Rori sangat menyenangkan. ”Teman-teman seangkatan sangat kompak dan saling membantu dan menyemangati. Begitu juga dengan pihak universitas yang selalu memberikan motivasi dan sangat helpfull”, imbuhnya.

Mengenai kiat mendapatkan predikat cum laude dan IPK 4, Rori menjelaskan bahwa kriteria keberhasilan studi di UT telah dijelaskan dengan sangat baik oleh pihak universitas sejak awal, mulai dari bobot penilaian kehadiran pada tutorial tatap muka, pengumpulan tugas dan makalah, keaktifan mengikuti tutorial on line, dan pelaksanaan ujian semester. Bahkan petunjuk penyusunan Tugas Akhir Program Magister (TAPM) juga telah diinformasikan sejak jauh-jauh hari. ”Saya berusaha memahami kriteria dimaksud dengan baik, sehingga dapat menentukan prioritas dalam belajar dan membagi waktu”, jelasnya.

Selanjutnya, ia berusaha mengalokasikan waktu yang cukup untuk belajar dan menyelesaikan setiap tugas kuliah. Meskipun biasanya baru sempat belajar pada saat larut malam, ia menekankan pentingnya investasi waktu ini secara rutin dengan tetap menjaga keseimbangan waktu untuk pekerjaan, keluarga dan aktifitas lainnya.

Yang tidak kalah penting, ia berusaha menjalin komunikasi dengan pihak universitas, baik UPBJJ-UT Jakarta maupun Program Pasca Sarjana di UT Pondok Cabe. ’Saya sangat bangga dan berterima kasih terhadap Bapak/Ibu di UPBJJ-UT Jakarta, Program Pasca Sarjana UT Pondok Cabe, serta para dosen pembimbing yang sangat banyak membantu dan memberikan motivasi serta solusi atas kendala-kendala yang saya hadapi. Tentunya saya akan sulit berhasil tanpa bantuan mereka’.

Mengenai harapannya terhadap UT kedepan, Rori menyatakan semoga UT semakin berkembang di masa yang akan datang menjadi universitas kebanggaan Indonesia, dan semoga UT dapat segera membuka program S3.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn