Takut akan Tuhan adalah Awal Pengetahuan

Rony-Marsyal-Kunda-Alumni-UT-mei2012

Rony Marsyal Kunda, pria muda berperawakan tinggi besar itu lulusan Fakultas MIPA UT, Jurusan Biologi, Program Studi Biologi dengan IPK 3,20. Rony panggilan sehari-harinya, saat ini tengah menyelesaikan Program Pascasarjana UGM, Fakultas Kedokteran Hewan Program Studi Sain Veteriner dan diperkirakan Juni 2012 akan diselesaikannya dalam waktu 1 tahun 6 bulan. Artinya lulusan UT dapat melanjutkan ke jenjang selanjutnya di Peguruan Tinggi manapun bahkan di Luar Negeri.

Putra kedua dari empat bersaudara pasangan Imanuel Kunda, S.Pd. dan Lusia Matulessy, S.Pd. ini sangat antusias ketika membicarakan bidang genetika molekuler seperti yang saat ini menjadi bidang yang ditekuni. Menurut penyandang gelar mahasiswa berprestasi ke II tingkat UT tahun 2009 itu genetika tidak kasatmata tetapi hasilnya akan terlihat pada saat makhluk hidup itu “dilahirkan”, bagi lajang kelahiran Hulaliu, Maluku Tengah, Maret 1987 itu sesuatu yang berhubungan dengan genetika sangatlah menarik dan ingin diketahuinya lebih lanjut.

Pemilik moto Takut akan Tuhan adalah Awal Pengetahuan ini mengungkapkan jika keinginan untuk belajar dan mengembangkan wawasan secara mandiri membuatnya meneruskan kuliah di UT.

Diakui pula oleh pria pemilik hobi meneliti dan membaca ini kendala yang dirasakan saat menjadi mahasiswa UT adalah pengisian pada lembar LJU yang menurutnya perlu ketelitian dan kecermatan.

Diungkapkan pria cerdas yang saat ini sedang melakukan beberapa penelitian mengenai genetika, mengetahui informasi mengenai UT dari internet maupun Info Publik TVRI Maluku, dipaparkan pula oleh Ronny strategi belajar yang diterapkan selama belajar di UT adalah membaca dan memahami modul-modul sehingga memudahkan untuk mengerti setiap mata kuliah. Disela-sela perbincangan, lelaki yang tergolong talkative ini mengungkapkan keinginan untuk menjadi dosen serta mengembangkan ilmu genetika molekuler. Pria Ambon yang masih keturunan pahlawan nasional Thomas Matulessy itu menuturkan selama menempuh pendidikan tinggi di UT sangatlah menyenangkan dan mengajak para mahasiswa UT untuk selalu bersemangat dalam belajar yang lebih mandiri. Tak lupa juga disampaikan bahwa bahan ajar UT sangat bermutu, sistematis dan sesuai tuntutan zaman, meskipun ada beberapa modul yang masih harus ditingkatkan kualitasnya namun tetap sangat mudah dipelajari.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn