Kegiatan PMW, Disporseni, dan Beasiswa 2013

Pada tahun 2013, UT mengelola beberapa kegiatan yang didanai oleh Dikti, antara lain:

  1. Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Program ini bertujuan untuk:
    1. Meningkatkan kecakapan dan ketrampilan para mahasiswa UT khususnya sense of business sehingga akan tercipta wirausaha-wirausaha muda potensial;
    2. Menumbuh-kembangkan wirausaha-wirausaha baru yang berpendidikan tinggi;
    3. Menciptakan unit bisnis baru berbasis IPTEKS;
    4. Membangun jejaring pelaku bisnis antara wirausaha pemula dengan para pengusaha yang sudah mapan.

    Kegiatan ini diperuntukkan bagi 68 mahasiswa Non Pendas (yang belum bekerja), minimal duduk di smt 5 (telah lulus 80 sks (S1), Smt 4\60 sks (Diploma III/IV) dan mempunyai minat dan bakat kewirausahaan (pengalaman berwirausaha).

    Bagi mahasiswa (individu maupun kelompok/3 – 5 mahasiswa) yang memenuhi persyaratan akan diberi diklat, pemagangan/pendampingan, dan penyediaan modal kerja maksimum sebesar Rp 8.000.000,- per orang atau 24-40 jt per kelompok.

    Mahasiswa yang berminat dan memenuhi persyaratan sebagai calon peserta PMW dapat menghubungi Koordinator BBLBA di UPBJJ-UT masing-masing dan mengirimkan proposal Perencanaan Bisnis paling lambat 28 Februari 2013 diterima di kantor PR III.

  2. Kegiatan Disporseni
    Tujuan kegiatan Disporseni yaitu untuk: 1) mengembangkan kompetensi mahasiswa di bidang diskusi ilmiah, cabang-cabang olahraga, seni, 2) memotivasi mahasiswa untuk berprestasi secara sehat, dan 3) meningkatkan jaringan kerjasama diantara para mahasiswa. Mengingat ketersebaran mahasiswa UT, dibutuhkan pengaturan kegiatan Disporseni secara bertahap. Kegiatan Disporseni tahun 2013 akan dilaksanakan di UPBJJ-UT Wilayah Tengah (diikuti oleh 15 UPBJJ-UT di Wilayah Tengah: Jawa dan Kalimantan) dengan tuan rumah UPBJJ-UT Semarang. Pelaksanaan Disporseni diharapkan bersamaan dengan rangkaian kegiatan Dies Natalis UT.
  3. Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) tahun 2013 untuk 1.300 mahasiswa. BBM diberikan kepada mahasiswa dengan kategori sbb:

    1. Bagi mahasiswa program S1/Diploma IV, paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VIII.
    2. Bagi mahasiswa program Diploma III, paling rendah duduk pada semester II dan paling tinggi duduk pada semester VI.
    3. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) paling rendah 2,50 yang orang tua/wali-nya tidak mampu membiayai pendidikannya.

Mahasiswa calon penerima beasiswa yang memenuhi persyaratan akan diseleksi berdasarkan skala prioritas dan harus mengajukan permohonan tertulis kepada Rektor Cq. Dekan Fakultas masing-masing paling lambat 15 Maret 2013 (Cap POS), dengan melampirkan berkas sebagai berikut:

  1. Fotokopi Kartu Mahasiswa (KM) dan alamat lengkap dan nomor telepon/HP yang masih valid.
  2. Bukti registrasi dua periode terakhir (misalnya untuk pengajuan pada tahun 2013, bukti registrasi 2012.2 dan 2013.1).
  3. Bukti Pembelian Bahan Ajar melalui TBO (Khusus mahasiswa Program Non Pendas) pada semester yang sedang diikuti (misalnya untuk pengajuan pada tahun 2013, bukti pembelian bahan ajar 2013.1).
  4. Surat Keterangan Tidak Mampu yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa (Wajib ada).
  5. Surat keterangan penghasilan orang tua/wali pemohon yang disahkan oleh yang berwenang (bagi pemohon yang masih dalam tanggungan orang tua).
  6. Surat keterangan penghasilan suami/istri (bagi yang sudah berkeluarga) yang disahkan oleh yang berwenang.
  7. Surat keterangan penghasilan (bagi mahasiswa yang sudah bekerja) yang disahkan oleh yang berwenang.
  8. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain, di atas kertas bermaterai (contoh format terlampir).
  9. Fotokopi Kartu Keluarga (KK).
  10. Surat keterangan berkelakuan baik dari Dekan fakultas (contoh format terlampir).
  11. Fotokopi rekening listrik orang tua atau rumah sendiri (3 bulan terakhir) dan bukti pembayaran PBB satu tahun terakhir.
    Fotokopi rekening bank (dalam negeri) atas nama mahasiswa calon penerima beasiswa yang telah dilegalisasi oleh bank yang bersangkutan dan harus valid sampai pencairan beasiswa (Mahasiswa yang mengirimkan Rekening yang tidak valid/tutup dinyatakan batal sebagai calon penerima beasiswa).

Untuk informasi lebih lanjut tentang program beasiswa BBM di atas, mahasiswa yang memenuhi persyaratan dapat menghubungi PD III fakultas masing-masing sebagai berikut:

  1. 1. PD III FKIP, Telp. 021. 7490941 pesawat 2004
  2. 2. PD III FMIPA, Telp. 021. 7490941 pesawat 1804
  3. 3. PD III FEKON, Telp. 021.7490941 pesawat 2104
  4. 4. PD III FISIP, Telp. 021.7490941 pesawat 1904.

Lampiran

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn