Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa FKIP UT 2012

PENGUMUMAN LOMBA KARYA ILMIAH MAHASISWA
DI LINGKUNGAN FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
UNIVERSITAS TERBUKA TAHUN 2012

Dalam rangka meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam penyusunan karya ilmiah  dan menggali daya saing yang menitikberatkan pada terwujudnya sinergi dalam peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap, FKIP-UT perlu menyelenggarakan kegiatan lomba karya ilmiah. Tujuan kegiatan tersebut agar mahasiswa FKIP-UT memiliki kompetensi kepribadian dan profesi yang handal serta dapat berinovasi dalam kehidupan bermasyarakat.

Tema lomba karya ilmiah tahun ini adalah sebagai berikut:

  1. Inovasi dalam Pembelajaran Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  2. Pembelajaran Karakter dan Berbasis Budaya
  3. Penerapan Model Pembelajaran Siswa Aktif

Lomba ini diperuntukkan bagi semua mahasiswa yang masih aktif dalam studi di Program S1 FKIP-UT. Ketentuan umum dan persyaratan lomba terlampir. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut tentang Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa (LKIM), mahasiswa dapat menghubungi Ketua Program Studi masing-masing yaitu:

  1. Kaprodi Pendidikan Matematika:  Mery N, S.Si, M.Pd  (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.)
  2. Kaprodi Pendidikan Fisika: Dra. Widiasih, M.Pd  (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.)
  3. Kaprodi Pendidikan Biologi: Dra. Mestika S, M.Pd  (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.)
  4. Kaprodi Pendidikan Kimia: Dra. Hartinawati, M.Pd (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.)
  5. Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris: Drs. Sunu DA, M.Pd (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.)
  6. Kaprodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Dra. Esti Pramuki, M.Pd. ( Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.)
  7. Kaprodi PGSD: Dra. Ngadi Marsinah, M.Pd (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.)
  8. Kaprodi Pendidikan Ekonomi: Drs. Suripto, M.Pd (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.)
  9. Kaprodi PPKN: Kusnadi, S.Pd, M.Si (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.)
  10. Kaprodi PGPAUD: Dra. Sri Tatminingsih, M.Pd (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.)

atau ke alamat (Nama kaprodi masing-masing) FKIP-UT  Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang Tangerang Selatan kode pos 15418. Karya ilmiah  diterima paling lambat panitia pada  29 Juni 2012 cap pos.

Lampiran
PENJELASAN UMUM

A. Definisi
Karya Tulis Mahasiswa merupakan tulisan ilmiah hasil dari penelitian atau kajian pustaka dari sumber terpercaya yang berisi solusi kreatif dari permasalahan yang dianalisis secara runtut dan tajam, serta diakhiri dengan kesimpulan yang relevan.

B. Persyaratan Peserta

  1. Peserta adalah rnahasiswa aktif Program Studi S1 di FKIP-UT.
  2. Peserta dapat berkelompok 2-3 orang atau perseorangan.
  3. Anggota peserta kelompok berasal dari program studi yang sama.
  4. Peserta belum pernah mempresentasikan karya tulis yang sama pada kompetisi lain.

C. Proses Seleksi
Seleksi peserta dilaksanakan secara bertahap:

  1. desk evaluation
  2. wawancara bagi yang lolos desk evaluation.

D. Tema dan Topik
Materi tulisan mengacu pada tema yang sudah ada,  sedangkan untuk lebih memunculkan ciri dari program studinya, mahasiswa boleh menyesuaikan pada tema program studi masing-masing sebagai berikut:

  1. Inovasi Pembelajaran Matematika  dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika  (PMAT)
  2. Inovasi Pembelajaran Fisika dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika (PFIS)  
  3. Inovasi Pembelajaran Biologi dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Biologi (PBIO)
  4. Inovasi Pembelajaran Kimia  dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Kimia  (PKIM)
  5. Penerapan Model Pembelajaran Siswa Aktif (PBIN)
  6. Penerapan Model Pembelajaran Siswa Aktif (PBIS)
  7. Penerapan Model Pembelajaran Siswa Aktif (PGSD)
  8. Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah (PEKO)
  9. Pendidikan Karakter di lingkungan Sekolah (PPKn)
  10. Inovasi Dalam Kegiatan Pengembangan di lembaga PAUD Guna Menanamkan Karakter Sejak Dini  (PGPAUD)

E. Sifat dan Isi Tulisan
Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.

1. Kreatif dan Objektif

  1. Tulisan berisi gagasan yang kreatif untuk mensolusikan suatu permasalahan pembelajaran di masyarakat yang merupakan hasil pemikiran secara divergen atau pemikiran yang terbuka.
  2. Tulisan didukung oleh data dan/atau informasi terpercaya.
  3. Bersifat asli (bukan karya jiplakan) dan menjauhi duplikasi.
  4. Logis dan Sistematis
    1. Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut.
    2. Pada dasarnya karya ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, pembahasan kajian pustaka, kesimpulan dan sedapat mungkin memuat saran-saran.

3. Materi Karya Ilmiah
Materi yang ditulis harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni peserta lomba/mahasiswa. Kesempatan ini diberikan kepada mahasiswa yang memiliki ide kreatif dan mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan. Materi karya ilmiah merupakan isu mutakhir atau aktual.

RAMBU-RAMBU PENULISAN KARYA ILMIAH

A. Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan hendaknya berisi rancangan yang teratur sebagai berikut.

1. Bagian Awal
a. Halaman Judul

  1. Judul diketik dengan huruf besar, hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis dan tidak membuka peluang untuk penafsiran ganda.
  2. Nama penulis dan nomor induk mahasiswa, ditulis dengan jelas
  3. Program studi
  4. UPBJJ
  5. Tahun penulisan
  6. Cover menggunakan kertas buffalo dengan warna:

 Biru untuk karya tulis Jurusan PMIPA
 Merah untuk karya tulis Jurusan PBS
 Kuning untuk karya tulis Jurusan PENDAS
 Hijau untuk karya tulis Jurusan PIPS
 
b. Lembar Pengesahan

  1. Lernbar pengesahan memuat judul, nama penulis, nomor induk mahasiswa (NIM) dan nomor HP
  2. Lembar pengesahari ditandatangani oleh Kepala Sekolah
  3. Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.

c. Lembar Pernyataan keaslian karya ilmiah yang ditulis oleh yang bersangkutan (bermaterai Rp 6.000,00)

d. Kata Pengantar dari penulis

e. Daftar Isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.

f. Abstrak maksimal 300 kata

2. Bagian Inti

Bila karya ilmiah ditulis berdasarkan hasil penelitian, maka bagian inti karya ilmiah meliputi:

a. Pendahuluan
Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:

  1. perumusan masalah yang mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis (dilengkapi dengan data atau informasi yang mendukung) dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk dikaji;
  2. tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.

 

b. Kajian Pustaka
Kajian Pustaka berisi

  1. uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji,
  2. uraian mengenai hasil penelitian terdahulu/pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji,

c. Pembahasan

  1. Pembahasan permasalahan didasarkan pada data dan/atau informasi/ telaah pustaka .
  2. Sintesis untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.

d. Simpulan dan saran

  1. Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan menjawab tujuan.
  2. Saran merupakan rekomendasi untuk perbaikan di masa yang akan datang

Bila karya ilmiah ditulis berdasarkan kajian pustaka, maka bagian inti karya ilmiah meliputi:

a. Pendahuluan
Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:

  1. perumusan masalah yang mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis (dilengkapi dengan data atau informasi yang mendukung) dan penjelasan tentang makna penting serta menariknya masalah tersebut untuk dikaji;
  2. tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.

b. Kajian Pustaka
Kajian Pustaka berisi

  1. uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji,
  2. uraian mengenai hasil penelitian terdahulu/pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji,

c. Pembahasan

    1. Pembahasan permasalahan didasarkan pada data dan/atau informasi/ telaah pustaka .
    2. Sintesis untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan yang kreatif.

d. Simpulan dan saran

    1. Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan menjawab tujuan.
    2. Saran merupakan rekomendasi untuk perbaikan di masa yang akan datang

 

3. Bagian Akhir

  1. Daftar Pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan   sumber yang disebutkan.  Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbitan, judul buku, tempat terbit, dan nama penerbit. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat website-nya.
  2. Daftar Riwayat Hidup (biodata atau curriculum vitae) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan   tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih.
  3. Lampiran jika diperlukan, seperti: foto/dukumentasi, data dan informasi lainnya yang mendukung isi tulisan.

 

 

B. Persyaratan Penulisan
1. Petunjuk teknis penulisan dan pengetikan karya tulis sebagai berikut.

  1. Penulisan Huruf: Naskah diketik 1,5 spasi dengan menggunakan jenis dan kuran huruf "Times New Roman 12", kecuali untuk ringkasan diketik satu spasi.
    1. Tata Letak
    2. Batas pengetikan: margin atas dan kiri 4 cm; margin bawah dan kanan 3 cm;
    3. Jarak pengetikan, Bab, Sub-bab dan perinciannya
      1. Jarak pengetikan antara Bab dan Sub-bab 3 spasi, Sub-bab dan kalimat di bawahnya 1,5 spasi.
      2. Judul Bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa digaris-bawahi.
      3. Judul Sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar(huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan..
      4. Judul anak Sub bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 1 (satu) cm yang diberi garis
  2. Naskah, mulai dari Pendahuluan sampai dengan Simpulan dan Saran ditulis minimal 10 halaman dan maksimal 15 halaman. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan tersebut dapat mengurangi penilaian.
  3. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, mengutamakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll., sbb. Khusus bagi mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Inggris menggunakan bahasa Inggris.

PENILAIAN DAN PENGHARGAAN
Penilaian Karya Tulis Mahasiswa dilakukan oleh Tim Juri program studi yang berjumlah tiga orang.
Kriteria penilaian Peserta akan didiskualifikasi apabila menyerahkan naskah melewati batas waktu yang telah ditetapkan oleh panitia.dan atau terbukti bukan hasil karya asli sendiri/kelompok.
Pemenang akan memperoleh sertifikat dan hadiah uang:

Juara Pertama sebesar Rp 5.000.000,00
Juara Kedua sebesar Rp 3.000.000,00
Juara Ketiga sebesar Rp 2.000.000,00

Penilaian Karya Ilmiah Mahasiswa


No.

Kriteria Penilaian

Bobot

1

Format Makalah:
- Tata tulis: ukuran kertas, tipografi, kerapihan ketik, tata letak, jumlah halaman
- Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar

10
(5)
(5)

2

Kreatifitas Gagasan:
- Kreatif, inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat
- Keaslian gagasan
- Kejelasan pengungkapan ide, sistematika pengungkapan ide

15
(5)
(5)
(5)

3

Topik yang dikemukakan:
- Kesesuaian judul dengan tema, topik yang dipilih dan isi karya tulis, Aktualitas topik dan fokus bahasan yang dipilih

5

4

Data dan sumber informasi:
- Kesesuaian informasi dengan acuan yang digunakan
- Keakuratan data dan informasi

10
(5)
(5)

5

Analisis, Sintesis dan Simpulan
- Kemampuanmenganalisis danmensintesis
- Kemampuan menyimpulkan bahasan
- Kemampuan memprediksi dan mentransfer gagasan umuk dapat diadopsi

20
(10)
(5)
(5)

 

TOTAL BOBOT

60

Pedoman Wawancara:

  1. Jelaskan secara ringkas isi karya ilmiah
  2. Pertanyaan materi yang ada dalam karya ilmiah

Selamat Berkarya!

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn