Tutorial Online

Anda belum tahu tentang Tuton? Berikut ini adalah penjelasan tentang tuton yang banyak ditanyakan oleh mahasiswa yang belum mengenal tuton seperti Anda. Semoga berguna!


Tanya (T) :
Apakah yang dimaksud dengan Tutorial Online (Tuton)?

Jawab (J) :
Tuton adalah layanan tutorial berbasis internet atau web based tutorial (WBT), yang ditawarkan oleh UT dan diikuti oleh mahasiswa melalui jaringan internet dan merupakan salah satu dari bentuk tutorial yang diselenggarakan UT.


T: Apa tujuan dari penyelenggaraan Tuton?

J: Tujuan dari penyelenggaraan Tuton adalah:

  1. Mengoptimalkan pemanfaatan jaringan internet untuk memberikan layanan bantuan belajar kepada mahasiswa.
  2. Memungkinkan proses pembelajaran jarak jauh di desain lebih komunikatif dan interaktif Link
  3. Memberi alternatif pilihan bagi mahasiswa yang memiliki akses terhadap jaringan internet untuk memperoleh layanan bantuan belajar secara optimal.

T: Bagaimana cara untuk mengakses Tuton?

J: Mahasiswa harus melakukan aktivasi account pada situs http://student.ut.ac.id. Setelah proses ini dilakukan mahasiswa akan memperoleh account password untuk dapat masuk ke situs Tuton. Sebelum mahasiswa melakukan proses login, dianjurkan bagi para mahasiswa untuk mendownload dan membaca panduan tuton yang telah tersedia pada situs tutorial tersebut. Apabila mahasiswa mempunyai masalah dalam mengakses situs Tuton tersebut, maka mahasiswa dapat berkonsultasi dengan Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. atau Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. .


T: Kapan pelaksanaan Tuton?

J: Tuton dilaksanakan setiap semester selama 8 (delapan) minggu atau kira-kira 2 (dua) bulan sebelum pelaksanaan UAS tiap semester


T: Berapa kontribusi nilai Tuton terhadap nilai akhir?

J: Kontribusi nilai Tuton terhadap nilai akhir sebesar maksimal 30%. Nilai maksimal dapat diperoleh bila mahasiswa menjadi peserta aktif dalam pelaksanaan tuton.


T: Apa yang dimaksud dengan peserta aktif?

J: Peserta aktif adalah peserta yang membaca inisiasi, merespons dengan cara mengajukan pertanyaan atau tanggapan, berdiskusi dan mengerjakan tugas pada inisiasi ke 3, 5, dan 7.


T: Bila ada peserta aktif, berarti ada peserta pasif. Apa yang dimaksud dengan peserta pasif?

J: Peserta pasif adalah peserta yang hanya membaca inisiasi saja, tanpa ikut serta memberikan pertanyaan, tanggapan dan jawaban tugas.


Nah, setelah mengetahui tentang Tuton, jadilah Peserta Aktif..... Selamat Belajar!

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn