Ujian Akhir Semester

ilustrasi-mahasiswa-belajar-buku

Hasil belajar mahasiswa dalam satu semester diukur melalui UAS. Nilai UAS berkontribusi minimal 50% terhadap nilai akhir mata kuliah.

Bentuk soal UAS tertulis dapat berupa tes objektif (pilihan ganda) atau tes uraian (esai). Jawaban ujian untuk tes objektif dikerjakan dalam Lembar Jawaban Ujian (LJU) dan untuk tes uraian dikerjakan dalam Buku Jawaban Ujian (BJU). Untuk mengisi LJU mahasiswa harus menggunakan pensil 2B.

Pada beberapa program studi, UAS juga diberikan dalam bentuk ujian lisan (misalnya mata kuliah Speaking), dan mendengarkan (misal mata kuliah Listening). UAS tertulis dan lisan diselenggarakan secara serentak di tempat ujian yang ditentukan oleh UT (lihat Lampiran 7). Sesuai ketentuan yang berlaku, setiap mahasiswa yang telah melakukan registrasi mata kuliah dan membayar SPP serta memenuhi persyaratan, secara otomatis terdaftar sebagai calon peserta ujian.

Selain ujian tertulis dan lisan, UT juga menawarkan layanan ujian online. Ujian online, yang dikenal dengan nama Sistem Ujian Online (SUO), dimaksudkan untuk:   

  1. Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat mengikuti UAS  di luar jadwal UAS tertulis dan lisan yang telah ditentukan dalam kalende akademik UT;
  2. Memberikan kesempatan untuk mengatasi jam ujian bentrok (salah satu mata kuliah bentrok bisa diikuti melalui SUO).

Beberapa ketentuan pelaksanaan SUO adalah sebagai berikut:

  1. SUO dilaksanakan di kantor UPBJJ-UT sekitar dua minggu setelah ujian tertulis.
  2. Satu hari ujian terdiri dari 3 sesi dan setiap sesi berdurasi 90 menit.
  3. Kapasitas tempat yang disediakan UPBJJ-UT berkisar antara 4-15 mahasiswa setiap sesi ujian.
  4. Hari, tanggal, dan jam ujian ditentukan oleh UPBJJ-UT. Oleh karena itu, calon peserta harus menghubungi UPBJJ-UT untuk mendapat kepastian pelaksanaan SUO.
  5. Daftar mata kuliah yang ditawarkan untuk SUO dapat dilihat di http://student.ut.ac.id.
  6. Untuk dapat mengikuti SUO, mahasiswa harus meregistrasi mata kuliah yang akan diikuti (dengan membayar Rp20.000,-/sks). Kemudian, meregistrasi SUO secara online dengan membayar Rp 40.000,- per mata kuliah.
  7. Setelah melakukan pembayaran, menyerahkan lembar tagihan ke UPBJJ- UT  (datang langsung, melalui pos/fax/email) paling lambat 3 hari setelah melakukan  registrasi online.
  8. Menunggu konfirmasi dari UPBJJ-UT. Proses konfirmasi dianggap valid jika mahasiswa sudah mendapat password yang dikirimkan melalui account UT Online di http://student.ut.ac.id.
  9. Mahasiswa yang berhak mengikuti SUO adalah mahasiswa yang pendaftarannya  sudah mendapatkan konfirmasi dari UPBJJ-UT atau UT Pusat dan telah mempunyai password. Tanpa password, mahasiswa tidak dapat mengikuti SUO.
  10. Untuk dapat mengikuti SUO,mahasiswaharusdatangkekantorUPBJJ- UT pada hari yang telah ditetapkan dengan membawa Kartu Mahasiswa atau KTP/SIM dan print out konfirmasi dari UT. Tanpa bukti identitas dan bukti konfirmasi sebagai peserta SUO, mahasiswa tidak diperkenankan mengikuti SUO.
  11. Syarat dan ketentuan lainnya dapat ditanyakan ke UPBJJ-UT atau dilihat di website UT.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn