Registrasi calon Mahasiswa Baru Program Sarjana telah dibuka. Silahkan datang ke kantor UPBJJ-UT terdekat atau Registrasi Online

UPI UPBJJ-UT Purwokerto di Gedung Soemardjito

upi upbjj ut purwokerto februari 2013 gedung soemardjito

Untuk kesekian kalinya UPBJJ-UT Purwokerto pada hari Selasa sampai dengan Kamis tanggal 26, 27 dan 28 Februari 2013 menyelenggarakan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) di Gedung Soemardjito Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.

Sebelum pelaksanaan UPI sehari sebelumnya yaitu hari Senin 25 Februari 2013 di tempat yang sama dilaksanakan Seminar Mahasiswa dengan tema “Peran Budaya Lokal dalam membentuk Karakter Anak Didik” yang disampaikan oleh Bp. Ir. Wahyu Budi Saptono, M. Si, beliau adalah Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Banyumas.

Acara UPI diawali prosesi diiringi lagu Di Timur Matahari Mulai Bercahaya yang dinyanyikan oleh Paduan Suara pokjar Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas untuk hari pertama, pokjar Kabupaten Banjarnegara untuk hari ke dua, sedangkan Paduan Suara pokjar Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga khusus mahasiswa-mahasiswa Si PAUD untuk hari ke tiga.

Periode 2013.1 mahasiswa yang mengikuti UPI sejumlah 2921 orang yang berasal dari 9 (sembilan) kabupaten yaitu :Kabupaten Banyumas , Cilacap, Purbalingga Kabupaten Banjarnegara,Kebumen, Pemalang, Brebes, Tegal, dan Kabupaten Pekalongan.

Pejabat yang hadir dalam rangka UPI adalah Rektor UT Yang diwakili oleh Pembantu Rektor III Bp. Aminudin Zuhairi, P.hD, Rektor Unsoed yang diwakili oleh Pembantu Rektor I, Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga dan Kebudayaan se wilayah UPBJJ-UT Purwokerto.

Setelah acara Prosesi, kepala UPBJJ-UT Purwokerto memberikan sambutannya, beliau mengucapkan selamat kepada para wisudawan, beliau mengatakan pula bahwa Guru harus memiliki kompetensi profesional dan menguasai ilmu pengetahuan sebagai sumber belajar. Kepada lulusan Program Non Pendas diharapkan dapat meningkatkan karir pada bidang yang menjadi tujuan hidupnya serta ikut meningkatkan pembangunan di Indonesia.

Sedangkan Rektor Universitas Terbuka dalam sambutannya yang disampaikan Pembantu Rektor III, mengucapkan selamat kepada kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya di UT. Dalam sambutanya beliau mengingatkan bahwa Pembangunan Jangka Panjang Nasional bertujuan antara lain mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila. Salah satu upaya untuk merealisasikanya dengan memperkuat jati diri dan karakter bangsa melalui pendidikan. Pendidikan karakter dimaknai sebagai pendidikdn nilai,pendidikan budi pekerti, pendidikan moral atau pendidikan watak, yang bertujuan mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil keputusan, memelihara hal-hal yang baik, dan mewujudkan kebaikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, tugas ini bukan hanya tugas guru Agama atau guru Pendidikan Kewarganegaraa, tetapi merupakan tugas kita bersama. Untuk mewujudkan hal tersebut kan lebih mudah jika diawali dengan contoh dan keteladanan dari guru dan masyarakat.

Diakhir sambutannya beliau mengajak para wisudawan, untuk mau dan mampu mengembangkan, menanamkan, serta memberi contoh dalam membangun karakter, baik di lingkungan tempat kerja maupun di masyarakat. Khusus bagi wisudawan yang berprofesi sebagai guru beliau mengharapkan mampu melaksanakan tugas panggilannya sebagai pendidik dan pelaku perubahan bagi anak-anak bangsa dalam pembangunan karakter.

Informasi kegiatan UPBJJ-UT Purwokerto dapat dilihat di website purwokerto.ut.ac.id

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn