Sertifikat Kualitas ICDE

Pada hari Rabu, 24 November 2010, UT telah menerima kembali Quality Certificate dari International Council for Open and Education (ICDE). Sertifikat tersebut menandakan bahwa UT telah menerapkan sistem penyelenggaraan pendidikan terbuka dan jarak-jauh yang berkualitas dunia. Pada bulan Februari 2016 telah dilakukan review kembali oleh Tim ICDE untuk memastikan penyelenggaraan pendididikan terbuka dan jarak jauh yang dilakukan di Universitas Terbuka.

Sertifikat tersebut juga merupakan pengakuan internasional bahwa UT telah memenuhi standar pelayanan praktik baik pendidikan terbuka dan jarak jauh internasional kepada mahasiswa yang tinggal di seluruh penjuru tanah air.

Pemberian ICDE Quality Certificate ini didahului oleh Quality Review yang dilakukan oleh Tim Ahli ICDE dari Norwegia, yang telah melakukan penilaian dan analisa terhadap UT. Hasil review dan analisis Tim ICDE Quality Review terhadap program-program layanan mahasiswa Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ UT) dilaksanakan menunjukkan kinerja dan tindakan perbaikan yang luar biasa sejak tahun 2005, saat ICDE Quality Review dilakukan untuk pertama kalinya.

Menurut penilaian ICDE, UT beroperasi sebagai suatu sistem PTTJJ yang berfungsi dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan sejumlah praktik baik yang setara dengan standar terbaik PTTJJ di dunia internasional. Dengan semangat perbaikan berkelanjutan, observasi telah dilakukan yang dapat lebih meningkatkan lagi tingkat kualitas yang telah dicapai saat ini.

ICDE menyatakan bahwa UT telah menerapkan sistem PTTJJ berkualitas tinggi melebihi standar penyelenggaraan dan penyediaan layanan PTTJJ kepada mahasiswa. ICDE telah melakukan Quality Review kinerja institusi PTTJJ untuk meningkatkan kepercayaan publik supaya standar kualitas dan penyediaan layanan kepada mahasiswa dalam PTTJJ benar-benar dijaga dan terus ditingkatkan.

Share This Post