Bakti sosial penanaman pohon “Merintis Masa Depan” yang dilaksanakan oleh Universitas Terbuka bekerja sama dengan Yayasan Kanopi Indonesia dan mitranya Yayasan Pribumi Alam Lestari (YPAL). Kegiatan dilakukan di daerah Wisata Curug Dago, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung pada hari Rabu, tanggal 28 Desember 2011.

Bakti sosial ini dihadiri oleh Rektor Universitas Terbuka, Prof. Tian Belawati, M. Ed., Ph. D dan Kepala LPPM UT, Agus Joko Purwanto, Drs., M. Si. , Kepala UPBJJ-UT Bandung, Dina Thaib, Dra., M. Ed. , Staf Edukatif UPBJJ-UT Bandung dan Pejabat terkait di lingkungan Curug Dago, kelurahan Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung serta komunitas masyarakat yang ada di daerah sekitar aliran sungai Cikapundung. Kegiatan ini merupakan kegiatan penanaman terakhir setelah dilakukan serangkainan kegiatan penanaman sebelumnya.

serah-tanaman-rektor-ut-ke-camat-coblong-2011

Dalam acara tersebut Rektor UT secara simbolis menyerahkan bibit pohon yang cocok ditanam di daerah Curug Dago dan di daerah aliran Sungai Cikapundung lainnya kepada Camat Coblong, Anton Sugiana, M.A., M.Si. yang mewakili Pemda dan masyarakat yang ada di daerah aliran Sungai Cikapundung.

Rektor UT, Prof Ir. Tian Belawati M. Ed., Ph. D. dalam sambutannya mengucapkan rasa syukurnya karena pagi-pagi telah mendapatkan kenikmatan udara yang segar dan keindahan Curug Dago, dalam kesempatan itu pula Rektor UT mengucapkan terimakasih kepada YPAL sebagai mitra kerja Kanopi Indonesia yang telah mengimplementasikan program penghijauan UT. Rektor UT mengajak warga masyarakat yang ada disekitar daerah aliran sungai Cikapundung untuk ikut menjaga dan memelihara tanaman yang sudah ditanam serta tidak membuang sampah sembarangan di Sungai Cikapundung. Hal itu bertujuan agar air Cikapundung menjadi bersih kembali dan hutan yang ada disekitarnya menjadi hijau.

lppm-rektor-tanam-pohon-bandung-2011

Camat Coblong yang mewakili Pemda Kota Bandung dan masyarakatnya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Rektor UT dan jajarannya yang telah memberi bantuan bibit pohon. Bantuan ini sangat bermanfaat menurutnya, karena jika pohon-pohon ini hidup dan menjadi besar maka akan membuat Cikapundung menjadi bersih airnya dan hijau hutannya. Karena itu beliau menghimbau kepada komunitas masyarakat yang ada di Daerah aliran sungai Cikapundung untuk ikut memeliharanya.

bansos-tanam-pohon-bandung-2011

Secara keseluruhan bibit tanaman yang disumbangkan berjumlah 8.500 batang pohon, dari jumlah itu 7.500 batang pohon telah ditanam di dua tempat yaitu di Muara Cikapundung 4.000 batang pohon, dan di Cikapundung Dago (Cisitu dan Curug Dago) sebanyak 3.500 batang pohon, sisanya 1000 batang pohon untuk penyulaman. Jenis tanaman yang ditanam ada 16 macam yaitu Aren, Manglid, Ganitri, Durian, Mindi, Sengon, Mahoni, Ki Beusi, Jabon, Manggis, Kepel, Klengkeng, Buni, Loa, Jambu Batu, dan Kayu Manis.

 

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn