vicon-agribisnis-fmipa-nov-2011

Dalam rangka sosialisasi dan koordinasi kegiatan akademik, Program Studi (PS) Agribisnis FMIPA-UT kembali menyelenggarakan video conference (Vicon) dengan staf UPBJJ-UT dan mahasiswa. Vicon kali ini akan diselenggarakan selama tiga hari (2, 3, 4 November 2011) dengan peserta dari UPBJJ-UT yang berbeda-beda. Di UT Pusat, vicon dihadiri oleh Dekan FMIPA-UT, PD III FMIPA-UT, Kaprog Agribisnis dan dosen PS Agribisnis. Vicon dibuka oleh Dekan FMIPA-UT Dr. Nuraini Soleiman, yang menjelaskan bahwa vicon bertujuan untuk mensosialisaikan kegiatan akademik PS Agribisnis, terutama praktikum yang menggunakan modus baru mulai masa registrasi 2012.1. Dekan FMIPA-UT menegaskan bahwa vicon ini merupakan kesempatan yang baik untuk berdiskusi antara mahasiswa, UPBJJ-UT, dan PS Agribisnis, jadi diharapkan semua peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.

peserta-vicon-agribisnis-fmipa-nov-2011

Kegiatan inti vicon diawali dengan penjelasan Kaprog Agribisnis tentang praktikum dengan modus baru untuk mahasiswa PS Agribisnis. Mulai 2012.1, mahasiswa dapat melakukan praktikum secara mandiri atau online. Dengan diberlakukannya modus baru dalam pelaksanaan praktikum, diharapkan mahasiswa tidak mengalami kendala teknis lagi dalam melakukan praktikum, karena panduan praktikum secara mandiri sudah dibuat sejelas mungkin dengan mengedepankan kepentingan mahasiswa tanpa meninggalkan kualitas akademik. Penjelasan berikutnya adalah tentang layanan bantuan belajar berbasis SMS, ditujukan untuk mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam akses internet. Melalui layanan SMS, mahasiswa dapat bertanya atau menanggapai permasalahan dalam proses belajarnya. Penjelasan yang ketiga adalah tentang alih kredit mahasiswa, menegaskan kembali tentang perbedaan alih kredit secara blok dan individual. Terakhir, adalah tentang penanganan kasus nilai yang tidak keluar.

Peserta dari UPBJJ-UT sangat antusias mengikuti vicon dan banyak pertanyaan yang muncul seputar permasalahan yang telah dijelaskan. Pada hari pertama, vicon diikuti oleh 14 UPBJJ-UT, yaitu Pekanbaru, Palembang, Lampung, Jambi, Jakarta, Padang, Batam, Aceh, Pangkalpinang, Bengkulu, Medan, Jakarta, Pekanbaru, dan Serang. Mahasiswa sangat menyambut baik kegiatn vicon, karena mereka dapat berdiskusi secara langsung dengan dosen PS Agribisnis. Topik pertanyaan yang diajukan mahasiswa juga sangat berkualitas dan berguna bagi seluruh mahasiswa PS Agribisnis yang lain. Setelah acara vicon, diharapkan mahasiswa mendapat pencerahan seputar informasi tentang praktikum, layanan SMS, alih kredit, dan kasus nilai. Dengan demikian proses belajar-mengajar di PS Agribisnis dapat berjalan lebih lancar.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn