Wisuda Periode III Tahun 2014 yang akan dilaksanakan pada 7 Oktober 2014 berubah menjadi 14 Oktober 2014

Andriyansah, Dosen FEKON pada UPBJJ-UT Padang

andriyansah"Mengungkap rahasia mie ayam Tanjung Pandan"

Statusnya sebagai dosen, kerap dirangkap menjadi voluntir jika jaringan internet di kantornya rusak. Belakangan, Andriyansah atau biasa dipanggil Andri, dengan senang hati membantu Kepala UPBJJ-UT Padang, Purwaningdyah SW, S.H., MH, ketika komputer yang digunakan oleh pimpinannya mengalami gangguan pascagempa beberapa waktu lalu. Bahkan tak jarang pula, ia menerima pertanyaan pimpinan dan beberapa rekan di UPBJJ-UT Padang mengenai hal sensitif: kapan menikah? Meski tergolong pria tampan nan subur Andri pun tak lantas serta merta main embat gadisĀ¬gadis Padang. "Saya tau diri lah. Badan saya yang segede ini, mana ada yang mau? Jangan-jangan, gadis di Padang udah takut ngebayangin, gimana ngurus makannya ....", ujarnya berseloroh.

Tatkala ditanya seputar menu makanan kesukaannya, Andri mengatakan bahwa makanan idolanya adalah mie ayam. "Sampai sekarang belum ada satu pun mie ayam yang mampu mengalahkan selera lidah saya. Mie ayam yang saya maksud adalah mie ayam yang dijual di tanah kelahiran saya di Tanjung Pandan. Di sana mie ayamnya pakai ati ayam. Hemm ... enak banget, jadi pengin makan di sana nih ...", ujarnya. Oalah ..... Mas Andri, pengin mie ayam aja sampai harus ke Tanjung Pandan. Kalau cuma pakai ati, di dekat Pusjian Pondok Cabe juga ada mie ayam. Malahan si penjualnya ketika melayani pembeli juga pakai hati. Pakai perasaan, lagi ....

Meskipun badannya tumbuh subur, Andri termasuk atlet bulu tangkis andalan di daerahnya. Berbagai kejuaraan pernah diikuti, dan kemenangan pun tak jarang mampir di dirinya. "Saya pemah menang bulutangkis tingkat daerah. Tapi cuma sekali. Lumayanlah, yang penting udah pernah menang ....", katanya.

Dalam kesempatan wawancara dengan ST, Andri mengisahkan proses tes seleksi ketika akan masuk sebagai karyawan UT. Ketika itu, ia mengikuti ujian di UPBJJ-UT Pangkalpinang. Meskipun jaraknya cukup jauh dari tanah mie ayam tadi, Tanjung Pandan, Andri pun tetap semangat berangkat ke Pangkalpinang. Akibatnya, biaya perjalanan pun membengkak. la pun mencatat bahwa saat itu, ia hanya bermodal cekak. Sekali perjalanan biaya yang dibutuhkan sekitar 250 ribu rupiah. Itu pun masih dikalikan tiga, yaitu yang pertama untuk mengantarkan surat lamaran, kedua mengikuti tes tulis, dan terakhir tes wawancara. Ibunda tercinta pun mewanti-wanti, "Udah deh, kalau nggak nembus PNS, nggak usah ikut lagi. Berat di ongkos nih kayaknya ...", imbuhnya menirukan pesan si ibu.

Belum sempat si Andri memikirkan untuk mencari peluang kerja lain, kabar baik pun berembus. la diterima, dan hingga saat ini, angka yang 250 ribu tadi untuk perjalanan pulang balik ke Tanjung Pandan terasa belum apa-apa. "Alhamdulillah, mungkin anjuran Ibu says tadilah yang justru memicu semangat saya untuk lebih banyak menemukan cara mengembalikan ongkos pinjaman dari Ibu dengan cara mengikuti tes secara lebih serius", imbuhnya. Meskipun awalnya terasa berat karena harus berpisah dengan orang tuanya, Andri pun tetap semangat. Dalam benaknya, is harus merantau dan segera mengembalikan pinjaman .... Saat ini is pun masih tinggal sendiri di sebuah tempat kos di sekitar UPBJJ-UT Padang sehingga jam kerjanya pun lebih awal. "Ada keinginan pada diri saya. Saya pengin sekali masyarakat Padang semakin mengenal dan mencintai UT. Jangan hanya menjadikan UT sebagai pelarian. Mudah-mudahan semua punya keinginan sama dengan saya ya ..."' harapnya.

Dalam beberapa kesempatan ST pun berupaya menanyakan ke teman-teman di UPBJJ-UT Padang atau teman seangkatan Andri. Pada umumnya, mereka menilai bahwa Andri muda memang dikenal sebagai karyawan 'entengan'. Begitu juga di kalangan teman-teman UPBJJ-UT Padang. Oleh karena itu, ia pun merasa terbiasa dengan kegiatan administratif, mulai surat menyurat hingga angkat-angkat modul. Jadi Bu Yayuk, Ibu tidak perlu khawatir karena di UPBJJ-UT Padang sudah ada yang siap mengangkat beban yang lebih berat .....

Ditunggu instruksinya ya ....

Dikutib dari Suara Terbuka Edisi Khusus Rakernas Akademik 2010

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn