Pelaksanaan Wisuda UT Periode IV Tahap II tahun 2011

Pelaksanaan Wisuda UT Periode IV Tahap II Tahun 2011 Pada Selasa, 29 November 2011, bertempat Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) diikuti oleh 2000 wisudawan. Berdasarkan SK Rektor UT Nomor 7552/UN31/KEP/2011, pada periode kelulusan 2011.2 , UT meluluskan sebanyak 34.687 wisudawan yang terdiri atas 36 orang dari Program Pascasarjana, 28 orang dari Program S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), 16 orang dari Program S1 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), 33 orang dari Program S1 Fakultas Ekonomi (FEKON), dan 33.251 orang dari Program S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Sedangkan dari program diploma secara berturut-turut adalah sebagai berikut: 6 orang dari Program Studi Perpajakan dan 8 orang dari Program Studi Bahasa Inggris Bidang Minat Penerjemahan Program Diploma III FISIP, 116 orang dari Program Studi Perpustakaan Program Diploma II FISIP, dan 1.193 orang dari Program Studi Pendidikan Olah Raga Untuk Guru Sekolah Dasar Program Diploma II FKIP.

wisuda-p4-t2-nov2011

Wisuda Periode IV Tahap II tahun 2011 diawali dengan prosesi Senat UT yang diiringi lagu Godeamus Igitur dari Paduan Suara Karyawan UT Gita Sutera. Rektor UT, Tian Belawati M.Ed., Ph.D membuka secara resmi upacara wisuda tersebut. SK Rektor tentang pengukuhan lulusan pada wisuda periode IV Tahap II tahun 2011 dibacakan oleh kepala BAAPM, Drs. Achmad Razad. Sedangkan SK Rektor tentang lulusan terbaik dibacakan oleh Pembantu Rektor I.

Dalam acara wisuda tersebut, Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, menyampaikan bahwa pendidikan di setiap jenjang harus diselenggarakan secara sistematik untuk mewujudkan fungsi dan mencapai tujuan pendidikan nasional. Hal ini berkaitan dengan pembentukan watak atau karakter peserta didik sehingga mampu bersaing dengan cerdas, jujur, tangguh dan berinteraksi dengan masyarakat dengan penuh kepedulian. Oleh karena itu Rektor menegaskan bahwa pendidikan karakter perlu dimulai dengan membangkitkan kesadaran bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk dengan beragam sosial dan budaya. Upaya membangun karakter bangsa melalui sektor pendidikan tidak lagi harus bersifat dogmatis, tetapi harus lebih bersifat experiential yang konstruktif.

janji-wisudawan-ut-nov2011

Selanjutnya, Rektor mengajak para wisudawan untuk mau dan mampu mengembangkan, menanamkan, dan mendiseminasikan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai sumber karakter yang dimiliki bangsa Indonesia, baik di lingkungan tempat kerja, dimasyarakat, dan dimanapun para wisudawan berada. Pada akhir sambutannya, Rektor berharap para wisudawan yang mayoritas guru, agar mampu melaksanakan tugas panggilannya sebagai pendidik dan teladan yang berkarakter dan pelaku perubahan bagi anak-anak bangsa. Guru seyogyanya membekali diri dengan sejumlah kompetensi pedagogis, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial, serta kompetensi profesional dalam melaksanakan tanggung jawab sebagai pendidik profesional.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn