Telah dibuka Program Magister Pendidikan Dasar periode 2015.1, klik brosur promosi (PDF)

Disporseni Wilayah Barat Universitas Terbuka 2012

gubernur-lampung-rektor-ut-disporseni-wilayah-barat-september-2012

“Kita Tingkatkan Persatuan Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) dalam Sportivitas”. Demikian tema yang diangkat pada acara Diskusi Ilmiah Pekan Olah raga dan Seni (Disporseni) mahasiswa UT yang berada di wilayah Barat yang diselenggarakan oleh UT. Tuan rumah dari Disporseni wilayah barat ini adalah Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) UT Bandar Lampung. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 6 hingga 9 September 2012.

Acara Disporseni Wilayah Barat dibuka secara resmi oleh Gubernur Provinsi Lampung dan Rektor UT pada Kamis, 6 September 2012. Acara pembukaan dimulai pukul 09.00 WIB diawali dengan arakan penyambutan Gubernur dan Rektor UT dengan prosesi adat Lampung yang disebut ngarak/gamolan Ansambel memasuki Lapangan Saburai Enggal. Acara pembukaaan berlangsung semarak dengan sajian budaya Lampung, Drama Tari Kolosal Gamolan Agung Sai Bumi Ruwa Jurai dan dihadiri pejabat daerah provinsi Lampung, Pembantu Rektor III UT, Pembantu Dekan III FKIP dan FISIP UT, pemangku adat, para kepala UPBJJ-UT peserta Disporseni, Walikota Bandar Lampung, Bupati Way Kanan, Bupati Lampung Timur, serta undangan lainnya.

kesenian-tari-pembukaan-disporseni-ut-wilayah-barat-september-2012

Kepala UPBJJ-UT Bandar Lampung, Drs. Irlan Soelaeman, M.Ed selaku ketua panitia Disporseni Wilayah Barat tahun 2012 dalam laporannya menyampaikan terdapat 11 cabang yang dipertandingkan/dilombakan, yaitu Diskusi Ilmiah: 2 cabang, Olah Raga: 7 cabang, dan Seni: 2 cabang. Disporseni Wilayah Barat ini diikuti oleh 550 atlit dan official dan berasal dari 10 UPBJJ-UT yaitu: Banda Aceh, Medan, Batam, Pekanbaru, Pangkal Pinang, Padang, Palembang, Bengkulu, dan Jambi serta tuan rumah Bandar Lampung.

Dalam sambutannya Rektor UT, Prof Ir. Tian Belawati, M.Ed, Ph.D menyampaikan tujuan Disporseni ini bahwa selain sebagai wahana pengembangan bakat, minat, dan kreativitas mahasiswa UT, kegiatan Disporseni ini juga merupakan wahana untuk meningkatkan pemahaman atas wawasan lintas budaya dan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mengawali sambutan, Rektor UT menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak terkait sehingga acara ini dapat terselenggara. Sejalan dengan Tema Disporseni kali ini “Persatuan Mahasiwa UT dalam Sportivitas”, Rektor juga mengajak kita semua untuk terus meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan serta kerukunan sesama warga bangsa ini. Di akhir sambutan, Rektor menyampaikan bahwa “Janganlah perbedaan yang ada menjadi sebuah perpecahan; pandanglah perbedaan itu sebagai sebuah kemajemukan yang menambah indahnya mozaik kehidupan ini”.

pelepasan-burung-disporseni-ut-wilayah-barat-september-2012

Gubernur Lampung Komjen pol. (Pur.) Drs. Hi. Sjachroedin Z.P., S.H. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada UT yang telah mempercayai Bandar Lampung sebagai tuan rumah pelaksanaan Disporseni Wilayah Barat ini. Gubernur mengatakan bahwa nama baik universitas tergantung pada alumnus-alumnusnya sehingga diharapkan setelah selesai kuliah, lulusan UT dapat memberikan sumbangsihnya dan menjadi lulusan yang selalu berkarya. Gubernur juga berpesan kepada para mahasiswa untuk menjaga persatuan dimulai dari kelompok kecil yaitu wilayah barat ini. Jadikanlah Disporseni Mahasiswa UT ini sebagai ajang pemersatu bangsa dari mulai kelompok-kelompok kecil.

Dalam rangkaian acara pembukaan Disporseni UT Wilayah Barat ini disajikan Drama Tari Kolosal Gamolan Agung Sai Bumi Ruwa Jurai. Melalui sajian ini secara tidak langsung UT juga memperkenalkan tradisi atau kebudayaan leluhur kepada generasi muda sehingga mereka lebih mengenal dan dapat melestarikan kebudayaan nenek moyang kita. Dengan demikian UT telah berpartisipasi dalam melestarikan budaya daerah.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn