Registrasi calon Mahasiswa Baru Program Sarjana telah dibuka. Silahkan datang ke kantor UPBJJ-UT terdekat atau Registrasi Online

Workshop Pengembangan Soal UAS Berbasis Kasus

Pada tahun 2012, PPs-UT melakukan pengembangan soal untuk Program Magister Manajemen (MM) bidang minat Pendidikan, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Pemasaran. Kegiatan dilakukan dari tanggal 12 hingga 14 April 2012 di Wisma II UT. Bahan yang dikembangkan terdiri dari kisi (tes masuk/soal UAS) dan naskah soal (tes masuk berupa soal pilihan ganda dan soal UAS bersifat essay berbasis kasus). Untuk mendapatkan hasil yang berkualitas, PPs merekrut dosen UT dan dosen luar UT (Trisakti, IBI, UPI, dan IPB) sebagai penulis. Pada kegiatan ini, PPs juga mengundang pengampu mata kuliah untuk mendampingi penulis selama penulis melakukan aktivitas penulisan soal.

workshop-pps-bahan-uas-basis-kasus-april-2012

Mengawali kegiatan ini, Direktur PPs-UT menyampaikan bahwa pengembangan soal UAS berbasis kasus ini ditujukan untuk membuat soal UAS PPs menjadi lebih berkualitas, yakni soal yang dapat melatih mahasiswa berfikir analitis, terintegrasi dan komprehensif, soal yang dapat menantang mahasiswa untuk mencapai kompetensi yang lebih tinggi lagi. Kasus dapat berasal dari berita di koran yang merepresentasikan kondisi aktual, laporan hasil observasi atau lainnya. Dengan demikian, diharapkan lulusan yang dihasilkan menjadi lebih berkualitas.

Direktur PPs dalam arahannya mengharapkan uraian kasus yang diberikan sebaiknya dapat dibaca dalam waktu ± 2 menit agar mahasiswa tidak kehilangan banyak waktu hanya untuk membaca soalnya. Pertanyaan yang diajukan dalam soal diharapkan dapat menghubungkan kasus nyata dengan konsep teori yang ada pada modul dengan pertanyaan dibuat dari yang mudah menuju yang sulit.

Pada kegiatan ini, penulis juga diminta untuk membuat pedoman penskorannya dalam bentuk rambu-rambu jawaban disertai dengan bobot penilaiannya. Jika dilihat dari bahan yang ada pada buku materi pokok (modul), ada banyak kompetensi yang harus dicapai dalam tujuan pembelajarannya sehingga tidak mungkin semua kompetensi yang ada pada modul dapat terakomodir. Oleh karenanya, Direktur PPs mengharapkan penulis dapat memilih kompetensi yang paling kritis yang akan diujikan. Untuk mendapatkan gambaran awal tentang produk yang dihasilkan dari para penulis, maka di akhir kegiatan ini, para penulis diminta untuk mempresentasikan 1 naskah soal berbasis kasus yang telah dihasilkannya untuk kemudian mendapatkan masukan dari peserta lainnya.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn