TUJUAN  PEMBELAJARAN
Dalam merancang pembelajaran terpadu, tujuan pembelajaran perlu dirumuskan secara eksplisit. Tujuan pembelajaran terpadu yang dirumuskan sedapat mungkin mempunyai dampak instruksional dan pengiring yang secara langsung dapat terlihat dalam rumusan tujuan tersebut. Pada umumnya, dampak pengiring akan membuahkan perubahan dalam kemampuan berfikir logis, kreatif, prediktif, imajinatif, yang tidak dapat dilihat dalam jangka waktu pembelajaran yang singkat.
Dalam pembelajaran terpadu model terkait, perumusan tujuan yang mempunyai dampak instruksional yang esplisit terlihat, akan mengacu pada fokus pembelajaran yang telah ditentukan. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh di bawah ini:
Berdasarkan telaah kurikulum yang telah dilakukan guru bagi siswa kelas I SD Cawu I, maka ditentukanlah salah satu fokus pembelajaran terpadu model terkait ini, adalah :
"Garis dan Tekstur".
Tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan fokus tersebut, berkaitan dengan matra substansial dan keterampilan. Jika dijabarkan, maka akan mendapat tabel seperti di bawah ini:

PEMBELAJARAN TERPADU  PGSD 2305 | Artikel Tentang Pengertian Pembelajaran Terpadu | Studi Kasus Pelaksanaan Pembelajaran Terpadu di  | Berbagai Model Pembelajaran Terpadu | Lanjutan Penjelasan atas Proses | Contoh Pembelajaran Terpadu dalam mata pelajaran Kesenian di SD | Contoh Rancangan Model Pembelajaran Terpadu Dalam Mata Pelajaran Kesenian Di SD | Lanjutan Contoh Rancangan  | PENUTUP | Umpan Balik

Phone: +62 21 7490941 ext. 1222
Fax: +62 21 7490147