Tahap Penilaian

  1. Penilian tidak hanya dilakukan di akhir kegiatan/produk saja, penilaian sudah dilaksanakan sejak dimulainya kegiatan asesmen portofolio.  Penilaian juga tidak terbatas pada aktivitas anak di sekolah baik di dalam maupun di luar ruangan.kelas, akan tetapi juga masukan dari orang tua baik dalam bentuk lisan maupun catatan mengenai aktivitas anak selama di rumah.
  2. Aspek penilaian didasarkan atas kriteria yang telah disampaikan oleh guru kepada anak-anak. Jadi dalam hal ini anak harus mengetahui aspek apa saja yang mendapat penilaian dalam asesmen. Jika keseluruhan proses dan hasil akan dinilai, maka hal ini harus diketahui oleh anak.
  3. Self-assessment. Anak diminta untuk mengomentari hasil karyanya sendiri. Misal : anak ditanya, sudah baguskah gambar yang kamu warnai; apakah seluruh bidang sudah diwarnai, dst. Dengan cara seperti ini, anak dibimbing untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri.
  4. Hasil penilaian dijadikan tujuan baru bagi proses pembelajaran berikutnya.Penilaian dalam asesmen portofolio pada dasarnya bersifat berkesinambungan. Setiap pertemuan guru dapat memberikan penilaian yang merupakan rangkaian nilai yang saling berhubungan dengan penilaian berikutnya. Misalkan pada pertemuan pertama guru menilai tentang mewarnai gambar. Misalnya dalam penilaian pertama ini ditemukan bahwa hampir semua anak belum dapat mewarnai dengan baik karena msih banyak anak yang mewarnai keluar dari garis bidang gambar, maka pada kegiatan mewarnai berikutnya anak dibimbing untuk mewarnai dengan cara yang lebih baik.

Kembali