Deskripsi

Web site ini akan membahas mengenai hubungan antara anggaran operasional dengan anggaran keuangan, yang meliputi bagaimana melakukan penyusunan anggaran operasional dan anggaran keuangan.

 

Tinjauan Kompetensi Umum

 

 

Dengan mempelajari topik ini, mahasiswa dapat menyusun penganggaran yang berhubungan dengan kegiatan operasional sehari-hari.

 

Saudara mahasiswa, selamat berjumpa dalam Web Suplemen Universitas Terbuka dengan matakuliah Penganggaran. Program Web ini merupakan pengayaan materi yang terdapat dalam Modul 1, 2, 3, 6, 7, dan 8 yang bertujuan untuk membantu saudara memahami tentang penyusunan anggaran operasional dan anggaran keuangan. Oleh karena itu sebelum menyimak program ini, sebaiknya saudara mempelajari terlebih dahulu modul tersebut.

Saudara, seperti kita ketahui bahwa anggaran merupakan hasil penyusunan anggaran, penganggaran adalah proses penyusunan anggaran, sedangkan penganggaran perusahaan adalah proses penyusunan anggaran yang dibuat untuk mencapai tujuan perusahaan dalam memperoleh laba. Menurut bidangnya, anggaran terdiri dari anggaran operasional dan anggaran keuangan. Kedua anggaran ini bila dipadukan disebut anggaran induk master budget. Anggaran induk yang mengkonsolidasikan rencana keseluruhan perusahaan untuk jangka pendek, biasanya disusun atas dasar tahunan. Anggaran tahunan dipecah lagi menjadi anggaran triwulan dan anggaran triwulan dipecah lagi menjadi anggaran bulanan.