TIU DAN TIK

AKUNTANSI MANAJEMEN / EKMA 4314

 

Saudara Mahasiswa, Selamat berjumpa dalam Web Suplemen Matakuliah Akuntansi Manajemen!

 

Mata kuliah Akuntansi Manajemen merupakan mata kuliah lanjutan dari Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Biaya. Mata kuliah ini memiliki bobot 3 SKS, yang artinya anda harus melaksanakan 136 jam proses pembelajaran dalam satu minggu.

 

Matakuliah Akuntansi Manajemen membahas mengenai konsep dan teori akuntansi manajemen serta pengaplikasiannya dalam organisasi atau perusahaan. Akuntansi Manajemen berperan dalam menyediakan informasi akuntansi yang akan digunakan oleh manajemen dalam melakukan perencanaan, dan pengendalian organisasi serta membantu membuat keputusan organisasi. Informasi ini diolah dan disajikan dari satu sumber data yaitu sistem akuntansi perusahaan. Informasi Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan berasal dari sumber data yang sama, namun berbeda dalam pemanfaatannya. Informasi Akuntansi Keuangan dimanfaatkan oleh pihak diluar perusahaan, sementara informasi Akuntansi Manajemen dimanfaatkan oleh pihak di dalam perusahaan. Dalam prakteknya, kedua informasi tersebut saling mendukung satu sama lain, sehingga tidak ada garis tegas untuk memisahkan keduanya.

 

Untuk mempelajari Akuntansi Manajemen, bahan ajar utama mahasiswa Universitas Terbuka adalah modul. Disamping itu, untuk membantu memahami materi-materi yang terdapat di dalam modul,   Universitas Terbuka menyediakan berbagai  bentuk bantuan belajar seperti, audio BMP, CAI, Video, siaran radio, siaran televisi, dan juga Web suplemen. Web Suplemen mata kuliah Akuntansi Manajemen ini, hanya terdiri dari 30% materi yang ada dalam BMP Akuntansi Manajemen. Materi  yang dipilih  untuk dikembangkan dalam Web Suplemen ini adalah :

 

Modul 4 :  Konsep-konsep Biaya dalam Pengambilan Keputusan Jangka Pendek dan

Modul 6 :  Biaya Standard an Analisis Varians

 

Materi yang akan dibahas didalam Web Suplemen ini adalah berupa pengayaan dari materi yang ada, ditambah latihan soal dan cara penyelesaiannya secara rinci dan step by step. Disamping itu, penulis juga melengkapinya dengan latihan mandiri, yang berisi soal-soal dari materi awal sampai akhir.  Harapan penulis adalah agar mahasiswa bisa mengukur tingkat kepahamannya terhadap materi yang telah dipelajarinya. Sangat disarankan agar mahasiswa mengerjakan latihan secara mandiri sampai dengan selesai. Setelah selesai, barulah mahasiswa boleh mencocokkan hasilnya dengan kunci jawaban yang juga telah disediakan.

 

Dengan adanya Web Suplemen ini, diharapkan akan membantu mahasiswa Universitas Terbuka dalam memahami materi yang sedang dipelajari sehingga tujuan instruksional umum dari mata kuliah ini tercapai.