TINGKATAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

 

Pengambilan keputusan dapat diklasifikasi melalui level organisasi, berkaitan dengan strategik, manajemen, knowledge, dan operasional:

 

  1. Pengambilan keputusan strategik; menentukan objektif, resources dan kebijakan organisasi. Masalah utama dalam pengambilan keputusan pada level ini adalah prediksi untuk yang akan datang pada organisasi dan lingkungannya serta menemukan karakteristik organisasi terhadap lingkungannnya. Proses ini biasanya melibatkan kelompok kecil dan manajer level atas yang biasanya berkaitan dengan masalah-masalah yang kompleks dan bersifat non-rutin.

  1. Pengambilan keputusan untuk pengendalian manajemen; concern dengan bagaimana efisiensi dan keefektifan penggunaan sumberdaya (resources) dan seberapa bagus kinerja operasi pada tiap-tiap unit. Pengendalian manajemen memerlukan interaksi yang sangat dekat dengan mereka-mereka yang melakukan tugas organisasi.

  1. Pengambilan keputusan tingkat knowledge; berkaitan dengan evaluasi ide-ide baru untuk produk dan jasa, cara-cara untuk mengkomunikasikan pengetahuan baru, dan cara-cara mendistribusikan informasi ke seluruh organisasi.

  1. Pengambilan keputusan untuk operasional kontrol; menentukan bagaimana membuat tugas-tugas spesifik sebagai upaya pelaksanaan keputusan strategik dari manajemen tingkat menengah. Selain itu pengambilan keputusan pada tingkat ini menentukan unit mana dalam organisasi yang akan mengerjakan tugas-tugas, menetapkan kriteria untuk menyelesaikan dan penggunaan resources serta evaluasi output yang semua itu memerlukan operasional kontrol.

 

 

(Sumber : Husein, M.F. dan Wibowo, A. 2002. Sistem Informasi Manajemen (Edisi Revisi). Jogjakarta: Unit Penerbit dan Percetakan AMP YKPN)