Pendekatan-Pendekatan
dalam
Kepemimpinan(3)



1. Pendekatan Berdasarkan Ciri
Pendekatan ini menekankan pada atribut-atribut pribadi pemimpin. Keberhasilan seorang pemimpin ditentukan oleh kemampuan luar biasa yang dimilikinya.

2 Pendekatan Berdasarkan Perilaku
Pendekatan perilaku memberikan perhatian yang lebih seksama terhadap apa yang sebetulnya dilakukan oleh pemimpin. Penelitian mengenai perilaku difokuskan pada
a.Penelitian mengenai sifat dari pekerjaan pemimpin. Penelitian tersebut untuk menguji bagaimana para pemimpin memanfaatkan waktunya dan mencoba untuk menjelaskan isi dari kegiatan manajerialnya dengan menggunakan konsep peran, fungsi serta tanggung jawab manajerialnya.
b.Penelitian terhadap pekerjaan manajerial untuk membandingkan perilaku pemimpin yang efektif dan tidak efektif.

3. Pendekatan Kekuasaan- Pengaruh
Pendekatan tentang kekuasaan-pengaruh mencoba untuk memperoleh pengertian tentang kepemimpinan dengan mempelajari proses mempengaruhi antara pemimpin dan pengikut. Penelitian tersebut mencoba untuk menjelaskan efektivitas kepemimpinan dalam kaitannya dengan jumlah dan jenis kekuasaan yang dimiliki pemimpin serta cara menggunakannya. Di samping itu, penelitian kekuasaan-pengaruh dimaksudkan untuk melihat pengaruh sebagai akibat adanya kekuasaan yang merupakan sebuah proses timbal balik antara pemimpin dan pengikut.

4. Pendekatan situasional
Pendekatan situasional tentang kepemimpinan menekankan pada pentingnya faktor-faktor kontekstual. Penelitian lebih ditujukan pada:
a.Bagaimana pengaruh aspek-aspek situasional terhadap perilaku pemimpin. Peneliti mencoba untuk menemukan sejauhmana persamaan atau perbedaan pekerjaan pemimpin pada berbagai jenis organisasi dan tingkatan manajemen.
b.Identifikasi aspek-aspek situasi yang "melunakkan" hubungan perilaku pemimpin terhadap efektivitas kepemimpinannya.

Akan tetapi ada beberapa tema penelitian tidak cocok dengan salah satu pendekatan tersebut dan sebaliknya melintasi dua pendekatan atau lebih. Termasuk dalam kekecualian tersebut adalah kepemimpinan partisipatif, karismatik dan kepemimpinan dalam kelompok pengambil keputusan.

HOME                    MENU