Rapat Pengesahan BLU UT

Dalam Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan No. PER-55/PB/2011 tentang Tata Cara Revisi Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) Definitif dan Revisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Badan Layanan Umum (BLU) disebutkan bahwa RBA adalah dokumen perencanaan bisnis dan penganggaran yang berisi program, kegiatan, target kinerja, dan anggaran suatu Satker BLU.

Sedangkan RBA Definitif adalah RBA yang telah disesuaikan dengan RKA-K/L dan Keputusan Presiden mengenai RIncian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang telah disahkan oleh Menteri/Pimpinan Lembaga/Dewan Kawasan. Sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 92/PMK.05/2011tentang Rencana Bisnis Dan Anggaran Serta Pelaksanaan Anggaran Badan Layanan Umum Pasal 14 disebutkan bahwa Rencana Bisnis Anggaran sebelum diajukan kepada Menteri harus ditandatangani oleh Pemimpin BLU dan diketahui oleh Dewan Pengawas.

Berdasarkan dua ketentuan di atas, Universitas Terbuka (UT) menyusun draft RBA. Draf RBA tersebut kemudian dibahas bersama antara Pimpinan UT dengan Dewan Pengawas sebelum disahkan dan dikirimkan kepada Menteri.

Tahun 2015 ini untuk pertama kalinya RBA UT dibahas dan disahkan oleh Pimpinan bersama dengan Dewan Pengawas. Rapat pengesahan berlangsung pada tanggal 16 Januari 2016 bertempat di Wisma II lantai I UT. Hadir dalam Rapat tersebut adalah seluruh anggota Dewan Pengawas UT, Rektor UT, Pembantu Rektor, Dekan dan Dir PPs, Ketua Lembaga, Kepala Biro, dan Tim Penyusun Draft RBA 2015 UT. Ada dua agenda yang dibahas yaitu Pemilihan Ketua Dewan Pengawas dan Pembahasan dan Pengesahan RBA BLU tahun 2015.

Agenda pertama adalah Pemilihan Ketua Dewas. Pemilihan dilakukan oleh anggota Dewas dengan cara musyawarah mufakat. Anggota Dewas sepakat memilih Arief Daryanto, Ph.D. sebagai Ketua Dewas UT Periode 2014-2019.

Agenda kedua adalah Pengesahan RBA UT 2015. Setelah mendengarkan presentasi Rektor dan diskusi tentang RBA UT 2015, Dewan Pengawas UT memberikan persetujuan terhadap dokumen RBA UT 2015 untuk disampaikan kepada Menteri. Dengan demikian RBA UT telah disetujui untuk menjadi RBA Definitif Tahun 2015.

Share This Post