Pelayanan mahasiswa diberikan dalam bentuk layanan informasi, bantuan belajar, bimbingan akademik, administrasi akademik, keluhan pelanggan, dan perpustakaan. Layanan ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa mengatasi masalah akademik dan administrasi akademik yang dihadapi selama belajar di UT.

  1. LAYANAN INFORMASI

    Layanan informasi dapat diperoleh melalui berbagai modus:

    1. situs UT, dengan alamat http://www.ut.ac.id/;
    2. newsletter, dengan cara mendaftarkan alamat email mahasiswa melalui menu newsletter;
    3. interactive voice recorder (IVR) pada nomor telepon (021) 7490941;
    4. surat edaran kepada mahasiswa;
    5. papan pengumuman di UPBJJ-UT;
    6. leaflet atau brosur tentang UT; dan
    7. majalah Komunika.

     

  2. LAYANAN BANTUAN BELAJAR

    Layanan bantuan belajar meliputi penyediaan bahan ajar suplemen dan tutorial. Bahan ajar suplemen adalah bahan ajar tambahan yang bertujuan antara lain untuk memperjelas materi dari modul yang sulit dipahami, memperbaiki materi yang telah kadaluwarsa dari bahan ajar cetak yang belum direvisi dan memperkaya sumber bacaan. Bahan ajar suplemen dapat diakses melalui http://www.ut.ac.id/ menu UT OER. Pembahasan tentang tutorial dapat di lihat pada BAB IV Tutorial.

  3. LAYANAN BIMBINGAN AKADEMIK

    Layanan bimbingan akademik antara lain meliputi layanan konsultasi mengenai strategi belajar, cara belajar, pemilihan program studi, pemilihan mata kuliah, dan konsultasi tentang TAP. Mahasiswa yang membutuhkan bimbingan akademik dapat menghubungi fakultas terkait atau staf akademik di UPBJJ-UT melalui surat, telepon, e-mail, atau datang langsung. Selain itu mahasiswa dapat meminta bantuan pada Forum Komunitas UT Online yang dapat diakses melalui alamat http://www.ut.ac.id/ pada menu Tutorial Online.

  4. LAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK
    1. Perubahan Data Pribadi

      Akurasi data pribadi mahasiswa sangat penting karena akan digunakan untuk data peserta ujian, penulisan ijazah/sertifikat, dan keperluan pengiriman informasi atau dokumen.

      Mahasiswa dapat mengajukan perubahan data pribadi karena adanya perubahan data (misalnya alamat, nama, tempat, dan tanggal lahir). Perubahan atau perbaikan data pribadi mahasiswa harus dilaporkan ke UPBJJ-UT dengan tembusan ke BAAPM, menggunakan Formulir Perubahan Data Pribadi. Perubahan atau perbaikan data pribadi mahasiswa menyangkut nama dan tanggal lahir harus disertai dengan fotokopi surat bukti yang bersifat legal seperti akta kelahiran, ijazah, kartu pegawai, keputusan pengadilan, dan lain-lain.

    2. Penggantian Kartu Mahasiswa

      Bila kartu mahasiswa hilang atau rusak, mahasiswa harus melaporkan dan meminta penggantinya ke Subbag Pelma – BAAPM UT Pusat dengan cara berikut.

      1. Menghubungi UPBJJ untuk mendapatkan lembar tagihan pembayaran cetak duplikat kartu mahasiswa.
      2. Membayar biaya penggantian kartu mahasiswa dengan menggunakan lembar tagihan pembayaran cetak duplikat kartu mahasiswa melalui Bank BTN/BRI/Mandiri;
      3. Mengirimkan lembar tagihan pembayaran cetak duplikat kartu mahasiswa yang sudah divalidasi Bank (asli) dan pasfoto ukuran 2 × 3 sebanyak 1 lembar ke Subbag Pelma BAAPM UT Pusat.

       

    3. Penyelesaian Kasus Nilai

      Mahasiswa dapat menyampaikan keluhan atau pengaduan mengenai nilai ujian secara tertulis ditujukan kepada Kepala UPBJJ-UT dengan menggunakan Formulir Pengaduan Kasus Nilai Ujian. Mahasiswa juga dapat menyampaikan kasus nilai melalui telepon, melalui menu Layanan Informasi pada http://www.ut.ac.id/. Pengaduan kasus nilai harus dilampiri dengan LIP Registrasi yang sudah divalidasi Bank.

  5. LAYANAN KELUHAN PELANGGAN

    Keluhan pelanggan dapat disampaikan melalui:

    1. situs UT dengan alamat http://www.ut.ac.id/, pada menu "Layanan Informasi";
    2. UPBJJ-UT setempat; atau
    3. surat yang ditujukan ke unit terkait dengan alamat Jalan Cabe Raya, Pondok Cabe, Pamulang, Tangerang Selatan 15418.

     

  6. LAYANAN PERPUSTAKAAN

    Untuk dapat memberikan layanan bantuan belajar kepada mahasiswa, Perpustakaan UT telah melakukan kerja sama dengan Forum Kegiatan Perpustakaan Perguruan Tinggi (FKP2T), Mahasiswa UT dapat memanfaatkan koleksi Perpustakaan Perguruan Tinggi anggota forum dengan cara memiliki Kartu Sakti yang dapat diperoleh dengan cara mendaftar di perguruan tinggi terdekat anggota forum dengan syarat:

    1. menyerahkan fotokopi kartu mahasiswa;
    2. pasfoto ukuran 2 × 3 (1 lembar);
    3. biaya administrasi pendaftaran Rp7.500,00.

    Keuntungan yang didapat dari pemegang Kartu Sakti ini adalah terbebas dari biaya kunjungan ke perpustakaan anggota jaringan dan dapat menggunakan fasilitas perpustakaan yang ada (baca di tempat dan fotokopi). Kartu ini berlaku selama 1 semester.

    Adapun Perpustakaan Perguruan Tinggi yang tergabung dalam FKP2T adalah:

    1. Perpustakaan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
    2. Perpustakaan Universitas Jember.
    3. Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta.
    4. Perpustakaan Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
    5. Perpustakaan Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta.
    6. Perpustakaan Institut Seni Indonesia Surakarta.
    7. Perpustakaan Universitas Diponegoro, Semarang.
    8. Perpustakaan Universitas Negeri Semarang.
    9. Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.
    10. Perpustakaan Universitas Brawijaya, Malang.
    11. Perpustakaan Universitas Negeri Malang.
    12. Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya.
    13. Perpustakaan Universitas Airlangga, Surabaya.
    14. Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.
    15. Perpustakaan Universitas Negeri Jakarta.
    16. Pusat Layanan Pustaka Universitas Terbuka, Jakarta.
    17. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
    18. Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Jember.
    19. Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Malang.
    20. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya.
    21. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga,Yogyakarta.
    22. Perpustakaan Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang.
    23. Perpustakaan Universitas Lampung.
    24. Perpustakaan Universitas Udayana.
    25. Perpustakaan Universitas Mataram.
    26. Perpustakaan Politeknik Negeri Singaraja.

     

    UT juga menyediakan layanan pustaka melalui web site UT pada submenu "Perpustakaan Digital". Layanan pustaka yang tersedia antara lain: BMP, Koleksi Digital, Journal, Koleksi Tercetak, dll.

    Mahasiswa UT dapat memanfaatkan koleksi perpustakaan daerah (Badan Perpustakaan Daerah) yang ada di setiap provinsi dengan menjadi anggota.

    Selain itu, apabila mahasiswa memerlukan referensi ilmiah Indonesia, Perpustakaan Universitas Terbuka telah mendapat akses dalam portal "GARUDA" (Garda Rujukan Digital) yaitu portal yang merupakan titik akses terhadap karya ilmiah yang dihasilkan oleh akademisi dan peneliti. Laman Garuda adalah http://garuda.kemdiknas.go.id.

    Berikut e-journal yang dilanggan oleh Puslata UT:

    1. EBSCO
    2. Gale Cengage Learning
    informasi lebih lanjut tentang e-journal tersebut silahkan buka http://pustaka.ut.ac.id

     

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TechnoratiSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn