rapat pengesahan rba blu ut 2015

Dalam Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan No. PER-55/PB/2011 tentang Tata Cara Revisi Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) Definitif dan Revisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran Badan Layanan Umum (BLU) disebutkan bahwa RBA adalah dokumen perencanaan bisnis dan penganggaran yang berisi program, kegiatan, target kinerja, dan anggaran suatu Satker BLU.

Jadwal kegiatan wisuda untuk calon wisudawan yang diundang wisuda di UT Pusat.

No. Periode Tanggal
1. I 31 Maret 2015
2. II Wilayah 1 05 Mei 2015
3. II Wilayah 2 26 Mei 2015
4. III 06 Oktober 2015
5. IV Wilayah 1 17 November 2015
6. IV Wilayah 2 01 Desember 2015

Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah, silahkan hubungi UPBJJ-UT tempat anda Registrasi untuk informasi lebih lengkap. Informasi tentang jadwal kegiatan UT lainnya dapat dilihat di Kalender Akademik.

Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi yang menerapkan sistem belajar jarak jauh. Berbagai layanan bantuan belajar disediakan UT untuk mahasiswanya, agar mereka dapat belajar tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Berbagai jenis layanan bantuan belajar meliputi tutorial tatap muka, tutorial on line, tutorial televisi, tutorial radio, penyediaan Latihan Mandiri, web based supplemen, dan berbagai portal pembelajaran.

Tentang layanan bantuan belajar tutorial on line (tuton), menyesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tantangan global, serta dengan pengadaan sarana dan prasarana belajar yang makin beragam dan memadai, UT perlu mengembangkan dan menyediakan layanan bantuan belajar berbasis internet. Hal ini dianggap penting, karena UT ingin memberikan layanan bantuan belajar yang dapat mencapai seluruh lapisan masyarakat dan daerah secara cepat dan relatif murah. Secara khusus, tuton diselenggarakan untuk (a) mengoptimalkan pemanfaatan jaringan internet dalam memberikan layanan bantuan belajar kepada mahasiswa, (b) memungkinkan proses pembelajaran jarak jauh didesain lebih komunikatif dan interaktif, serta (c) memberi alternatif pilihan bagi mahasiswa yang memiliki akses terhadap jaringan internet untuk memperoleh layanan bantuan belajar secara optimal.

Mahasiswa dapat memanfaatkan layanan tuton UT melalui alamat http://elearning.ut.ac.id layanan tuton suatu mata kuliah yang dipilih mahasiswa dapat diakses apabila yang bersangkutan telah melakukan registrasi untuk mata kuliah tersebut, serta memang disediakan tuton untuk mata kuliah yang dipilih. Satu hal dasar yang harus diketahui oleh mahasiswa apabila ingin mendapatkan layanan tuton adalah yang bersangkutan harus memiliki alamat e-mail (memiliki username dan password). Kegiatan tuton dilaksanakan 2 minggu setelah penutupan masa registrasi. Selama tuton berlangsung, mahasiswa dapat mengikuti sistem pembelajaran melalui 8 materi inisiasi dan mengerjakan 3 tugas, selain itu mahasiswa dapat melakukan diskusi (tanya jawab) dengan tutor maupun dengan sesama mahasiswa. Tuton yang diikuti mahasiswa akan memberikan kontribusi nilai disamping nilai Ujian Akhir Semester terhadap nilai akhir mata kuliah.

Jadwal kegiatan wisuda untuk calon wisudawan yang diundang wisuda di UT Pusat.

No. Periode Tanggal
1. I 15 April 2014
2. II Tahap I 06 Mei 2014
3. II Tahap II 3 Juni 2014
4. III 07 Oktober 2014
5. IV tahap I 11 November 2014
6. IV tahap II 02 Desember 2014

Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah, silahkan hubungi UPBJJ-UT tempat anda Registrasi untuk informasi lebih lengkap. Informasi tentang jadwal kegiatan UT lainnya dapat dilihat di Kalender Akademik.

(Kristanti Ambar Puspitasari)

Halo Saudara mahasiswa,

Banyak mahasiswa yang mengeluhkan tidak dapat berkonsentrasi pada saat mempelajari modul atau tidak memahami materinya meskipun sudah dibaca berulang-ulang. Ada yang merasa tidak ada gunanya belajar karena selalu lupa pada apa yang telah dibaca, sehingga merasa lebih baik belajar pada saat menjelang ujian atau “cramming before the exam.” Apakah Anda juga mengalami hal ini? Tentunya kita akan merasa membuang-buang waktu bukan, padahal sudah berusaha menyediakan waktu untuk belajar meskipun dalam keadaan lelah setelah seharian bekerja atau terburu-buru karena sudah harus mengerjakan tugas rumah di pagi hari sebelum berangkat kerja.

Satu hal yang pasti, bahwa tanpa belajar dan mengerjakan latihan kita tidak akan mungkin menguasai materi mata kuliah yang kita tempuh. Bayangkan diri Anda sedang belajar berenang, tentunya Anda perlu latihan berenang minimal setiap minggu sekali atau dua kali selama satu atau dua jam bukan? Tanpa latihan yang rutin, Anda tidak akan mahir berenang. Untuk mahir bermain gitar atau piano kita juga harus rajin berlatih selama beberapa jam seminggu agar cepat biasa. Dengan rajin berlatih, otak kita terbiasa untuk mengenali gerakan-gerakan berenang yang benar atau mengenali nada-nada yang tepat sehingga secara otomatis kita dapat berenang dengan gerakan yang benar atau memainkan alat musik dengan tingkat kesalahan yang semakin minimal. Begitupun dengan mempelajari materi mata kuliah. Kita harus rajin memabaca materi modul dan berlatih menyelesaikan soal-soal. Untuk itu, mau tidak mau kita harus MENYEDIAKAN WAKTU untuk belajar.

Nah, kita akan mempelajari tips-tips agar kita dapat memanfaatkan waktu belajar secara lebih baik. Berikut yang perlu kita lakukan.

  1. Tentukan waktu belajar rutin. Seperti halnya kebiasaan kita yang lain, belajar tidak akan terlalu kita rasakan sebagai beban bila sudah menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan, ditunjang dengan suasana belajar yang nyaman. Anda pasti tahu waktu yang paling nyaman bagi Anda untuk belajar, apakah pagi, siang, sore, atau malam hari. Pastikan waktu tersebut waktu yang paling memungkinkan bagi Anda untuk belajar, artinya tidak akan bertabrakan dengan waktu Anda mengerjakan tugas kantor atau tugas rumah tangga. Bila kita tidak menentukan waktu belajar, selalu ada alasan buat kita menghindar dari kewajiban belajar atau menemukan alasan (excuse) untuk tidak belajar karena hal atau tugas lain yang harus dikerjakan. Bila kita mempunyai jam belajar yang rutin, kita akan lebih mudah mengatur kegiatan kita agar tidak bertabrakan dengan jadwal belajar yang sudah kita tentukan sendiri.
  2. Belajar di tempat yang tenang dan sedapat mungkin bebas dari gangguan. Misalnya, jangan belajar di ruang keluarga, tetapi mungkin di ruang tamu yang lebih sepi bila Anda lebih sering belajar di rumah. Singkirkan atau matikan telepon genggam Anda. Minta keluarga Anda untuk menjawab telepon yang berdering dan menyampaikan pesan bahwa Anda sedang belajar (bila yang menelepon bukan boss Anda).
  3. Jadwalkan target belajar yang pendek, yang dapat diselesaikan dalam waktu 45 menit atau maksimal 1 - 2 jam. Misalnya:
    • 15-20 menit untuk membaca materi matakuliah A modul 3 KB 1 secara sepintas untuk mempelajari garis besar isi materinya sambil menggaris bawahi atau men-stabillo definisi atau konsep atau rumus yang dirasa penting.
    • 15-20 menit selanjutnya digunakan untuk mencatat ulang definisi atau konsep tersebut di buku Anda, sedapat mungkin dengan kalimat Anda sendiri bila Anda tahu mata kuliah ini akan diujikan dalam bentuk uraian. Untuk mata kuliah statistik atau akutansi, misalnya, usahakan memahami cara mengerjakan soal dan menyalinnya di buku Anda.
    • 15-20 menit untuk mengerjakan latihan dan tes formatif.
    • Ulangi membaca materi KB1 bila Anda mengalami kesulitan dalam mengerjakan tes formatif.
    • Lanjutkan ke KB berikutnya.

    Cara di atas hanya contoh. Biasanya poin 1 dan 2 dapat dilakukan sekaligus untuk topik yang pendek. Untuk topik yang panjang dan sulit dimengerti, kita dapat kehilangan arah bila tidak memahami garis besar isi materi yang akan kita pelajari terlebih dahulu. Bila Anda mempunyai waktu yang lebih banyak untuk belajar, Anda dapat mempelajari topik atau mata kuliah lainnya.
  4. Ambil istirahat pendek di antara waktu belajar. Bila Anda bukan orang yang mudah berkonsentrasi, Anda Anda dapat mengambil break, misalnya setiap 30 atau 45 menit. Break atau istirahat selama 2-3 menit dapat mengembalikan kebugaran Anda, misalnya dengan melakukan stretching, membuat teh/kopi, pergi ke kamar mandi, atau mengintip keluarga Anda yang sedang bercengkrama atau tidur.
  5. Tentukan target belajar yang spesifik. Bukan lamanya belajar yang menentukan keberhasilan belajar Anda, tetapi bagaimana cara Anda belajar. Ada banyak strategi belajar. Salah satunya adalah menentukan target belajar yang SPESIFIK. Misalnya, jangan hanya menentukan “hari ini saya akan belajar Pengantar Statistik Sosial Modul 3”, tetapi tentukan bahwa “hari ini saya akan belajar tentang UKURAN PEMUSATAN selama 45 menit dan UKURAN PENYEBARAN selama 45 menit. Menentukan target belajar yang spesifik akan menyiapkan mental kita untuk mempelajari materi tersebut. Dengan adanya target belajar kita akan termotivasi untuk mempelajarinya. Sebagai contoh, bila kita belajar memanah di sebuah papan tanpa adanya gambar “bull’s eye,” tentunya arah panahan kita tidak akan terfokus, di sebelah mana kita akan mengarahkan panah. Tetapi dengan adanya gambar lingkaran-lingkaran tersebut, secara otomatis kita akan berusaha untuk membidik ke arah tengah.

Contoh lainnya, bila kita sedang berlatih bermain gitar, tentunya kita harus memilih satu lagu yang spesifik berulang-ulang agar dapat memainkan nada-nada yang tepat. Latihan kita akan kurang terarah bila kita mencoba-coba memainkan beberapa lagu sekaligus yang dirasa lebih mudah dimainkan. Contoh lain, bila kita memutuskan untuk menonton film bersama teman, tentunya dari rumah kita sudah memikirkan judul film apa atau paling tidak jenis film apa yang akan kita tonton. Bila tidak, akan banyak waktu terbuang untuk memutuskan film apa yang akan kita tonton.

Penentuan waktu belajar (misalnya 45 menit) di sini hanya patokan. Bila dirasa kurang waktu atau berlebih, dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu. Yang penting, Anda telah berhasil mempelajari materi tersebut.

Nah, silahkan dicoba. Semoga berhasil.

(Diadaptasi dari Motivation and Learning Strategies for College Success: A Self-Management Approach, oleh Myron H. Dembo, Mahwah, NJ: Lawrence Erlbaum Associates, 2004).

=== SELAMAT BELAJAR ===