Peran Serta Dosen UT dalam Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

Peran Serta Dosen UT dalam Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen UT, khususnya di bidang bantuan sosial bagi upaya pemberdayaan masyarakat, pada tahun 2013 merencanakan 20 program.

Jumlah tersebut dilakukan oleh seluruh dosen pada empat fakultas, yaitu FKIP, FMIPA, FISIP, dan FEKON. FKIP sebagai unit yang memiliki jumlah dosen lebih banyak daripada tiga fakultas lainnya memperoleh 8 program, sedangkan tiga fakultas lainnya masing-masing memperoleh 4 program.

Seluruh program yang direncanakan, sudah masuk pada tahap verifikasi dan monitoring. Beberapa lokasi yang menjadi tujuan program ini meliputi wilayah Depok, Tangerang, Kabupaten Bogor, dan Kota Tangerang Selatan. Tekad yang dimiliki oleh dosen UT sebagai pendamping program ini adalah meningkatkan tiga bidang kemanusiaan yang masih membutuhkan perhatian. Ketiga bidang itu adalah kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

Para komunitas atau mitra program pemberdayaan, dipilih dan diseleksi secara ketat terutama dari sisi marjinalitasnya. Hal ini menjadi rujukan utama bagi dosen agar kegiatan pemberdayaan masyarakat dapat tepat sasaran dan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. Sebagai ilustrasi, program pemberdayaan di wilayah Depok antara lain bertujuan meningkatkan kompetensi finansial masyarakat dengan mendirikan toko sembako di wilayah Kampung Ciherang, Depok. Di wilayah yang sama, dosen UT juga menjadi pendamping pada program pemberdayaan masyarakat budidaya peternakan ikan lele dan usaha pembuatan sangkar burung.

Untuk wilayah Kabupaten Bogor, program pemberdayaan masyarakat ditujukan bagi masyarakat dalam kegiatan pengembangan sumber daya manusia melalui bidang peternakan ayam pedaging, pengadaan air bersih, budidaya peternakan kambing, peningkatan kualitas pakan dan susu sapi perah, budidaya jamur, kelompok usaha terpadu, kelompok peternakan ayam pedaging, kelompok pengrajin bambu, serta perbaikan tanggul air dan pembesaran ikan gurame. Di wilayah Kota Tangerang Selatan, dosen UT menjadi pendamping pada kegiatan pemberdayaan anak putus sekolah dan anak sekolah serta ibu-ibu rumah tangga melalui perintisan program kewirausahaan dan pemanfaatan pekarangan, diversifikasi program dengan alternatif pengemasan produk perikanan, serta pemberdayaan komunitas nelayan melalui pelatihan pemilihan alternatif bisnis dan pengelolaan keuangan (pembukuan).

Seluruh program yang direncanakan akan disertai dengan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana dan pelaksanaan kegiatan. Secara umum, pelaksanaan kegiatan ini melibatkan dosen UT secara aktif dalam penyusunan proposal, need-assesment, verifikasi, monitoring dan evaluasi, penyampaian materi penyuluhan, penyusunan laporan, serta persiapan pelaksanaan pelatihan. Secara khusus, kegiatan pemberdayaan masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan life-skills masyarakat yang dapat diukur oleh indikator pemahaman masyarakat melalui keterampilan praktis dan atau teoretis. Selain itu, tercipta juga keterampilan masyarakat dalam bentuk atau produk fisik, baik berupa media tertentu maupun hasil produksi usaha.(ppm)

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn