Rakerda UPBJJ-UT Medan, Desember 2011

Di penghujung tahun 2011 ini UPBJJ UT Medan Mengadakan Rapat Kerja Daerah (RAKERDA) yang ke-dua kalinya. Acara tahunan yang dilaksanakan pada hari Selasa sampai dengan hari Kamis yaitu pada tanggal, 27-29 Desember 2011 ini menyongsong tema “Meningkatkan Kualitas Layanan UPBJJ Medan menuju Universitas Terbuka Sebagai PTJJ Berkualitas”, dihadiri oleh Kepada Dinas Pendidikan Pemprovsu yang di wakili oleh Sekretaris Pendidikan Pemprovsu, jajaran Binsos Pemprovsu, 59 orang Kepala Dinas Pendidikan Kab/Ko Se-Sumatera Utara, 37 pokjar program pendidikan dasar.

 

rakerda-upbjj-ut-medan-des2011

Sebelum acara dimulai para peserta undangan disuguhkan dengan tarian persembahan khas Kabupaten Karo dan kemudian dibuka secara resmi oleh Kepala UPBJJ-UT Medan Dr.Asnah Said,M.Pd yang sekaligus memberikan pengarahan umum. Dalam pidato pengarahannya Kepala UPBJJ UT Medan memaparkan secara garis besar program-program strategis serta inovasi berbasis IT yang telah dilakukan oleh UT sebagai bentuk kemudahan pelayanan terhadap mahasiswa. Kepala UPBJJ Medan juga menjelaskan tentang manajemen UPBJJ, mulai dari alur kegiatan akademis mahasiswa sampai dengan isu-isu strategis yang harus disikapi dan dicarikan solusinya oleh seluruh pemangku kepentingan serta dalam meningkatkan jumlah mahasiswa non pendas Universitas Terbuka, Pada sesi kedua Drs.Sihar Pandapotan,M.Si (Koordinator Reg & Pengujian) pada sesi ini beliau menjelaskan Sistem Registrasi dengan menggunakan Billing Sistem dan aturan-aturan dalam pelaksanaan UAS yang mana ada beberapa hal yang menjadi kesepakatan baru antara lain:

  1. Pengurus Pokjar mengirim Form Registrasi Pertama ke UPBJJ UT Medan sebelum tutup registrasi
  2. Pengurus pokjar dalam rekrutmen mahasiswa Pendas/Non Pendas kiranya disesuaikan dengan fasilitras/ sarana-prasarana yang tersedia di daerah.
  3. LTR wajib di copy oleh mahasiswa/pengelola dan di kirimkan ke UPBJJ UT Medan secara kolektif.
  4. Pengurus pokjar segera mengkomfirmasi UPBJJ UT Medan (PJW) jika ada perbedaan antara matakuliah yang di registrasi dengan LTR.

Pada sesi ketiga dilanjutkan oleh Dra.Sondang Purnamasari Pakpahan,MA (Koordinator BBLBA) pada sesi ini Dra.Sondang P Pakpahan,MA menjelaskan sistem bantuan belajar (TTM) dan pendistribusian bahan ajar (BA), beberapa hal baru yang menjadi kesepakatan dalam perbaikan kedepan antara lain:

  1. Pendistribusin BA dari Pokjar ke Mahasiswa paling lambat satu minggu sebelum pertemuan TTM pertama.
  2. Tanda terima BA dari kantor Pos dan Format tanda terima BA oleh mahasiswa DS06-RK06 segera dikembalikan (kirim) ke UPBJJ UT Medan.
  3. Kelebihan BA segera di laporkan ke UPBJJ UT Medan pertengahan januari 2012.
  4. Pengurus pokjar mendata jumlah mahasiswa sesuai dengan agama pada semester 5 (lima) PGSD dan semeser 3 (tiga) PG PAUD.
  5. Pengurus pokjar wajib hadiir dan menandatangani daftar hadir TTM dan catatan TTM.
  6. Pengurus pokjar memotivasi mahasiswa untuk membaca BA dan ikut TTM serta mengerjakan tugas khususnya matakuliah yang ber-praktek.

Pada sesi terakhir di isi oleh Dra.Farida Hanum,M.Pd selaku Kasubag Tata Usaha (TU) menjelaskan sistem Organisasi UPBJJ UT Medan dan beberapa perubahan pada tahun 2012 dalam tata kelola organisasi dan Informasi tentang kebijakan, ketentuan UT akan dikirimkan ke Dinas Pendidikan, Bupati/Walikota se-Sumut. Beliau juga menjelaskan dengan Sosialisasi dan Promosi modal awal dalam peningkatan jumlah mahasiswa khususnya Non Pendas, yang dilanjutkan dengan sosialisai program sertifikat administrasi pemerintahan desa (PSAPD) oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPBJJ-UT Medan. Pada sesi tersebut diharapkan kepada seluruh pengurus Pokjar dapat berkomitmen kepada peningkatan jumlah mahasiswa program Non Pendas secara signifikan.

Produk akhir dari RAKERDA ini adalah Komitmen tertulis dari Pengurus Pokjar tentang penambahan jumlah mahasiswa secara umum dan mahasiswa program non pendas non FKIP secara khusus, serta kewajiban para pengurus pokjar yang harus memilki alamat e-mail dengan tujuan mempermudah dan mempercepat penyampaian informasi baik dari UPBJJ maupun dari UT Pusat secara berkelanjutan. Semoga RAKERDA ini dapat terus menjadi media bagi UPBJJ – UT Medan dan Pengurus Pokjar se-Provinsi Sumatera Utara dalam mensinergikan implementasi kebijakan yang terus berkembang. (S/R/S)

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn