Program Penyediaan Air Bersih di Kendari

Pada tahun 2011, terdapat 9 (sembilan UPBJJ) yang usulan kegiatan pengabdian masyarakatnya disetujui untuk dibiayai. Kegiatan-kegiatan yang diusulkan umumnya adalah kegiatan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan dilaksanakan oleh dosen-dosen UPBJJ setempat. Salah satu UPBJJ yang melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut adalah UPBJJ UT Kendari.

Dosen-dosen Universitas Terbuka yang bertugas di UPBJJ UT Kendari melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa penyediaan air bersih bagi penduduk di Kalurahan Abeli Dalam Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari. Dalam melaksanakan kegiatan tersebut UPBJJ UT Kendari bekerjasama dengan LSM setempat, Masyarakat, dan Aparat Kelurahan Abeli Dalam.

pipa-air-abdimas-kendari-des2011Tujuan kegiatan atau target keluaran adalah (1) Tersedianya air bersih yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat; (2) Penyediaan sarana-sarana yang terkait dengan kesinambungan tersedianya air bersih, dan (3) Meningkatnya pengetahuan masyarakat kesadaran masyarakat tentang kesehatan air bersih dan bagaimana memelihara sarana air bersih tersebut.

Kegiatan abdimas tersebut berlangsung selama 12 hari efektif. Jadwal kerja (gotong royong) disesuaikan dengan jadwal masyarakat setempat yang juga harus bekerja serta diselingi oleh kegiatan warga dimana saat itu ada warga yang menikahkan putranya. Beberapa pekerjaan dilakukan selama sehari penuh, tetapi beberapa pekerjaan lainnya dikerjakan setengah hari. Pekerjaan yang dirasakan rumit adalah pemasangan pipa yang menghubungkan bak penampungan dengan sumber mata air sepanjang lebih kurang 350 meter. Hambatan dalam pemasangan pipa tersebut adalah daerah yang berbukit bukit dan harus melalui rawa yang ditumbuhi pohon sagu. Debit air terpasang adalah 2 liter perdetik.

peserta-abdimas-kendari-des2011Saat ini sarana penampungan air sudah terpenuhi dan penyalurannya sudah baik. Namun masih ada pekerjaan yang harus dikerjakan yaitu menimbun pipa supaya terjaga dari kerusakan seperti bilamana terinjak oleh binatang (sapi). Dengan berhasilnya penyaluran air bersih ini, warga di RW 4 (kurang lebih 200 KK) dan sekitarnya merasa senang walaupun mereka masih mengharapkan bahwa bak-bak penampungan perlu ditambah lagi. Hasil kegiatan ini sudah diserahkan oleh Kepala UPBJJ Kendari kepada Lurah Abeli Dalam dan masyarakat setempat. Semoga kegiatan Abdimas UT bisa mendorong masyarakat menjadi lebih sehat, sejahtera dan produktif.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn