Pelaksanaan Wisuda UT Periode II Tahap I Tahun 2013

Pelaksanaan Wisuda UT Periode II Tahap I Tahun 2013

Pada hari Selasa, tanggal 7 Mei 2013, Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan Wisuda Periode II Tahap I yang diadakan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Wisuda periode ini diikuti oleh 1633 orang dari 28.293 orang lulusan yang telah diyudisium berdasarkan SK Rektor Nomor 1169/UN31/KEP/2013 tanggal 13 Maret 2013 yang terdiri dari 15 orang lulusan Program Pascasarjana, 119 orang lulusan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), 4 orang lulusan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), 27 orang lulusan Fakultas Ekonomi (FEKON), serta 28.128 orang lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Acara Wisuda diawali prosesi Senat UT yang diiringi lagu Godeamus Igitur dari Paduan Suara Karyawan UT Gita Sutera. Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati M.Ed., Ph.D membuka secara resmi upacara wisuda tersebut. SK Rektor tentang Pengukuhan Lulusan pada Wisuda Periode II Tahap I Tahun 2013 dibacakan oleh Kepala Biro Administrasi Akademik, Perencanaan dan Monitoring (BAAPM), Drs. Achmad Razad, sedangkan SK Rektor tentang Lulusan Terbaik dibacakan oleh Pembantu Rektor I.

Dalam sambutannya, Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D mengajak melakukan refleksi kolektif terhadap perjalanan sejarah pendidikan. Kita telah menyaksikan bersama, betapa pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membangun peradaban manusia. Di Indonesia, kebebasan memperoleh pendidikan dijamin oleh UUD1945. Pasal 31 ayat 1 UUD 45 menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan. Oleh karena itu, Pemerintah dan masyarakat perlu bersinergi untuk menyediakan pendidikan yang dapat dijangkau oleh semua dan yang berkualitas. Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memungkinkan penyediaan pendidikan yang murah, berkualitas, dan menjangkau semua kalangan.

Pada akhir sambutannya, Rektor menegaskan bahwa ke depan UT akan terus meningkatkan layanan pendidikan dengan mengedepankan penggunaan teknologi secara tepat guna dengan tujuan agar secara terus-menerus dapat menyediakan layanan pendidikan yang terjangkau dan sekaligus lebih berkualitas.

Wisuda kali ini juga diisi Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Etty Puji Lestari, Dosen Fakultas Ekonomi (FEKON) UT. Dalam orasinya yang berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendekatan Pendidikan, Ekonomi, dan Lingkungan” disampaikan bahwa unsur dasar dalam proses pemberdayaan masyarakat adalah partisipasi dan mobilisasi sosial.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn