Pelaksanaan Wisuda UT Periode I Tahun 2013

wisuda periode 1 2013 utcc toga salaman

Pada Selasa, 2 April 2013, Universitas Terbuka (UT) menyelenggarakan Wisuda Periode I yang diadakan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Wisuda periode ini diikuti oleh 1058 wisudawan dari jumlah lulusan sebanyak 10.480 orang. Pada periode kelulusan 2012.2, dari 10.480 lulusan, 94 orang dari Program Pascasarjana, 881 orang dari Program S1 Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), 46 orang dari Program S1 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), 553 orang dari Program S1 Fakultas Ekonomi (FEKON), dan 3.061 orang dari Program S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Sedangkan dari program diploma secara berturut-turut adalah sebagai berikut: 40 orang dari Program Diploma IV FISIP, 63 orang dari Program Diploma III FISIP, dan 5.742 orang dari Program Diploma II FISIP.

Wisuda Periode I Tahun 2013 diawali dengan prosesi Senat UT yang diiringi lagu Godeamus Igitur dari Paduan Suara Karyawan UT Gita Sutera. Rektor UT, Tian Belawati M.Ed., Ph.D membuka secara resmi upacara wisuda tersebut. SK Rektor tentang pengukuhan lulusan pada wisuda periode I tahun 2013 dibacakan oleh kepala BAAPM, Drs. Achmad Razad. Sedangkan SK Rektor tentang lulusan terbaik dibacakan oleh Pembantu Rektor I.

Dalam acara wisuda tersebut, Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa UT sebagai institusi pendidikan yang sebagian besar mahasiswanya adalah guru, merasa ikut bertanggung jawab untuk membangun karakter bangsa yang berdasar nilai-nilai luhur sejarah perjuangan bangsa. Dalam kesempatan acara wisuda ini, Rektor juga mengajak dan berharap penuh kepada para wisudawan yang mengemban tugas sebagai guru untuk mampu membekali nilai-nilai luhur bangsa Indonesia kepada siswa-siswa yang dibimbing dan juga kepada masyarakat di lingkungannya. kepada wisudawan dari program-program lain yang tidak berprofesi sebagai guru juga berkewajiban melakukan hal yang sama karena Indonesia saat ini memerlukan pendidikan dan pembangunan karakter untuk menjadikan setiap warga Indonesia memiliki pribadi unggul, kuat, dan tahan uji.

Pada akhir sambutannya, Rektor mengajak para wisudawan UT untuk bersyukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa atas perkenan-Nya sehingga kita bersama dapat merasakan kebahagiaan pada hari ini.

wisuda periode 1 2013 utcc orasi ilmiah

Wisuda kali ini juga diisi dengan Orasi Ilmiah yang disampaikan oleh Dr. Effendi Wahyono, M.Hum, Kepala Pusat Layanan Pustaka UT. Dalam orasinya yang berjudul “Aktualisasi Nilai-nilai Sejarah Kebangkitan Nasional” beliau menyampaikan bahwa sebagai insan terdidik kita juga memiliki tanggung jawab untuk selalu mengaktualisasi nilai-nilai perjuangan yang dijadikan landasan untuk mencapai tujuan. Nilai-nilai tersebut dapat ditransfer melalui pendidikan, penyuluhan, sosialisasi dan semacamnya.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn