Audit Eksternal Oleh PT SGS di Kantor Pusat UT

audit eksternal oleh pt sgs di kantor pusat universitas terbuka

UT kembali menjalani proses audit eksternal pada tanggal 7-8 Januari 2013. Kali ini audit dilakukan oleh PT SGS di UT Pusat untuk CCMR (Corporate Function and Central Control for Management Representative), yaitu audit eksternal untuk unit-unit di UT Pusat yang mendukung layanan belajar jarak jauh (di UPBJJ-UT) dan untuk Wakil serta Top Manajemen.

Audit eksternal ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan antara temuan yang terjadi di UPBJJ-UT dengan UT Pusat. Adapun unit yang diaudit adalah Sekretariat LPBAUSI, Pusat Layanan Bahan Ajar (Puslaba), Pusat Komputer (Puskom), Pusat Pengujian (Pusjian), Bagian Registrasi dan Pelma (Pelayanan Mahasiswa) BAAPM. Pembantu Rektor III bertindak sebagai auditi yang mewakili Top Manajemen UT dan Kepala Pusat Jaminan Kualitas (Pusmintas) sebagai Wakil Manajemen. Pembukaan audit eksternal dilakukan oleh Ibu Ir. Nadia Sri Damayanti, M.Ed, M.Si (Pembantu Rektor II) dan dihadiri oleh jajaran pimpinan di lingkungan Universitas Terbuka, antara lain Bapak Aminudin Zuhairi, Ph.D (Pembantu Rektor III), Ketua LPBAUSI, Kepala BAAPM, Kepala Pusmintas serta Kepala Unit Terkait. Adapun Auditor dari PT. SGS adalah Bapak Tomie Gautama dan Bapak Ghesang Haeradireja.

Dari hasil audit eksternal yang dilakukan selama 2 hari tersebut, semua unit auditi dinyatakan masih menjalankan sistem manajemen kualitas secara konsiten dan unit yang dinyatakan paling konsisten dalam menjalankan sistem manajemen kualitas adalah Puslaba. Untuk mempertahankan konsistensi implementasi ISO 9001:2008 UT terus berupaya untuk mengembangkan inovasi-inovasi yang menunjang pelaksanaan kegiatan secara berkesinambungan. Bukti nyata dari inovasi tersebut adalah penerapan billing system pada cara pembayaran SPP dan digital printing pada pencetakan soal ujian per mahasiswa untuk meningkatkan akurasi dan kualitas layanan kepada mahasiswa.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn