Upacara Bendera Peringatan Sumpah Pemuda ke-84

upacara Sumpah pemuda 29102012

Universitas Terbuka (UT) melaksanakan upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-84, pada 29 Oktober 2012 pukul 07.30WIB di pelataran parkir samping gedung UTCC. Pembina upacara pada peringatan Sumpah Pemuda ini adalah Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati M.Ed., Ph.D. Bertindak sebagai petugas upacara adalah para pegawai Fakultas Ekonomi (FEKON).

Sambutan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (MENPORA RI), Bapak Andi Malarangeng dibacakan oleh Pembina Upacara. Beliau menyampaikan Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini jangan dijadikan hanya sebagai rutinitas, sehingga dapat kehilangan makna. Tema peringatan kali ini adalah  “Dengan Sumpah Pemuda, Kita Mantapkan Kemandirian, Kreativitas dan Kebangsaan Menuju Komunitas ASEAN 2015”, yang membawa pesan bahwa kita semua,dan pemuda khususnya, perlu memantapkan tekad untuk terus menerus mempertahankan kemandirian dan kreativitas sembari membangun identitas kebangsaan yang lebih kokoh dan bermartabat.

Tekad tersebut telah dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga bangsa Indonesia dengan pasti telah menapak jalan sejarahnya sesuai dengan nilai-nilai Sumpah Pemuda, Pancasila, dan UUD 1945. Hal yang pasti adalah bahwa semangat dan jiwa Sumpah Pemuda harus menjadi inspirasi untuk membangun kesadaran kolektif bangsa guna meningkatkan kualitas dan daya saing pemuda dengan tetap menjaga eksistensi pemuda dalam percaturan global. Pemuda dalam kehidupan global akan tetap menjadi eksis apabila menunjukkan sebuah kapasitas kemandirian dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dan kreatif dalam berbagai kegiatannya

Selanjutnya Rektor UT memberikan sambutan, dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tidak ada yang lebih penting daripada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pendidikan merupakan kunci sukses dari pengembangan SDM, oleh karena itu kita harus bersyukur bahwa kita diberi kesempatan untuk memberikan kontribusi walau sedikit melalui jalur pendidikan di Universitas Terbuka. Rektor juga mengajak para pegawai UT untuk terus meningkatkan kinerja agar kontribusi itu betul-betul dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia. Melalui UT kita bisa membangun negara ini menjadi negara besar. Dalam sambutannya Rektor menginformasikan bahwa UT ikut serta pada konferensi AAOU ke-26 di Jepang yang berlangsung mulai tanggal 16-19 Oktober 2012 di Chiba, Japan. Rektor UT meraih penghargaan Meritorious Service Award yang diberikan secara langsung oleh Presiden AAOU, Professor Dato' Ho Sinn Chye. Meritorious Service Award adalah penghargaan yang diberikan kepada seorang tokoh atas kontribusi dan dedikasi dalam bidang:

  • Penelitian pendidikan terbuka dan jarak jauh
  • Pengembangan teknik layanan bantuanuntuk mahasiswa pendidikan terbuka dan jarak jauh
  • Pengembangan teknik pembelajaran pendidikan terbuka dan jarak jauh
  • Pengembangan institusi pendidikan terbuka dan jarak jauh

Suatu kebanggaan bagi UT di dunia Internasional mendapatkan penghargaan ini untuk yang ketiga kali karena sebelumnya pada tahun 2004 Prof. Setijadi, dan pada tahun 2010 Prof. Atwi Suparman, adalah para mantan Rektor UT yang pernah mendapatkan AAOU Meritorious Service Award ini.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn