UPBJJ-UT Denpasar menyerahkan Mesin Pengolah Sampah dan Beasiswa

abdimas-pengolah-sampah-sosialisasi-upbjj-ut-denpasar-oktober-2012

Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Denpasar menggelar sosialiasi dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (Abdimas) di Wantilan Pura Jagatnata, Jembrana Jumat 12 Oktober 2012.

Dalam kegiatan abdimas itu, UPBJJ-UT Denpasar menyerahkan bantuan mesin pengolahan sampah kepada kelompok “Alam Lestari”, Kelurahan Pendem, Jembrana. Bantuan diserahkan langsung oleh Kepala UPBJJ-UT Denpasar, Dra Hendrin Hariati Sawitri, M,Si.

Kegiatan ini selain dihadiri Sekda Jembrana I Gede Gunadnya, Ny Ari Sugianti Artha (istri Bupati Jembrana), Ny Ani Setiawarini Hartawan (Istri Wabup Jembrana), juga dihadiri Penasehat IGTKI PGRI Propinsi Bali, Ny. Bintang Puspayoga (Istri Wakil Gubernur Bali) beserta Ketua IGTKI PGRI Propinsi Bali, Dra Tjok Istri Mas Minggu Wathini M.Pd. Dalam sambutannya, Kepala UPBJJ-UT mengatakan UT ikut serta meningkatkan kualitas guru melalui pendidikan profesi guru. Selain Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UPBJJ-UT Denpasar juga terdapat Fakultas Ekonomi, MIPA, FISIP dan Pascasarjana. Sedangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tridharma perguruan tinggi melalui peran serta dosen dalam rangka meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan masyarakat. Mulai tahun 2012 program abdimas berorientasi pada peningkatan indeks pembangunan manusia secara nyata melalui pemberdayaan pendidikan, kesehatan dan ekonomi yang dikoordinir oleh PPM-LPPM UT. Sebelumnya pada bulan April 2012, telah dilakukan studi kelayakan ke lokasi kegiatan kelompok Alam Lestari, Pendem. Hingga kelompok ini mendapatkan pembinaan, bimbingan dan bantuan dari Abdimas UPBJJ-UT Denpasar guna meningkatkan partisipasi dan ketrampilan masyarakat dalam pengolahan sampah organik serta meningkatkan hasil produksi pupuk organik. Selain penyerahan bantuan mesin pengolahan sampah, juga diserahkan beasiswa secara simbolik kepada enam mahasiswa pokjar Jembrana oleh Kepala UPBJJ-UT Denpasar, Ibu Dra Hendrin Hariati Sawitri, MSi dan Sekda Jembrana Gede Gunadnya.

Sekda Jembrana, Gede Gunadnya mewakili Bupati Jembrana I Putu Artha dalam sambutannya mengapresiasi upaya UPBJJ-UT Denpasar dengan memberikan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi asal Jembrana. Semoga upaya ini memberikan motivasi guna meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik. Dalam kegiatan itu juga dilakukan penyerahan bantuan kursi roda dan buku paket belajar bagi sejumlah siswa TK dan SD di Jembrana. Bantuan diserahkan langsung oleh Penasehat IGTKI Propinsi Bali, Ny Bintang Puspayoga dan Ketua IGTKI Dra Tjok Istri Mas Minggu Wathini, M.Pd.

Dalam sambutannya, Ny Bintang Puspayoga selaku Penasehat IGTKI Propinsi Bali, menyambut baik apa yang telah dilakukan UPBJJ-UT Denpasar ini. Terutama dalam membantu guru-guru TK dan SD dalam meningkatkan kualitas untuk sertifikasi guru. Istri Wakil Gubernur Bali, AA Puspayoga itu juga memberikan apresiasi positif bantuan yang diberikan untuk kelompok di Pendem. Pihaknya berharap kelompok ini bisa menjadi insipirasi bagi masyarakat Jembrana dalam menjaga lingkungan.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn