Pelatihan Akreditasi Tutor UT, UPBJJ Bogor 2012

pelatihan akreditasi tutor ut upbjj bogor 2012

Pada Jumat Tanggal 8 September 2012 sampai dengan Hari Sabtu Tanggal 10 September 2012 di Hotel Amarsya Cisarua Kabupaten Bogor, UPBJJ-UT Bogor melaksanakan kegiatan pelatihan tutor untuk Program Akreditasi Tutor Universitas Terbuka [PAT-UT]. Pelatihan PAT-UT ini diikuti oleh 53 orang tutor dari berbagi kalangan seperti dosen [UNJ, UIN, UNPAK], pustakawan, guru-guru, para pengawas sekolah, dan praktisi.

Dalam sambutannya, sebelum membuka secara resmi kegiatan pelatihan PAT-UT ini, Kepala UPBJJ-UT berpesan kepada para tutor bahwa pelatihan ini wajib bagi mereka terutama bagi tuto-tutor baru dan calaon tutor. Kepala UPBJJ-UT menegaskan bahwa Pelatihan ini sangat diperlukan bagi tutor UT karena pelatihan ini tidak sekedar melatih mereka tetapi akan berujung kepada penilaian; apakah tutor yang dinilai itu kompeten atau tidak untuk dapat menjadi tutor UT. Selain itu, Kepala UPBJJ-UT Bogor juga berharap bahwa Pelatihan PAT-UT ini menghasilkan produk yaitu berupa RAT-SAT untuk masing-masing MK ampuan para tutor sehingga dengan RAT dan SAT serta komponen tutorial tatao muka yang memenuhi standar baku atau standar minimal, kegiatan tutorial tatap muka dapat berjalan dengan baik setidaknya memenuhi standard minimal tutorial.

Dalam tiga hari pelatihan itu para tutor dilatih mengembangkan RAT/SAT sesuai standard UT, mengembangkan dan menuliskan catatan pertemuan, mengembangkan soal uraian serta pedoman penskorannya. Selain, berbagi pengalaman praktik baik dari tutor lama kepada tutor yang baru dan calon tutor, para peserta juga dilatih praktik tutorial di dalam kelas [micro-tutorial] dan diskusi mengenai berbagai kasus tutorial serta penyelesaiannya dan atau antisipasinya. Harapannya, dengan pemberian materi melalui tutorial yang baik dan benar mahasiswa dapat terbantu dalam memahami materi modul sehingga mereka dapat menguasai materi modul dengan baik dan lulus ujian dengan nilai baik.

Kegiatan yang dikomandani oleh Koordiantor BBLBA ini diikuti para peserta dengan antusias. Pada akhir kegiatan para peserta juga dilatih mengenai cara mereview ata mengkaji mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan tutorial baik yang berkaitan dengan pengembangan RAT/SAT, Latihan Tutorial, pengembangan soal uraian, dan pengembangan pedoman penskoran, serta bagaimana berkomunikasi dan berdiskusi secara baik mengenai materi modul dengan para mahasiswanya.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn