Upacara Peringatan HUT RI ke-67

upacara-hari-kemerdekaan-republik-indonesia-17-agustus-2012-utcc-pondok-cabe

MERDEKA! Semangat proklamasi dan Semangat kemerdekaan terasa di Universitas Terbuka Pondok Cabe. Seluruh pimpinan dan karyawan juga bergegas menuju pelataran parkir gedung UTCC untuk mengikuti Upacara bendera peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-67, pada Jumat 17 Agustus 2012. Upacara yang dilaksanakan pukul 07.00WIB berlangsung semangat dan khidmat walau masih dalam suasana para umat muslim menjalankan ibadah puasa. Selaku pembina upacara yaitu Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati. M.Ed., Ph.D dan untuk pertama kali dikomandani oleh seorang wanita. Tema upacara kali ini “Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Bekerja Keras Untuk Kemajuan Bersama, Kita Tingkatkan Pemerataan Hasil-hasil Pembangunan untuk Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

komandan-upacara-wanita-peringatan-kemerdekaan-indonesia-ke-67-utcc-pondok-cabe

Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Bapak Mohammad Nuh yang dibacakan oleh Rektor UT antara lain berisi : Peringatan hari ulang tahun kemerdekaan tahun 2012 ini memiliki kesamaan suasana kebatinan sebagaimana pada saat proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945,yakni sama-sama berada pada bulan Ramadan. Saat itu kemerdekaan diproklamasikan pada tanggal 9 Ramadan 1364 H. Mendikbud menyampaikan satu hal yang sangat mendesak untuk kita tanamkan dan kita perkuat melalui dunia pendidikan dan kebudayaan kita, terutama melalui penguatan kultur (budaya) sekolah dan kampus untuk membangun karakter kita, yaitu:(1) memperkuat tradisi akademik melalui penguatan budaya nalar dan kejujuran;(2) menamkan nilai patriotisme dan nasionalisme;(3) menumbuhkan sikap cinta damai, toleransi, saling menghargai, dan menghormati;(4) menanamkan nilai-nilai demokrasi; dan (5) membudayakan kepatuhan terhadap pranata hukum. Mengakhiri sambutan Mendikbud menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh keluarga besar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atas segala pengabdianya. Mudah-mudahan Allah Swt, Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan taufik dan hidayah-Nya kepada kita semua untuk mewujudkan cita-cita proklamasi kita.

Rektor menambahkan bahwa UT memang didirikan untuk meminimalkan kendala masyarakat untuk mengenyam pendidikan tinggi. UT dalam tiga tahun terakhir sudah lebih dikenal dikalangan anak muda lulusan SMA. Dalam tiga tahun terakhir ini angka partisipasi mahasiswa golongan muda meningkat 30%, ini membuktikan bahwa UT sekarang lebih dikenal di berbagai kalangan dan tetap konsisten dalam memberikan pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia. Rektor juga menegaskan agar rekan-rekan UT bekerja dengan jujur dari hati bukan karena adanya hukuman atau reward dari kinerja namun kesadaran untuk melaksanakan pekerjaan yang jujur dari hati sehingga terhindar dari korupsi. Rektor juga menyampaikan mohon maaf lahir batin dalam rangka menyambut hari raya idul fitri.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn