UPI UPBJJ-UT Jember Berbarengan dengan Jember Fashion Carnaval

wisudawan-upi-upbjj-jember-juli2012

Jember, Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT ) Jember pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 7-8 Juli 2012 menyelenggarakan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) terhadap 1018 lulusan/wisudawan. UPI dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan seminar akademik dan penyerahan ijazah. Acara yang digelar di New Sari Utama Convention Hall tersebut dilaksanakan mulai pagi sampai siang hari berlangsung khidmat dan tertib. UPI UPBJJ-UT Jember kali ini bersamaan waktunya dengan kegiatan Bulan Berkunjung Jember (BBJ) yang memiliki acara puncak yakni JEMBER FASHION CARNAVAL (JFC) yang bertaraf internasional. Momen inilah yang dijadikan pula oleh UPBJJ-UT Jember sebagai pengenalan kepada warga masyarakat luas terhadap Universitas Terbuka.

terbaik-wisudawan-upbjj-ut-jember-upi-2012

Kegiatan yang dilaksanakan oleh UPBJJ-UT Jember tersebut dalam rangka memfasilitasi mahasiswa yang tidak bisa mengikuti acara wisuda di Jakarta. UPI tahun 2012 ini diikuti oleh lulusan dari seluruh wilayah kabupaten yakni Kabupaten Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo, dan Lumajang.

Pada hari pertama, Sabtu tanggal 7 Juli 2012 atau sehari sebelum pelaksanaan UPI, diselenggarakan kegiatan seminar akademik dengan tema “Peran Pendidikan dalam Meningkatkan Semangat Nasionalisme”. Mengawali kegiatan seminar dilakukan acara “Temu Wicara”. Temu wicara dipandu oleh Bapak I Putu Sukmantara, Dr., M.Pd ( staf pengajar Universitas Jember/tutor UPBJJ-UT JEMBER) mulai pukul 07.30-09.30 WIB. Kegiatan dibuka oleh Kepala UPBJJ-UT Jember, (Dr. Hj. Suparti M.Pd.) dengan presentasi tentang perkembangan UT saat ini serta kebijakan yang diterapkan oleh UT (dulu dan sekarang). Selain untuk mengakrabkan antara pimpinan UT dengan para lulusan, temu wicara bertujuan pula untuk memberikan bekal dan wawasan kepada para lulusan sebelum dilepaskan ke masyarakat. Para lulusan adalah warga civitas akademika, oleh karena itu, kata Suparti, lulusan UT harus selalu mengembangkan diri, jujur, dan tangguh termasuk pula dalam mengabarkan UT kepada masyarakat. Bagi warga masyarakat baik yang baru lulus dari SLTA/sederajat maupun yang sudah bekerja tetap dapat mengikuti pendidikan di perguruan tinggi tanpa terbatas ruang dan waktu. Terdapat perguruan tinggi negeri yang tetap memberikan fasilitas belajar yakni system terbuka dan jarak jauh.

Dalam paparannya, Suparti, juga meminta agar seluruh alumni tetap menjaga nama baik almamater, “Jangan sampai ada omongan buruk tentang UT”. Khidmatnya lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh seluruh hadirin yang dibarengi oleh mahasiswa kelompok belajar (Pokjar) Mangli yang tergabung dalam “Mangli Voices” menambah khidmatnya suasana, meski Hymne UT jarang sekali mereka nyanyikan namun pelan-pelan para peserta berusaha mengikuti dengan baik.

manglli-voice-upbjj-ut-jember-upi-juli2012

Kegiatan diteruskan dengan seminar akademik dengan mengundang nara sumber dari pemerintah Kabupaten Jember yang diwakili oleh Bapak Drs. Achmad Yasin (dari SKPD Dispendik Jember) dan dari akademisi yakni Bapak Roymond H.S M.Kep (Universitas Jember). Seminar dibuka oleh Rektor UT yang diwakili oleh Dekan FMIPA UT, Dr. Nuraeni Soelaiman. Tahap demi tahap dilakukan dengan sungguh-sungguh oleh segenap panitia dan peserta. Hal tersebut ditunjang pula oleh paparan yang disajikan dengan jelas dan menarik. Pembawaan yang khas Bapak Roymond mampu menggunggah kepenatan para peserta yang berasal dari jauh tersebut. Kegiatan hari pertama ditutup dengan acara gladi bersih selepas makan siang di New Sari Utama CH. Acara gladi bersih ini diharapkan dapat mempelancar kegiatan esok harinya yakni penyerahan ijazah secara resmi kepada yang berhak menerimanya.

Di tengah gegap gempita kemeriahan Jember Fashion Carnafal (JFC) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Jember, tidak kalah pula gegap gempitanya pada perayaan UPI yang diselenggarakan oleh UPBJJ-UT Jember. UPI dirangkai dalam barisan prosesi yang diawali oleh Kepala UPBJJ-UT Jember diikuti oleh wakil Rektor UT, Bupati Jember, Kadindik Provinsi Jawa Timur, dan seluruh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten di wilayah UPBJJ-UT Jember. Puluhan tamu VIP dan undangan lain menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Hymne UT, dan Mengheningkan Cipta melarutkan hadirin terutama wisudawan pada suasana khidmat dan haru. Tari tradisional gandrung Banyuwangi oleh mahasiswa Pendas Pokjar Purwoharjo, Banyuwangi (pemenang I lomba tari dalam acara Dies Natalis yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu) turut menambah semaraknya suasana serta sebagai ucapan selamat datang kepada hadirin sekalian. Secara resmi kegiatan UPI dibuka oleh Kepala UPBJJ-UT Jember, Dr. Hj. Suparti, M.Pd dan kemudian berturut-turut disampaikan sambutan oleh Rektor UT, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, dan Bupati Jember. Beberapa penghargaan diberikan kepada lulusan terbaik I-V, Pengurus Kelompok Belajar Berprestasi Pendas dan Nonpendas (Mangli dan Genteng A), dan Instansi Mitra Berprestasi (Dinas Pendidikan Kabupaten Situbondo). Rangkaian acara UPI berlangsung khidmat dan tetap meriah dengan hadirnya Paduan Suara Mahasiswa “Mangli Voices” yang tahun ini mendapat bantuan dana Pembinaan PSM dari UT Pusat. Lantunan doa dipanjatkan sebagai rasa syukkur yang tiada terhingga atas suksesnya acara UPI UPBJJ-UT Jember ini. Semoga Allah selalu memberikan ridho dan rahmat-NYA kepada seluruh hadirin terutama bagi UPBJJ-UT Jember yang terus berupaya memberikan layanan yang terbaik bagi warga masyarakat guna mengikuti pendidikan tinggi yang disediakan oleh pemerintah ini. Harapan lain semoga Universitas Terbuka semakin dicintai masyarakat Jember dan sekitarnya.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn