Pelaksanaan Wisuda UT Periode II tahap II Tahun 2012

Pelaksanaan Wisuda Universitas Terbuka (UT) Periode II Tahap II Tahun 2012 pada Selasa, 5 Juni 2012, bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) diikuti oleh sekitar 2.200 wisudawan. Pada periode ini, UT meluluskan sebanyak 28.159 wisudawan yang terdiri dari 32 orang dari Program Pascasarjana, 23 orang dari fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), 10 orang dari Program S1 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), 27 orang dari Program S1 Fakultas Ekonomi (FEKON), dan 27.739 orang dari Program S1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Lulusan program diploma terdiri atas 1 orang dari Program Diploma III FISIP dan 221 orang dari Program Diploma II FISIP, serta 106 orang dari Program Diploma II FKIP.

wisuda-periode-2-tahap-2-5juni2012

Wisuda Periode II Tahap II Tahun 2012 diawali dengan prosesi Senat UT yang diiringi lagu Godeamus Igitur yang dinyanyikan oleh Paduan Suara Karyawan UT Gita Sutera. Drs, Agus Joko Purwanto, M.Si.,selaku sekretaris Senat membuka secara resmi upacara wisuda tersebut. SK Rektor tentang pengukuhan lulusan pada wisuda periode II Tahap I tahun 2012 dibacakan oleh kepala BAAPM, Drs. Achmad Razad. Sementara itu, Pembantu Rektor I, Dr. Yuni Tri Hewindati membacakan SK Rektor tentang lulusan terbaik.

wisudawan-terbaik-r-kurmawan-juni2012

Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Drs, Agus Joko Purwanto, M.Si., menjelaskan bahwa pendidikan di Universitas Terbuka memiliki kesamaan dengan perguruan tatap muka dalam rangka meningkatkan nasionalisme dalam mencapai kesatuan dan kehormatan bangsa. Hanya saja, kalau di UT pembelajaran tersebut diberikan melalui pendidikan jarak jauh. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak maupun non-cetak. Bahwa jiwa nasionalisme bangsa harus ditumbuhkernbangkan kembali dengan memanfaatkan sisi peluang dalam tantangan globalisasi, generasi muda sebagai generasi penerus bangsa dan mahasiswa Universitas Terbuka pada umumnya menempati posisi strategis dalam kerangka membangun nasionalisme Indonesia. Selanjutnya, beliau menambahkan Universitas Terbuka sesuai dengan visi dan misinya akan berupaya untuk dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap tercapainya masyarakat madani yang dicita-citakan. UT akan senantiasa berupaya untuk terus-menerus meningkatkan kualitas bahan dan aktivitas pembelajaran dan memberikan akses kepada masyarakat Indonesia baik di dalam maupun di luar negeri. Upaya ini sekaligus berdampak terhadap peningkatan kompetensi lulusan menjadi insan akademis dan sekaligus masyarakat yang berwawasan luas untuk berperan serta dalam mewujudkan terciptanya masyarakat madani di Negara Indonesia tercinta ini.

akhir-wisuda-periode-2-tahap-2-juni2012

Pada akhir sambutannya, beliau mengajak para wisudawan UT sebagai bagian dari kaum intelektual dan terdidik, untuk mau dan mampu mengembangkan dan mendiseminasikan ilmu yang telah dipelajari dalam upaya mewujudkan masyarakat madani baik di lingkungan tempat kerja, dimasyarakat, dan dimanapun berada. Rektor juga menaruh harapan bahwa para wisudawan UT agar senantiasa meningkatkan kemampuan akademis dan kemampuan di bidang lain yang bermanfaat sehingga dapat diaplikasikan untuk mewujudkan masyarakat madani yang lebih maju dan sejahtera.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn