Pendidikan dan Latihan Tutor di UPBJJ-UT Padang

Menyambut Pelaksanaan Tutorial Tatap Muka Program S-1 PGSD dan S-1 PAUD, selama 3 hari calon tutor yang dinyatakan lulus administrasi diwajibkan mengikuti pendidikan dan latihan tutor Univeristas Terbuka yang di selenggarakan oleh UPBJJ Padang pada tanggal 2 April 2012 hingga tahap ke tiga bertempat di LPMP Sumatera Barat.

pelatihan-tutor-upbjj-ut-padang-april-2012

Selaku pintu gerbang pelayanan untuk mahasiswa UPBJJ wajib menjaga dan menjalankan kualitas layanan khusus Layanan Bantuan Belajar. Pada kesempatan ini DR. Tati Rajati selaku Kepala UPBJJ Padang dalam sambutannya menyampaikan “tutor adalah elemen pendukung kualitas layanan bantuan belajar diluar struktur formal Universitas Terbuka (UT), namun keberadaanya mempengaruhi kualitas sistem pendidikan jarak jauh yang diterapkan oleh Instititusi pendidikan jarak jauh, untuk di Indonesia adalah UT yang satu-satunya perguruan tinggi negeri dengan sistem pendidikan jarak jauh yang mendapatkan izin dari negara”, tegasnya.

Selama mengikuti pendidikan dan pelatihan calon tutor akan mendapatkan materi dari instruktur yang sudah mendapatkan sertifikat dari UT. Materi tersebut meliputi Peta Konsep, Perencanaan Tutorial dan Aplikasi Penggunaan Kit Tutorial, Pemberian dan Penilaian Tugas, Pengembangan Model Tutorial, Pelaksanaan Tutorial, Pemanfaatan Ragam Sumber Belajar, Pengembangan Bahan Presentasi dalam bentuk Powerpoint serta Praktik melakukan Tutorial yang akan mendapatkan masukan dari Instruktur.

Sebanyak 110 orang calon tutor yang mengikuti pendidikan dan pelatihan ini sebagian besar adalah tutor dari daerah yang di usulkan oleh pengurus kelompok belajar (pokjar) kepada UPBJJ Padang melalui Koordinator Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar (BBLBA). Dalam menyikapi kebutuhan daerah UPBJJ Padang perekrutan tutor daerah didasarkan panduan Sistem Jamin Kualitas (Sismintas UT) disesuaikan dengan matakuliah yang akan ditutorial pada pokjar tersebut. Andriyansah selaku Koordinator BBLBA menyampaikan bahwa “kualitas sertifikasi pendidikan tutor di UPBJJ Padang, semakin meningkat ini dibuktikan dengan banyaknya calon tutor yang sudah mempunyai sertifikasi pendidikan Doktor”, Jelasnya. (Liputan: Andri)

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn