UPI UPBJJ-UT Bogor, Maret 2012

Rabu, 14 Maret 2012, UPBJJ-UT Bogor melaksanakan Upacara Penyerahan Ijazah [UPI] bagi lulusan S1 PGSD dan S1 PGPAUD. Jumlah peserta UPI kali ini adalah 1.564 orang terdiri dari 1.524 lulusan S1 PGSD dan 40 S1 lulusan PGPAUD. Sebagai rangkaian UPI, ada kegiatan Seminar Akademik yang dilaksanakan sehari sebelumnya yaitu hari Selasa Tanggal 13 Maret 2012 dengan tema “Melalui pendidikan dasar kita ciptakan SDM yang berkarakter dan memiliki rasa nasionalisme”. Sebelum sesi seminar, dilakukan pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Universitas Terbuka [IKA-UT] Wilayah UPBJJ-UT Bogor yang juga sekaligus melantik Pengurus IKA-UT Wilayah Bogor, Wilayah Cianjur, Wilayah Sukabumi, dan Wilayah Depok yang dilakukan oleh Sekjen IKA-UT Pusat, Drs. Leles Sudarmato, M.M. mewakili Ketua IKA-UT Pusat yang tidak dapat hadir. Sejalan dengan apa yang dikemukakan oleh Sekjen IKA-UT, dalam sambutannya Kepala UPBJJ-UT Bogor berharap bahwa IKA-UT Bogor merupakan mitra UPBJJ-UT Bogor dan dapat menjadi wadah para alumni UT untuk aktif berkiprah ikut berkontribusi terhadap kemajuan UT sesuai dengan hasil Rakernas IKA-UT Bulan Januari 2012 yang lalu.

pejabat-salaman-upi-upbjj-ut-bogor-maret-2012

Pada sesi seminar, tampil sebagai pembicara Kapten Infantri Acep Komarudin, Perwira Seksi Teritorial dari Komando Distrik Militer 0606 Kota Bogor dan Drs. M. Gorky Sembiring, M.Sc., dosen senior dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Terbuka. Intinya, Pak Acep menjelaskan bagaimana menanamkan nilai-nilai kebangsaan dalam membangun karakter anak-anak didik dengan menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air; bagaimana mewaspadai nilai-nilai budaya asing yang tidak sesuai dan masuk serta diserap generasi muda melalui kemajuan teknologi, khususnya teknologi komunikasi dan informasi. Sedangkan Pak Oky, dengan gaya yang segar dan menarik, memberikan kiat-kiat bagaimana seorang guru dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air kepada murid-murid. Kegiatan seminar akademik ini dimaksudkan sebagai pembekalan bagi para lulusan dalam menjalankan tugas-tugas keseharian mereka sebagai guru di tempat kerja masing-masing.

Pada Upacara Penyerahan Ijazah, Pembantu Rektor Bidang Akademik UT, Dr. Yuni Tri Hewindati, M.Sc., membacakan pidato Rektor UT yang memaparkan bahwa sekarang ini karena tuntutan pekerjaan maka penting bagi guru untuk memliki kompetensi. Lulus menjadi sarjana bukan bukan akhir dari perjuangan melainkan awal dari perjuangan seorang guru dalam menjalankan tugas keseharian sebagai pendidik. Oleh karenanya, guru harus kompeten, yaitu mampu secara pedagogis, matang dalam kepribadian, dan profesional dalam menjalankan tugas sebagai guru. Oleh karenanya, menjadi tugas dan kewajiban guru untuk mendidik anak murid memiliki sifat agamis, demokratis, menghargai HAM, menjunjung kebersamaan, dan cinta tanah air, cerdas spiritual-emosional-sosialnya; serta memiliki sikap disiplin, mandiri, kompetititif dan berwawasan luas. Tidak ada cara lain, karena itulah wujud pengabdian guru yaitu sebagai guru dan sebagai orang tua dalam upaya pembangunan karakter atau character building anak-anak didik. Selain itu, Rektor berpesan bahwa penting bagi guru untuk memiliki sertifikasi guru karena dengan sertifikasi itu, secara normatif, seorang guru diakui sebagai guru yang profesional. Oleh karenanya, wajib bagi guru untuk mengikuti program sertifikasi guru dan memperoleh sertifikat guru.

wisudawan-upi-upbjj-ut-bogor-maret2012

UPI berlangsung khidmat dan dihadiri oleh Kasie SBI dan Kerjasama Perguruan Tinggi yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat. Selan itu juga hadir Kepala BKD Kabupaten/Kota sewilayah UPBJJ-UT Bogor, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten/Kota sewilayah UPBJJ-UT Bogor, Pengurus Ikatan Keluarga Alumni UT se-Wilayah UPBJJ-UT Bogor, para Pengurus Pokjar, para tutor se-Wilayah UPBJJ-UT Bogor. Lingkung Seni Sunda Guligah dan Gandes Pamantes menyambut dan mengarak Prosesi UPI dengan adat Sunda. Upacara Penyerahan Ijazah juga diselingi oleh tari-tarian adat Sunda. Selain itu, Paduan Suara Gita Caraka dari Kelompok Belajar Leuwiliang ikut memeriahkan UPI dengan selingan indah lagu-lagu daerah dan lagu-lagu nasional. Upacara penyerahan Ijazah yang dimulai pada pukul 08:00 WIB dan berakhir pada pukul 12:30 WIB itu dibuka dan ditutup oleh Kepala UPBJJ-UT Bogor. Apresiasi kepada panita penyelenggara yang telah bekerja maksimal demi suksesnya UPI 2012 UPBJJ-UT Bogor.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn