UPI UPBJJ-UT Denpasar, Maret 2012

Upacara Penyerahan Ijazah UPBJJ-UT Denpasar tgl 13 Maret 2012 Sebanyak 662 wisudawan-wisudawati dari 18 program non-pendas dan 664 progran pendas Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka Denpasar, Selasa 13/3/2012 mengikuti Upacara Penyerahan Ijazah Periode I Tahun 2012 bertempat di Hongkong Garden Sanur yang dihadiri oleh Kepala Dinas Disdikpora Prov. Bali Drs. A.A. Ngurah Gde Sujana, M.Pd. serta seluruh Kadisdikpora Kabupaten/Kota se-Bali berikut segenap Steak Holder UPBJJ-UT Denpasar.

pejabat-upi-upbjj-ut-denpasar-maret-2012

Sebelum dilaksanakan penyerahan ijazah, para calon wisudawan Senin 12/3/2012 mengikuti kegiatan Seminar UPI Periode I Tahun 2012 bertema “Bersama UT Membangun Karakter Bangsa Melalui Peningkatan Profesionalisme Guru dan Non-Guru” dimana yang didaulat sebagai pembicara adalah Drs. Agus Joko Purwanto, M.Si. dan Drs. I.B. Mertha, M.Pd. Seminar tersebut bertujuan memberikan pengetahuan dan wawasan akademik kepada para wisudawan sebagai bekal untuk mengabdi di masyarakat.

Kepala UPBJJ-UT Denpasar Dra. Hendrin Hariati Sawitri, MSi. Mengatakan, untuk di Bali UT masih concern pada pendidikan dasar PGSD dan PGPAUD. Hal itu sesuai dengan amanah pemerintah pada UT bahwa tahun 2014 mendatang seluruh guru telah menyandang kualifikasi sarjana (S1). “Kita ketahui bersama hingga saat ini dari 2,92 juta guru di Indonesia, baru sekitar 51 persen yang berpendidikan S-1 atau lebih. Begitu pula dari persyaratan sertifikasi hanya 2,06 juta guru atau sekitar 70,5 persen guru yang memenuhi syarat,” jelasnya disela-sela acara penyerahan ijazah.

wisudawan-upi-upbjj-ut-denpasar-maret-2012

Dikatakannya, UT dengan jaringan yang sangat luas dari 9 Kabupaten/Kota siap untuk mengemban tugas untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi. UT tidak hanya meyelenggarakan pendidikan untuk guru, namun juga mulai focus mengembangkan penyelenggaraan pendidikan non-guru yang tersebar di 4 fakultas yaitu Fekon, Fisip, Fmipa, dan Fkip. Untuk di Bali, mahasiswa UPBJJ-UT Denpasar mencapai 4.310 mahasiswa, terdiri atas 3.374 guru dan 936 non-guru.

“UT juga mengembangkan program sertifikasi, seperti Sertifikasi Administrasi Pemerintahan Desa dan Penulisan Karya Ilmiah, sedangkan program pascasarjana UT memiliki 4 program magister, yaitu Magister Manajemen, Magister Administrasi Publik, magister Pendidikan Matematika, dan Magister Perikanan,“ jelasnya.

Sementara itu, Rektor UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D. mengatakan, keunggulan lain yang ditorehkan UT, yakni 2 kali meraih akreditasi internasional dari International Council for Open and Distance Education (ICDE). Lembaga ini merupakan organisasi dunia bidang pendidikan terbuka dan jarak jauh. Sementara yang berhasil meraih lulusan terbaik pada Periode I Tahun 2012 untuk program Pendidikan Dasar (Pendas) diraih Ni Made Rai Susanti, Program Studi S-1 PGSD dengan IPK 3,68 sedangkan Program Non-Pendidikan Dasasr (Non-Pendas) diraih I Ketut Sartika, Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi dengan IPK 3,15.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn