Upacara Penyerahan Ijazah UPBJJ-UT Batam

Pada 4 Maret 2012, UPBJJ-UT Batam melaksanakan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) yang diikuti oleh 449 orang wisudawan dari lulusan Pendidikan Dasar (S1 PGSD dan S1 PGPAUD), Non Pendidikan Dasar (Non Pendas) serta DII Pendidikan Olah Raga.

Acara yang berlangsung di Diamond Ball Room Hotel Goodway Batam tersebut dihadiri oleh Rektor Universitas Terbuka yang diwakili oleh Ketua LPBAUSI Ibu Dewi Mutiara,S.H.,M.T. Dari mitra UT di daerah, hadir antara lain, Wakil Gubernur Kepulauan Riau Bapak Dr. H.M.Soerya Respationo,SH.,M.H, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun Bapak Harris Fadillah,S.AG, Kapolda Kepulauan Riau yang diwakili oleh Ka.SPN Polda Kepri AKBP A.Winarno, Kepala Cabang Bank BTN Batam yang diwakili oleh Ibu Osfiyetri serta sejumlah Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kepala Badan Kepagawaian Daerah (BKD) kabupaten/kota.

UPI-UPBJJ-UT-Batam-mar2012

Selain dari mitra, juga dihadiri oleh seluruh ketua Pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) dari 7 kabupaten/kota di Kepulauan Riau, Singapura dan Malaysia.

Pelaksanaan UPI diawali dengan prosesi Kepala UPBJJ, Rektor UT dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau memasuki ruang UPI diiringi lagu Padamu Negeri dari Paduan Suara Batam Choir dari Pemerintah Kota Batam. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hening Cipta dan Hymne Universitas Terbuka.

Acara dibuka oleh Kepala UPBJJ-UT Batam, Bapak Paken Pandiangan,S.Si.,M.Si, dilanjutkan dengan pembacaan SK Rektor Universitas Terbuka tentang pengukuhan Kelulusan Periode I dan II oleh Koordinator Registrasi dan Ujian Bapak Amrin,SE. Pada kesempatan tersebut, juga dibacakan SK Kepala UPBJJ-UT Batam tentang lulusan terbaik UPI oleh Koordinator BBLBA yang juga merangkap sebagai Ketua Panitia UPI, Albert Gamot Malau,S.Si.,M.Si.

Pada UPI periode pertama ini, lulusan terbaik pertama diraih oleh Masna Herawati, program S1 PGSD dari Pokjar Anambas sub Pokjar Siantan dengan IPK 3,61. Terbaik kedua diraih oleh Mardiana program S1 PGSD dari Pokjar Lingga Sub Pokjar Dabo Singkep dengan IPK 3, 55 serta terbaik ketiga Rozillah Program S1 PGSD dari Pokjar Kabupaten Anambas sub pokjar Palmatak dengan IPK 3,54.

Pada Upacara Penyerahan Ijazah kali ini, Pimpinan Bank BTN yang diwakili oleh Ibu Osfiyetriserta menyerahkan Tabungan kepada Mahasiswa lulusan terbaik.

wisudawan-terbaik-UPBJJ-UT-Batam-mar2012

Kepala UPBJJ-UT Batam Paken Pandiangan, S.Si., M.Si, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para lulusan sekaligus menghimbau agar ilmu yang diperoleh di UT dapat diamalkan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia di Provinsi Kepulauan Riau. Beliau juga memesan kepada Kepala Dinas Pendidikan Kepri agar mahasiswa yang sudah lulus tersebut dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin sekaligus bisa mengikuti program sertifikasi guru pada tahun 2012. Pada kesempatan tersebut, Kepala UPBJJ-UT Batam juga berharap agar alumni tetap menjaga nama baik almamater Universitas Terbuka.

Ditempat yang sama, dalam sambutannya, Rektor UT yang diwakili oleh Ketua LPBAUSI Dewi Mutiara,S.H.,M.Si mengucapkan terimakasih kepada Wakil Gubernur Kepri telah membantu para guru untuk dapat melanjutkan Pendidikan Tinggi di Universitas Terbuka antara lain dengan memberikan beasiswa kepada guru-guru yang kuliah di UT baik negeri maupun swasta oleh Pemerintah kab/kota. Rektor berharap kemitraan ini dapat terus terjalin dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kepri dalam sambutannya menyampaikan harapan agar Universitas Terbuka UPBJJ-UT Batam dapat meningkatkan sumberdaya manusias di daerah Propinsi Kepulauan Riau khususnya daerah Hinterland yang secara geografis dan transportasi agak sulit dijangkau. Wakil Gubernur Juga mengharapkan lulusan Universitas Terbuka memiliki kopetensi yang unggul dan berbudi luhur.

Wakil Gubernur juga menyampaikan agar para guru terus mengembangkan kecerdasan intelektual tanpa mengenal waktu dan tempat. Meraih gelar sarjana menurut beliau bukanlah akhir dari menuntut ilmu, akan tetapi senantiasa menjadi pembelajar yang tidak akan pernah berhenti. “Belajar harus menjadi habit seseorang. Manusia yang berpengetahuan akan memainkan peran penting dalam masyarakat untuk menjadi orang yg beriman dan berilmu” tegas Wakil Gubernur Dr.Suryo Respationo,SH,MH yang terlibat langsung dalam membidani berdirinya UPBJJ-UT Batam pada tahun 2005 yang lalu pada saat beliau menjadi Ketua DPRD Kota Batam.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google BookmarksSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn