Pelaksanaan UPI UPBJJ-UT Semarang 2012

UPBJJ-UT Semarang telah menyelenggarakan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) selama 4 hari pada tanggal 13 – 16 Februari 2012 yang diselenggarakan di Gedung Prof.Soedarta, SH Universitas Diponegoro Semarang.

Sebelum Pelaksanaan UPI diselenggarakan, UPBJJ-UT Semarang mengadakan kegiatan seminar yang dibuka oleh Kepala UPBJJ UT Semarang Purwaningdyah Murti W, SH, M.Hum. Beliau menyampaikan kepada para peserta supaya dapat mengikuti seminar akademik dengan baik sehingga materi seminar dapat diterapkan di daerah. Seminar diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 9 Februari 2012 di Gedung Aula2 Kampus IAIN Walisongo Semarang. Tema Seminar berjudul “Implementasi Pendidikan Karater Pada Sekolah Berbasis Multikultur untuk mewujudkan Pengamalan Pancasila”. Adapun pembicara pertama oleh Dr. Fatah Syukur, M.Ag sebagai Ka.Prodi pada Program Pascasarjana IAIN Walisongo dan pembicara kedua oleh Dra. Septa Heriningsih sebagai dosen Universitas Muhammadiyah Surakarta dan penyiar Radio PERSAJA FM Surakarta. Seminar diikuti lebih dari 500 orang yang terdiri dari mahasiswa dan masyarakat umum dilingkungan wilayah kerja UPBJJ-UT Semarang, UPBJJ-UT Surakarta dan UPBJJ–UT Yagyakarta.

upi-upbjj-ut-semarang-feb-2012

Pada kesempatan ini Drs. Suyatno,M.Pd selaku ketua penyelenggara seminar menyampaikan, kedepan dalam kegiatan seminar yang diselenggaran UPBJJ-UT Semarang supaya dapat dilestarikan sehingga dapat bermanfaat bagi mahasiswa dan masyarakat pada umumnya.

Pelaksanaan UPI diawali dengan prosesi yang diiringi paduan suara mahasiswa Program Pendas dari Dinas Pendidikan kabupaten Demak, sedangkan untuk paduan suara pada hari ke tiga diiringi paduan suara dari mahasiswa Program Non-Pendas jurusan D-II Perpustkaan. Peserta UPI yang telah berhasil menyelesaikan studinya sejumlah 4.335 mahasiswa, yang terdiri dari Program Pendas, Program Non Pendas dan Pascasarjana. Peserta yang telah mengikuti wisuda di UT pusat Jakarta sebagai perwakilan sejumlah 800 peserta, sedangkan yang lain pelepasannya diselenggarakan di UPBJJ-UT Semarang.

Dalam pelaksanaan UPI pada hari pertama dan kedua dihadiri oleh Pembantu Rektor II Universitas Terbuka Ir. Nadia Sri Damayanti, M.Ed, M.Si dan dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) DR. Martono,M.Si sebagai Dekan Fakultas Ekonomi. Sedangkan pada pelaksanaan hari ke tiga dan empat dihadiri oleh Rektor Universitas Terbuka Prof.Ir. Tian Belawati, M.Ed, Ph.D. dan dari Universitas Pembina dihadiri Rektor Universitas Diponegoro Semarang Prof. Sudharto, Ph.D. Pelaksanaan UPI juga dihadiri oleh Ka.Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Ka. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah serta Ka.Dinas Pendidikan dan Ka.Badan Daerah Tingkat Kabupaten / Kota.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Terbuka menyatakan upacara penyerahan ijazah (UPI) bertujuan agar para alumni bangga dan merasa dihargai sekaligus untuk menepis stigma kalau kuliah di Universitas Terbuka masuknya mudah tapi lulusnya sulit. Berdirinya UT bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat dalam mengikuti pendidikan di perguruan tinggi, terutama mereka yang sudah bekerja. Saat ini UT mulai menarik perhatian bagi kalangan muda yang baru lulus SLTA. Menurut beliau, secara legalitas, UT sejajar dengan perguruan tinggi negeri lainnya, kualitas secara substansial telah memenuhi standar Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan diakui oleh badan internasional Council For Open and Distance Education (ICDE). E-learning kami sejak tahun 1995, saat ini tiap semester ada 550 mata kuliah disampaikan secara on-line dan di akses oleh 45 ribu mahasiswa. Hal ini sangat mendukung untuk perkuliahan mahasiswa, baik yang ada di dalam negeri maupun luar negeri. Saat ini, ada sekitar 1000 mahasiswa yang tersebar di Arab Saudi, Hongkong, Singapura, Taiwan, dan Malaysia.

Beliau menambahkan, tahun 2012 UT akan memulai program full on-line learning khususnya Program Pascasarjana (S-2) yang juga sudah tersedia fasilitasnya untuk komputer tablet sehingga mahasiswa akan mendapatkan semua materi pembelajaran, baik teks, suara, gambar, animasi sampai video. Biaya sedikit lebih mahal tapi masih lebih murah dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya.

Dalam kesempatan ini Kepala UPBJJ-UT Semarang Purwaningdyah Murti W, SH, M.Hum menyatakan saat ini mahasiswa upbjj Semarang berjumlah 35 ribu yang terdiri dari program Pendas sekitar 26 ribu, program Non Pendas sekitar 9 ribu, dan program pascasarjana yang berjumlah 27 mahasiswa. UPBJJ-UT Semarang termasuk UPBJJ terbesar di Indonesia. Demikianlah, saat ini Universitas Terbuka mampu menyongsong persaingan global dengan lebih optimis dan percaya diri yang didukung semua civitas akademika.

Share this post

Submit to DeliciousSubmit to DiggSubmit to FacebookSubmit to Google PlusSubmit to StumbleuponSubmit to TwitterSubmit to LinkedIn